Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Pada Materi Unsur-unsur dan Bagian-bagian Lingkaran Untuk Siswa SMP

Authors

Ni Luh Niken Ayu Putri , Ketut Sarjana , Nurul Hikmah , Sripatmi

DOI:

10.29303/jcar.v5i4.5607

Published:

2023-12-17

Issue:

Vol. 5 No. 4 (2023): November

Keywords:

Articulate Storyline 3, Lingkaran, Media Pembelajaran Interaktif.

Articles

Downloads

How to Cite

Ayu Putri, N. L. N., Sarjana, K. ., Hikmah, N. ., & Sripatmi. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Pada Materi Unsur-unsur dan Bagian-bagian Lingkaran Untuk Siswa SMP. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 304–311. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5607

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Pembelajaran matematika memerlukan bantuan media pembelajaran untuk memvisualisasikan materi yang bersifat abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline 3 pada materi unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran untuk siswa SMP yang valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline 3 dilakukan dengan prosedur penelitian model ADDIE dengan lima langkah yakni analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline 3 telah diujicoba oleh siswa kelas VIII-G SMPN 5 Mataram. Kevalidan media pembelajaran diperoleh pada tahap pengembangan melalui analisis hasil angket validasi dengan skor 0,87 dan kategori sangat valid. Kepraktisan media pembelajaran diperoleh pada tahap ujicoba melalui analisis angket kepraktisan dengan skor 87% dan kategori sangat praktis. Keefektifan media pembelajaran dilihat dari persentase ketuntasan klasikal siswa. Diperoleh persentase ketuntasan klasikal siswa sebesar 86%, sehingga media pembelajaran memenuhi kriteria keefektifan. Media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline 3 dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

References

Amral, & Asmar. (2020). Hakikat belajar & pembelajaran. Bogor: Guepedia.

Baidowi, Hikmah, N., & Amrullah (2019). Peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 13 Mataram tahun ajaran 2017/2018 melalui lesson study. Mandalika: Mathematics and Education Journal, 1(1), 1-12.

Devega, A. T. (2022). Pengembangan aplikasi media pembelajaran interaktif berbasis android. Batam: CV Batam Publisher.

Dewi, I. P., Sofya, R., & Huda, A. (2021). Membuat media pembelajaran inovatif dengan aplikasi articulate storyline 3. Padang: UNP Press.

Dewi, O. A., Hayati, L., Hikmah, N., & Sarjana, K. (2023). Pengembangan bahan ajar interaktif berbasis canva pada materi lingkaran. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 162-169.

Fajarwati, A. A., Nugraheni, P., & Purwaningsih, W. I. (2023). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis kontekstual menggunakan articulate storyline 3 pada materi pola bilangan untuk membantu pemahaman konsep. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 254-266.

Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomes and Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.

Iskandar, A., Aimang, H. A., Risnanosanti, Hanafi, H., Maruf, N., Fitriani, R., & Haluti, A. (2023). Pembelajaran kreatif dan inovatif di era digital. Makassar: Cendekiawan Inovasi Digital Indonesia.

Juhaeni, Safaruddin, & Salsabila, Z. P. (2021). Articulate storyline sebagai media pembelajaran interaktif untuk peserta didik Madrasah Ibtidaiyah. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(2), 150-159.

Maryanto, A., Ardi, & Alberida, H. (2021). Media pembelajaran berbasis Edmodo mengenai materi virus. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 457-465.

Murod, M., Utomo, S., & Utaminingsih, S. (2021). Efektivitas bahan ajar e-modul interaktif berbasis android untuk peningkatan pemahaman konsep lingkaran kelas VI SD: Fenomena, 20(2), 219-232.

Nurhasanah, N., Hayati, L., & Salsabila, N. H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Dengan Menggunakan Pendekatan Etnomatematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 260-266.

Pujiastutik, H. (2019). Efektivitas penggunaan media pembelajaran e-learning berbasis web pada mata kuliah belajar pembelajaran 1 terhadap hasil belajar mahasiswa. Jurnal Teladan, 4(1), 25-36.

Rahmat & Irfan, D. (2019). Rancang bangun media pembelajaran interaktif komputer dan jaringan dasar SMK. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 7(1), 48-53.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Yustiqvar, M. (2023, April). Increasing student science literacy: Learning studies using Android-based media during the Covid-19 pandemic. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2619, No. 1). AIP Publishing.

Republik Indonesia, Peraturan menteri pendidikan nasional Republik Indonesia nomor 16 tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru.

Salsabila, N.H., & Setyaningrum, W. (2019) Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis game: statistics in artic. Mandalika: Mathematics and Education Journal, 1(1), 13-25.

Sarjana, K., Sridana, & Sripatmi. (2020). Konsistensi alat peraga yang disertai petunjuk penggunaannya untuk membangun rumus daerah segitiga dan layang-layang bagi siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pijar MIPA, 15(5), 438-444.

Sasmitha, L. D., Hadiprayitno, G., Ilhamdi, M. L., & Jufri, A. W. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 292-298.

Setyaningsih, S., Rusijono, & Wahyudi, A. (2020). Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada materi kerjaan hindu budha di Indonesia. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 144-156.

Tampubolon, R., & Manurung, N. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP. Jurnal Inspiratif, 8(2), 67-85.

Trimansyah. (2021). Kecendrungan media pembelajaran interaktif. Jurnal Studi Pendidikan, 11(2), 13-27.

Umar, I. P., Uloli, R., & Jahja, M. (2023). Kepraktisan media pembelajaran berbasis komik pada materi kalor di SMP Negeri 1 Tapa. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(1), 83-89.

Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas media pembelajaran interaktif pada proses pembelajaran rangkaian listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 19(1), 75-82.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Author Biography

Ni Luh Niken Ayu Putri, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2023 Ni Luh Niken Ayu Putri, Ketut Sarjana, Nurul Hikmah, Sripatmi

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).