Pengembangan Media Flashcard Berbasis Kearifan Lokal Suku Sasambo untuk Siswa

Authors

Ulyatul Avipa , Siti Istiningsih , Muhammad Erfan , Setiani Novitasari

DOI:

10.29303/jcar.v5i4.5649

Published:

2023-12-17

Issue:

Vol. 5 No. 4 (2023): November

Keywords:

Flashcard, Kearifan Lokal, Makanan Khas, Media Pembelajaran, PPKn.

Articles

Downloads

How to Cite

Avipa, U., Siti Istiningsih, Muhammad Erfan, & Novitasari, S. (2023). Pengembangan Media Flashcard Berbasis Kearifan Lokal Suku Sasambo untuk Siswa . Journal of Classroom Action Research, 5(4), 359–368. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5649

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Permasalahan yang terjadi di kelas III SDN 44 Mataram adalah kurangnya pengetahuan peserta didik mengenai kearifan lokal dan fasilitas media pembelajaran di sekolah yang kurang memadai, khususnya media pembelajaran kearifan lokal mengenai makanan khas Suku Sasambo. Keterbaharuan dalam penelitian ini terletak pada penggunaan media flashcard yang berbasis kepada kearifan lokal suku Sasambo di Nusa Tenggara Barat dan fokus materi yang diangkat yaitu tema 1 subtema 3 yang memuat materi makanan khas daerah untuk kelas III sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui bagaimana langkah-langkah pengembangan media Flashcard Berbasis Kearifan Lokal Suku Sasambo, (2) Mengetahui kelayakan atau tingkat validitas media Flashcard Berbasis Kearifan Lokal Suku Sasambo untuk siswa kelas III SD. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket validasi ahli media, angket validasi ahli materi, angket respon peserta didik, dan angket respon guru. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif berupa analisis deskriptif dan analisis data kuantitatif berupa analisis validasi poduk. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah media Flashcard berbasis kearifan lokal Suku Sasambo dan kelayakan media  pembelajaran Flashcard berbasis kearifan lokal Suku Sasambo pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Berdasarkan penilaian dari validator ahli media mendapatkan kriteria sangat layak dengan persentase 92,3% dan ahli materi mendapatkan kriteria sangat layak dengan persentase 86,25%. Hasil uji coba skala kecil mendapatkan kriteria sangat layak dengan persentase 100%, uji coba skala besar mendapatkan kriteria sangat layak dengan persentase 96,11%, dan hasil respon guru mendapatkan kriteria sangat layak dengan persentase 93,33%. Oleh karena itu, media pembelajaran Flashcard berbasis kearifan lokal Suku Sasambo dapat digunakan untuk materi makanan khas pada mata pelajaran PPKn di kelas III SD.

References

Anggeraini, R., M. Nasirun, & Yulidesni. (2020). Kendala Gur Paud dalam Penggunaan Media Pembelajaran. Jurnal PENA PAUD, 1(1).

Anggraini, I., Vivi Rachmatul H., & Siti Istiningsih. (2023). Pengembangan Media GUTOP (Game Ular Tangga Operasi Hitung Pecahan) Materi Pecahan pada Mata Pelajaran Matematika untuk Kelas V SD. Journal of Classroom Action Research, 5(Special Issue), 168-173.

Angreany, F. dan S.S. (2017). Keefektifan Media Pembelajaran Flashcard dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Makassar. Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(2), 138-146.

Apsari, P. N., &Rizki, S. (2018). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android pada Materi Program Linear. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 161-170.

Cahyadi, Rahmat Arofah Hari. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaq: Islamic Education Journal, 3(1), 35-43.

Erfan, M., A. Widodo., Umar, Radiusman, & R. Tursina. (2020). Pengembangan Game Edukasi “Kata Fisika†Berbasis Android untuk Anak Sekolah Dasar pada Materi Konsep Gaya. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(1), 31-46.

Hamid, Mustofa Abi, Rahmi Ramadhani, Masrul Juliana, Meilani Safitri, Muhammad Munsarif Jamaludin, dan Janner Simarmata. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis. Medan.

