Vol. 5 No. 3 (2023): Agustus 2023
Open Access
Peer Reviewed

Nilai Pendidikan Karakter pada Permainan Tradisional Bentengan dan Gobak Sodor

Authors

Syaputri Sholehatun , Moh. Irawan Zain , Prayogi Dwina Angga

DOI:

10.29303/jcar.v5i3.5545

Published:

2023-08-24

Downloads

Abstract

Berbagai permasalahan degradasi karakter yang terjadi di abad 21, salah satunya disebabkan oleh menurunnya eksistensi permainan tradisional. Permainan tradisional bermanfaat untuk keterampilan fisik, selain itu dapat digunakan untuk membentuk karakter peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai karakter pada permainan tradisional bentengan dan gobak sodor di SDN 8 Mataram. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) menggunakan analisis data Model Milles dan Huberman. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat nilai pendidikan karakter pada permainan tradisional bentengan dan gobak sodor. Pada permainan bentengan mengandung nilai pendidikan karakter diantaranya kerjasama antar pemeluk agama dan kepercayaan, percaya diri, disiplin, taat hukum, kerjasama, solidaritas, musyawarah, kerja keras, keberanian, kejujuran, tangguh dan tanggung jawab. Sedangkan pada permainan gobak sodor mengandung nilai pendidikan karakter diantaranya kerjasama antar pemeluk agama dan kepercayaan, percaya diri, disiplin, taat hukum, kerjasama, solidaritas, musyawarah, kerja keras, kreatif, keberanian, tangguh, kejujuran, tanggung jawab. Berdasarkan data tersebut, maka permainan tradisional tersebut dapat digunakan untuk membentuk dan mengembangkan karakter pada peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

How to Cite

Sholehatun, S. ., Zain, M. I. ., & Angga, P. D. . (2023). Nilai Pendidikan Karakter pada Permainan Tradisional Bentengan dan Gobak Sodor. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 180–186. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.5545