Prestasi Belajar Ditinjau dari Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Statistika

Authors

Miftahul Janah , Sripatmi , Syahrul Azmi , Nani Kurniati

DOI:

10.29303/jcar.v5i4.5701

Published:

2023-12-17

Issue:

Vol. 5 No. 4 (2023): November

Keywords:

Kemampuan Representasi Matematis, Prestasi Belajar, Statistika.

Articles

Downloads

How to Cite

Janah, M., Sripatmi, Azmi, S. ., & Kurniati, N. . (2023). Prestasi Belajar Ditinjau dari Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Statistika. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 340–350. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5701

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prestasi belajar ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa kelas XI MAN 2 Mataram dalam menyelesaikan soal statistika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Teknik penarikan sampel pada penelitian ini adalah Purposive Sampling, diperoleh kelas XI MIPA 5 sebanyak 32 orang dengan subjek wawancara sebanyak 6 orang. Metode pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar, tes kemampuan representasi matematis dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tidak ada siswa yang memiliki prestasi belajar dengan kategori tinggi, prestasi belajar kategori sedang hanya 1 orang dan sisa lainnya berada pada prestasi belajar kategori rendah sebanyak 31 orang. Siswa dengan kemampuan representasi matematis kategori tinggi terdapat 10 orang, kategori sedang terdapat 17 orang siswa dan kategori rendah terdapat 5 orang siswa. (2) Kemampuan representasi matematis kategori tinggi hanya terdapat 1 orang siswa yang berada pada prestasi belajar kategori sedang dan sisa lainnya berada pada prestasi belajar kategori rendah. Siswa yang memiliki kemampuan representasi matematis kategori sedang dan kategori rendah juga berada pada prestasi belajar kategori rendah.

References

Ahmad, & Sehabuddin, A. (2017). Komparasi Prestasi Belajar Matematika Siswa Berdasarkan Gender. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 1(1), 15–21. https://doi.org/10.31764/jtam.v1i1.4

Baidowi, B., Amrullah, A., & Hikmah, N. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 13 Mataram Tahun Ajaran 2017/2018 Melalui Lesson Study. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.29303/jm.v1i1.537

Buyung, Wahyuni, R., & Mariyam. (2022). Faktor Penyebab Rendahnya Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di SD 14 Semperiuk A. Journal of Educational Review and Research, 5(1), 46–51. http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v5i1.3538

Deswantari, E., Setyadi, D., & Mampouw, H. L. (2020). Representasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Poligon. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(01), 46–62.

Gaffar, A., Afriadi, A., & Satrian, S. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Komposisi Fungsi dan Invers Kelas XI IPA SMAN I Gowa. Pedagogy, 4(1), 42–52.

Hardianti, S. R., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 4(5), 1093–1104. https://doi.org/DOI 10.22460/jpmi.v4i5

Hartono, J. (2018). Metode Pengumpulan Dan Teknik Analisis Data. Yogyakarta: Andi.

Junita, R. (2016). Kemampuan Representasi dan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMA Ditinjau dari Prestasi Belajar dan Gaya Kognitif Ranisa. Pythagoras; Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 193–206.

Karolina, R., Hayati, L., Junaidi, J., & Arjudin, A. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Siswa Dalam Penyelesaian Masalah Bentuk Aljabar Di SMPN 4 TanjungTahun Ajaran 2021/2022. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 1085–1098. https://doi.org/10.29303/griya.v2i4.255

Kartin, Y., Novitasari, D., & Hayati, L. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 35–41. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.4904

Mandur, K., Sadra, I. W., & I Nengah Suparta. (2016). Kontribusi Kemampuan Koneksi, Kemampuan Representasi, Disposisi Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Swasta Di Kabupaten Manggarai. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 8(1), 65–72.

Maria, M. S., Nurmaningsih, & Haryadi, R. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Pada Materi Penyajian Data. Jurnal Jurrimipa, 1(1), 40–49.

Maulana, A., Sripatmi, S., Junaidi, J., & Kurniati, N. (2021). Pemahaman Siswa Kelas VIII SMPN 2 Labuapi Pada Materi Relasi dan Fungsi Tahun Pelajaran 2019/2020. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(1), 29–35. https://doi.org/10.29303/griya.v1i1.8

Maulida, F. I. (2020). Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika FKIP UMP, Purwokerto: 18 April 2020. 387-396.

Merliza, P., Kurniawan, A., Ferdiyansyah, Islami, N., Rahmawati, R., & Adila, S. (2020). Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Pada Materi Relasi Dan Fungsi Di Kelas VIII B SMP Darul Ulum Sekampung. Math Educa Journal, 4(2), 144–156. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i2.7220

Mulyaningsih, S., Marlina, R., & Effendi, K. N. S. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 99–110. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.7960

Nasution, C. D. A., Puspita Sari, D., & Aisyah, S. (2023). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Smk 3 Al-Washliyah Medan Pada Materi Statistika. Mathematic Education Journal (MathEdu), 6(1), 1–5. http://journal.ipts.ac.id/index.php/

NCTM. (2000). Principles and Standards for Schopl Mathematics. In The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Nisa, K., Sridana, N., Salsabilla, N. H., & Hayati, L. (2023). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau Kemampuan Awal Matematis. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 17–24. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.4884

Purnama, R. N., Kusmaryono, I., & Basir, M. A. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Al Fattah Semarang. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 3(1), 23–36.

Rahmadian, N., Mulyono, & Isnarto. (2019). Kemampuan Representasi Matematis dalam Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(2), 287–292. https://doi.org/https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.640

Rangkuti, A. N. (2013). Representasi Matematis. Logaritma, 1(2), 49–61.

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. JPM (Jurnal Pendidikan Matematika), 1(2), 33–44. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.49

Sintia, & Effendi, I. N. S. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMAN 1 Klari. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(2), 143–153. https://doi.org/10.36526/tr.v

Suganda, V. A. (2015). Masalah Matematika Pada Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 2(1), 41–47.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.

Sukmawati, A., Hayati, L., & Hikmah, N. (2023). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Pada Materi Program Linear Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Journal of Clasroom Action Research, 5(2022), 210–219. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.3980

Sulistyowaty, R. K., Kesumah, Y. S., & Priatna, B. A. (2019). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Melalui Pembelajaran Collaborative Problem Solving. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 153–162. https://doi.org/10.22342/jpm.13.2.6829.153-162

Suningsih, A., & Istiani, A. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 225–234. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.1011

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115–123. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114

Syafri, F. S. (2017). Kemampuan Representasi Matematis Dan Kemampuan Pembuktian Matematika. Jurnal Edumath, 3(1), 49–55. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.35464.65283

Wahyi, H., Turmuzi, M., Tyaningsih, R. Y., & Azmi, S. (2023). Pengaruh Pendekatan Problem Posing Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 5, 315–125. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4696

Wulandari, S. D. (2019). Profil Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Dengan Media Screencast O Matic. Jomes (Journal of Mathematics Education and Science), 2(2), 83–87. https://doi.org/https://doi.org/10.32665/james.v2i2.98

Author Biography

Miftahul Janah, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2023 Miftahul Janah, Sripatmi, Syahrul Azmi, Nani Kurniati

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).