Harsana, M., Harmayani, E., Widyaningsih, Y. A., & Yogyakarta, I. (2018). Potensi makanan tradisional kue kolombeng sebagai daya tarik wisata di daerah istimewa yogyakarta. 1(2), 40–47.

Hidayah, A., Siti Istiningsih, & Arif Widodo. (2022). Pentingnya Pengembangan Bakat dan Kreativitas Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 2(12), 1151-1159.

Isra, Muhammad, Muhammad Tahir, Moh. Irawan Z., & Siti Istiningsih. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Tema: Keunikan Daerah Tempat Tinggalku Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 188-192.

Jalinus, N., & Ambyar. (2016). Media & Sumber Belajar. Jakarta: Kencana.

Julianto, I. N. L., Cahyadi, I. W. A. E. C., & Artawan, C. A. (2019). Interaktivitas Warna sebagai Rangsang Visual pada Ruang Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas 1-3 Di Kota Denpasar (Color Interactivity as Visual Stimulation in the Study Room of Grade 1-3 of Elementary School in Denpasar City). Seminar Nasional Sandyakala. 56-64.

Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011

Kustandi, Cecep dan Daddy Darmawan. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat Edisi Pertama. Jakarta: Penerbit KENCANA.

Masita. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal pada Masyarakat Muslim. SALAM (Studi Masyaralat Islam), 15(2), 302–320.

Ningsih, Baiq Widya, Siti Istingsih, & Ilham Syahrul J. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Keterampilan Membaca Muatan Materi Bahasa Indonesia. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 128-132.

Nurlelah. (2017). Terminologi Kuliner Khas Sumbawa dalam Upaya Visit Sumbawa yang Prospektif. The 1st Education and Language International Conferance Proceedings Center for International Language Development of Unissula, 1970, 586–595.

Pradana, Rosananda Arnas dan Agus Budi Santosa. (2020). Studi Literatur Media Pembelajaran Flashcard dapat Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Radio dan Televisi. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(3), 575-583.

Ramadhaniar, Putri., Agung, S., & Tyasmiarni, C. (2020). Identifikasi Pemahaman Siswa Mengenai Keberagaman Suku Bangsa, Sosial, dan Budaya Kelas IV. Prosiding Nasional Pendidikan. 312-318.

Rapanna, Patta. (2016). Membumikan Kearifan Lokal Menuju Kemandirian Ekonomi. Makassar: CV Sah Media.

Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian

pengembangan model ADDIE dan R2D2 : teori dan

praktek. Pasuruan: Lembaga Academic &

Research Institute.

Saputra, Y., Hertati, L., Puspitawati, L., Gantino, R., & Ilyas, M. (2021). Pengembangan Kuliner Kue Lumpang Khas Daerah Lahat Guna Melestarikan Kuliner Asli Daerah. ABDIMASY: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 46–52. https://doi.org/10.46963/ams.v2i1.335

Sari, B. K. (2017). Desain Pembelajaran Model Addie Dan Implementasinya Dengan Teknik Jigsaw. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 87–102.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Trisiana, A., & Wartoyo, W. (2016). Desain Pengembangan model pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui ADDIE Model untuk Meningkatkan Karakter Mahasiswa di Universitas Slamet Riyadi Surakarta. PKn Progresif, 2.

Utami, Fadila Nawang. (2020). Peranan Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SD. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 93-101

Wahyuni, Sri. (2020). Penerapan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema “Kegiatankuâ€. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 9-16.

Widodo, A. (2020). Profile of Knowledge Candidates For Elementary School Teachers of Local Aksara Sasambo Literation. Jurnal Pedagogik, 7(1).

Zaini, A., Werdiningsih, W., & Sjah, T. (2016). Diversity of Local Foods in Lombok Island to Support Tourism Development. 36(2).

Author Biography

Ulyatul Avipa, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2023 Ulyatul Avipa, Siti Istiningsih, Muhammad Erfan

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).