Nilai Pendidikan Karakter pada Permainan Tradisional Bentengan dan Gobak Sodor
DOI:
10.29303/jcar.v5i3.5545Published:
2023-08-24Issue:
Vol. 5 No. 3 (2023): Agustus 2023Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Berbagai permasalahan degradasi karakter yang terjadi di abad 21, salah satunya disebabkan oleh menurunnya eksistensi permainan tradisional. Permainan tradisional bermanfaat untuk keterampilan fisik, selain itu dapat digunakan untuk membentuk karakter peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai karakter pada permainan tradisional bentengan dan gobak sodor di SDN 8 Mataram. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) menggunakan analisis data Model Milles dan Huberman. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat nilai pendidikan karakter pada permainan tradisional bentengan dan gobak sodor. Pada permainan bentengan mengandung nilai pendidikan karakter diantaranya kerjasama antar pemeluk agama dan kepercayaan, percaya diri, disiplin, taat hukum, kerjasama, solidaritas, musyawarah, kerja keras, keberanian, kejujuran, tangguh dan tanggung jawab. Sedangkan pada permainan gobak sodor mengandung nilai pendidikan karakter diantaranya kerjasama antar pemeluk agama dan kepercayaan, percaya diri, disiplin, taat hukum, kerjasama, solidaritas, musyawarah, kerja keras, kreatif, keberanian, tangguh, kejujuran, tanggung jawab. Berdasarkan data tersebut, maka permainan tradisional tersebut dapat digunakan untuk membentuk dan mengembangkan karakter pada peserta didik.
License
Copyright (c) 2023 Syaputri Sholehatun, Moh. Irawan Zain, Prayogi Dwina Angga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).