Pengaruh Kemampuan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn

Authors

Reni Anggraeni , Khairun Nisa , Hasnawati

DOI:

10.29303/jcar.v5i4.5656

Published:

2023-12-17

Issue:

Vol. 5 No. 4 (2023): November

Keywords:

Hasil Belajar, Keterampilan Mengajar Guru, PPKn

Articles

Downloads

How to Cite

Anggraeni, R., Nisa, K. ., & Hasnawati. (2023). Pengaruh Kemampuan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn . Journal of Classroom Action Research, 5(4), 254–259. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5656

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Salah satu faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan belajar siswa adalah keterampilan mengajar guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan mengajar guru mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SDN 35 Cakranegara. Penelitian ini menggunakan metode ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa di SDN 35 Cakranegara, dan sampel penelitiannya berjumlah 17 siswa kelas V SDN 35 Cakranegara yang diambil menggunakan teknik pengambilan sampel Non-probability dengan jenis Purposive Sampling. Angket keterampilan mengajar guru dan tes hasil belajar PPKn digunakan sebagai instrumen pengumpulan data  dalam penelitian ini. Sebelum melakukan uji hipotesis yaitu uji regresi linier sederhana, dilakukan terlebih dahulu uji prasyarat yakni uji normalitas dan uji linieritas. Hasil analisis data menunjukan data yang diperoleh terdistribusi normal dan linier. Selanjutnya hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,003< 0,05 dan nilai thitung (3,507) > ttabel (1,753) yang berarti hipotesis alternatif Ha diterima dan  hipotesis nol H0 ditolak. selain itu diperoleh juga nilai R square sebesar 0,451, yang berarti pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn sebesar 45,1% dan sisanya dipengaruhi faktor lain. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SDN 35 Cakranegara.

References

Cica, M., Chotima, U., & Waluyati, S. A. (2019). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Variasi Mengajar Pada Mata Pelajaran PPKn. Bhinneka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn. 6(2).

Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Farhatunnisa, I. (2020). Pengaruh Keterampilan Dasar Mengajar dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V SD Negeri Gugus Hasanudin Kecamatan Margadana Kota Tegal. Universitas Negeri Semarang.

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomes and Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.

Mukminan. (2013). Keterampilan Dasar Mengajar Bahan/Materi Ajar Untuk Pekerti (Universitas Negeri Yogyakarta: Pusat Pengembangan Kurikulum Intruksional dan Sumber Belajar LembagaPengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan ), hal 208.

Mulyasa. (2011). Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Nisa, K., Sridana, N., Salsabila, N. H., & Hayati, L. (2023). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau Kemampuan Awal Matematis. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 17-24.

Nurlaili, N. (2018). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru Dalam Perspektif Guru Pamong Pada Mahasiswa Prodi PGMI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI). 4(1).

Oktapilasari, R., Astini, B. N., Sriwarthini, N. L. P. N., & Tahir, M. (2023). Identifikasi Pemanfaatan APE dalam Mengembangkan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 87-96.

Priyatno, D. (2011). Buku saku analisis statistik data SPSS. Media Pressindo.

Ratnawati, S. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Materi Limit Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Metode Tutor Sebaya Kelas XII SMA Negeri 1 Cisarua Kabupaten Bandung Barat. UNIEDU: Universal Journal of Educational Research, 1(1), 12-24.

Retnawati, H. (2017, September). Teknik pengambilan sampel. In Disampaikan pada workshop update penelitian kuantitatif, teknik sampling, analisis data, dan isu plagiarisme (pp. 1-7).

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : CV ALFABETA.

Sukardi, S. (2023). Analisis Kompetensi Kewirausahaan Mahasiswa Menggunakan ServQual: Ke Arah Perbaikan Kualitas Pembelajaran Kewirausahaan. Journal of Classroom Action Research, 5(1).

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana.

Wahyulestari, M. R. D. (2018, July). Ketrampilan Dasar Mengajar di Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. 1(1).

Widarto, M. P., & Pd, M. (2013). Penelitian Ex Post Facto. Fakultas Teknik: Universitas Negeri Yogyakarta.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Author Biography

Reni Anggraeni, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2023 Reni Anggraeni, Khairun Nisa, Hasnawati

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).