Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS)

Authors

Zulkifli Adji Busdayu , Nining Rahmawati , Dadi Setiadi

DOI:

10.29303/jcar.v5i4.5537

Published:

2023-12-17

Issue:

Vol. 5 No. 4 (2023): November

Keywords:

PTK, model PBL, kemampuan berpikir tingkat tinggi, studi kasus, pembelajaran interaktif.

Articles

Downloads

How to Cite

Busdayu, Z. A., Rahmawati, N. ., & Setiadi, D. . (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS). Journal of Classroom Action Research, 5(4), 449–453. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5537

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) sangat penting dimiliki oleh peserta didik sebagai bekal menghadapi perkembangan zaman. Kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik Indonesia sampai saat ini masih rendah berdasarkan skor PISA 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan dengan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan refleksi. Sampel penelitian adalah kelas XI SMA Negeri 2 Mataram. Objek pada penelitian ini adalah model PBL dengan studi kasus dan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan pada 1 siklus diperoleh nilai rata-rata 41,4, siklus 2 diperoleh nilai rata-rata 43,8, dan siklus 3 diperoleh nilai 55,5. Adanya peningkatan hasil belajar pada setiap siklus disebabkan oleh penggunaan konten materi yang berdasarkan pada studi kasus terbaru dan relevan dengan kehidupan peserta didik. Hal tersebut meningkatkan ketertarikan peserta didik untuk mewujudkan pembelajaran yang lebih interaktif dan berpikir lebih jauh terhadap solusi permasalahan pada konten materi tersebut. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik.

References

Alam, S. (2019). Higher Order Thinking Skills (HOTS): Kemampuan Memecahkan Masalah, Berpikir Kritis, dan Kreatif dalam Pendidikan Seni untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0 pada Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, Semarang.

Busdayu, Z. A., Artayasa, I. P., & Kusmiyati. (2021). Pengaruh Implementasi Video Animasi Pada Pembelajaran Online Selama Pandemi COVID-19 Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Pijar MIPA, 16(4), 496-504.

Huda, M., Purnomo, E., Anggraini, D., & Prameswari, D. H. (2021). Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Materi dan Soal pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia SMA Terbitan Kemendikbud RI. Jurnal Prasi, 16(2), 128-143.

Ibrahim. (2023). Pengaruh Penerapan Metode Studi Kasus dalam Efektifitas Pembelajaran. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 3(1), 1-10.

Januariawan, I. W., Wijaya, I. K. W. B., Supadmini, M. K., & Dewi, D. N. (2020). Pengembangan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pendekatan Open-Ended. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 125-139.

Lestari, S. (2021). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi dengan Model Problem Based Learning pada Materi Bakteri. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 9 (2), 136-148.

Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Pola Bilangan di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Mosharafa, 7(1), 63-73.

Mufidah, S. & Wijaya, A. (2017). Pengembangan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UNY, Yogyakarta, 675-680.

Muh, B. (2016). Efektifitas Pembelajaran di Perguruan Tinggi (Studi Kasus Metode Diskusi Sebagai Upaya Meningkatkan Berpikir Kritis). Jurnal Tarbawi, 1(2), 103-112.

Rosmita. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring (Studi Kasus Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 9 Tanjung Jabung Timur Tahun 2019/2020). Skripsi. Universitas Jambi, Jambi.

Saraswati, P. M. S. & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Ejournal Undiksha. 10(2), 1-10.

Sujadi, I., Budiyono. Kurniawati, I., Wulandari, A. N., & Andriatna, R. 2021. Upaya Peningkatan Guru Matematika Kota Surakarta dalam Menyusun Soal PISA-like. Jurnal Publikasi Pendidikan, 11(2), 174-179.

Susilowati, S. M. E., Delima, A., & Widiyaningrum, P. (2017). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan LKS Kreasi Sistem Respirasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Satya Widya, 33(2), 154-164.

Tim GTK DIKDAS. (2021). Modul Belajar Mandiri Calon Guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Untari, E., Rohmah, N., & Lestari, D. W. (2018). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebagai Pembiasaan Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Pembelajaran IPA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS), Surakarta, 135-142.

Author Biography

Zulkifli Adji Busdayu, Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan, FKIP, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2023 Zulkifli Adji Busdayu, Nining Rahmawati, Dadi Setiadi

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).