Analisis Kemampuan Guru Dalam Mengidentifikasi Siswa Berkebutuhan Khusus

Authors

Riska Ade Utari , Darmiany , Muhammad Erfan , I Nyoman Karma

DOI:

10.29303/jcar.v5i4.5556

Published:

2023-12-17

Issue:

Vol. 5 No. 4 (2023): November

Keywords:

Anak Berkebutuhan Khusus, Identifikasi Siswa, Kemampuan Guru.

Articles

Downloads

How to Cite

Ade Utari, R., Darmiany, Erfan, M. ., & Karma, I. N. . (2023). Analisis Kemampuan Guru Dalam Mengidentifikasi Siswa Berkebutuhan Khusus . Journal of Classroom Action Research, 5(4), 297–303. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5556

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan guru dalam mengidentifikasi siswa berkebutuhan khusus di SDN 1 Taliwang, Sumbawa Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Langkah-langkah penelitian studi kasus yang dilakukan ialah identifikasi kasus, menganalisis kasus, progres pelaksanaan penanganan dan follow-up atau tindak lanjut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data model dari Milles dan Huberman yang dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru reguler, dan guru pendamping khusus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di SDN 1 Taliwang belum dapat melakukan tahapan penjaringan (screening) dibuktikan bahwa guru tidak memberikan tes kepada siswa menggunakan alat identifikasi atau alat instrument-instrument yang tepat. Guru di SDN 1 Taliwang telah melakukan pengalihtanganan (referral) ke pihak yang lebih professional atau psikologi sejak awal penerimaan hingga kenaikan kelas. Guru di SDN 1 Taliwang tidak melakukan klasifikasi karena semua siswa yang dikatakan ABK langsung dilayani dan diberikan pelayanan khusus di kelas reguler.

References

Angreni, S., Sari, T. R. (2020). Identifikasi Dan Implementasi Pendidikan Inklusi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Sumatera Barat. Jurnal Pendidikan Dasar Islam. 7(2), 145-153.

Anidar, Jum. (2018). Layanan Pendidkan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Diambil dari: https://media.neliti.com/media/publications/324479-layanan-pendidikan-bagi-anak-berkebutuha-1146f504.pdf

Ashari, D. (2022). Panduan Mengidentifikasi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 6(2), 1095-1110.

Fakhiratunnisa, A. S., Pitaloka, P. A. A., Ningrum, K. T. (2022). Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan & Sains, 2(1), Hal. 26-42.

Gunawan, D. (2016). Modul Guru Pembelajar SLB Tunarungu Kelompok Kompetensi A. Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Bidang Taman Kanak-Kanak & Pendidikan Luar Biasa. Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan.

Hamdan, R. S., Kusdiyati, S., Khasanah, N. A., Djamhoer, D. T. (2021). Early Detection of Children with Special Needs by Educators. International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 5(2), 54-65.

Hidayat, T. (2019). Pembahasan Studi Kasus Sebagai Bagian Metodologi Penilitian. Jurnal Study Kasus. 1-13.

Husniati, Affandi, H. L., Saputra, H. H., Makki, M. (2022). Kinerja Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Inklusif Di SDN 1 Kopang. Journal Of Elementary Education, 5(3), 438-445.

Ikhwanudin, Trisno. (2016). Identifikasi & Assesmen Peserta Didik Tunadaksa. Jakarta: PPPPPTK TK & PLB BANDUNG.

Kismawiyati, Renalatama. (2018). Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah PAUD Kabupaten Jember. Jurnal Bimbingan & Konseling FKIP UNIPA, 35(1), 1-10.

Lafiana, N. A., Witono, H., & Affandi, L. H. (2022). Problematika guru dalam membelajarkan anak berkebutuhan khusus. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 81-86.

Maulyda, M. A., Affandi, H. L., Rosyidah, A. N. K., Oktaviyanti, I., Erfan, M., Hamdani, I. (2021). Profil Wawasan Guru Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Numerasi Berbasis Level Kemampuan Siswa. JPMI–Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3), 619-630.

Mirnawati. (2020). Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi. Yogyakarta: Budi Utama.

Mufidah, Y., Affandi, H. L., Ermiana, I. (2021). Identifikasi Tantangan Yang Dihadapi Guru Dalam Implementasi Pendidikan Inklusif Di Sekolah Dasar Negeri 1 Gemel Dan Sekolah Dasar Negeri Batutulis. Renjana Pendidikan Dasar. 1(1), 1-9.

Ramadhana, R. N. (2020). Tantangan Pendidikan Inklusi Dalam Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus. Diambil dari: https://osf.io/n8rxu/download

Rapisa, D. R. (2018). Kemampuan Guru Melakukan Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus. Pedagogia, 16(1), 16-24.

Setiawan, H., Oktaviyanti, I., Jiwandono, S. I., Affandi, H. L., Ermiana, I., Khair, N. B. (2020). Analisis Kendala Guru Di SDN Gunung Gatep Kab. Lombok Tengah Dalam Implementasi Pendidikan Inklusif. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan. 20(2), 169-183.

Sopiati, S., & Witono, H. (2023). Layanan Bimbingan Belajar Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 26-33.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R & D Dan Penelitian Pendidikan (edisi ketiga). Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas

Widodo, A., Indraswati, D., Sutisna, D., Nursaptini., Novitasari, S. (2020). Identifikasi Bakat Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) Di Madrasah Kabupaten Lombok. Jurnal Pendidikan Inklusi, 3(2), 102-116.

Author Biography

Riska Ade Utari, universitas mataram

License

Copyright (c) 2023 Riska Ade Utari, Darmiany, Muhammad Erfan, I Nyoman Karma

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).