Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berbicara Peserta Didik Gugus II Brang Rea Tahun Pelajaran 2022/2023

Authors

Yusril Mahendra , Ida Ermiana , Abdul Kadir Jaelani

DOI:

10.29303/jcar.v5i4.5732

Published:

2023-12-17

Issue:

Vol. 5 No. 4 (2023): November

Keywords:

Bahasa Indonesia, Keterampilan Berbicara, Problem Based Learning.

Articles

Downloads

How to Cite

Mahendra, Y., Ermiana, I. ., & Jaelani, A. K. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berbicara Peserta Didik Gugus II Brang Rea Tahun Pelajaran 2022/2023. Journal of Classroom Action Research, 5(4). https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5732

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbicara peserta didik, dimana peserta didik belum mampu menguasai struktur kalimat, kosakata, kelancaran, dan peserta didik yang masi terpengaruh dengan lingkungan sekitar dimana peserta didik masi menggunakan bahasa daerahnya dan kurang menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan bener serta pendidik yang masih menggunakan model pembelajaran lama. Solusi dari permaslahan diatas adalah dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan berbicara peserta didik kelas V Gugus II Brang Rea tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriftif, desainnya menggunakan quasi eksperimen desain, teknik pengambilan sampel data menggunakan teknik purposive sampling (sampel bertujuan untuk mengambil beberapa sampel dari beberapa populasi). Teknik pengumpulan data mengunakan teslisan dan observasi. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji t dengan bantuan SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji t diperoleh hasil Sig. 0,002 dengan taraf signifikansi 5%, yang berarti 0,002 < 0,05 yang berarti bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Adapun H1 dalam penelitian ini adalah terdapat Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan berbicara peserta didik Gugus II Brang Rea tahun pelajaran 2022/2023.

References

Amara, I. (2021) Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Kelas V SDN 1 Anggrek. Jurnal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Damanik, D.P., & Bukit, N. (2013). Analyze Critical Thinking Skills And Scientific Attitude In Physics Learning Used Inquiry Training And Direct Instruction Learning Model. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 16-24. https://doi.org/10.22611/jpf.v2i1.4333

Dewantara, I.P (2012) Identifikasi Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VII E SMPN 5 Negara dan Strategi Guru Untuk Mengatasinya.

Ergusni. 2015. Uji Hipotesis Analisis Beda Renata Dua Sampel (Uji-t dan t’). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. STIKP PGRI Padang

Ghozali, I. (2016) Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Gunantara, Suarjana, & Riastini. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.

Janattaka, & Ghufron. (2014). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Dengan Metode Kooperatif Jigsaw Di Kelas 4 SDN 1 Jimbung Klaten. Jurnal Prima Edukasia.

Lailiyah, & Wulansari. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Diskusi Kelompok Model Tanam Paksa Siswa Kelas X Pemasaran 1 SMK PGRI 2 Kediri. JP (Jurnal Pendidikan).

Maulinda, R. (2021) Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Pendekatan Komunikatif, Integratif di SMK Nusantara Plus Tanggerang Selatan. GERAM 9(1), 47-55.

Palupi, B. S., Subiyantoro, S., Rukayah, & Triyanto. (2020) Efektivitas Pembelajaran Inquiry Learning dan Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Menulis. Jurnal Instruksi Internasional, 13(1), 713-730.

Rahmawati, L.D. (2022) Pelaksanaan Pembelajaran Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Mata Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Multidisiplin. 1(1), 1-3.

Rachmiany. (2021) Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Menulis Kelas IV. Jurnal Pinisi : Journal of Teacher Profesional. 3(3) 510-514.

Simbolon, N. (2014). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Dan Kemampuan Verbal Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswasma Negeri 14 dan 21 Medan. Cakrawala Pendidikan, 33(2).

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. (Bandung: Alfabeta, 2013).

Mareta, J.W. (2021) Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA siswa. Jurnal Elementari Edukasi. 4(1) 31-41.

Author Biography

Yusril Mahendra, universitas mataram

License

Copyright (c) 2023 Yusril Mahendra, Ida Ermiana, Abdul Kadir Jaelani

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).