Pengaruh Media Big Book Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa

Authors

Hariyati Hariyati , Lalu Hamdian Affandi , Aisa Nikmah Rahmatih

DOI:

10.29303/jcar.v5i4.5749

Published:

2023-12-17

Issue:

Vol. 5 No. 4 (2023): November

Keywords:

Big Book, Keterampilan Membaca Permulaan, Media.

Articles

Downloads

How to Cite

Hariyati, H., Affandi, L. H. ., & Rahmatih, A. N. . (2023). Pengaruh Media Big Book Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa . Journal of Classroom Action Research, 5(4), 369–374. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5749

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media big book terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN 03 J atiwangi Kota Bima. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan design nonequivalent control grup design. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas 1 SDN 03 Jatiwangi Kota Bima yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes unjuk kerja untuk mengukur kemampuan membaca permulaan siswa. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji t-test sampel independen. Pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 5% dengan bantuan SPSS versi 23. Menunjukkan hasil bahwa nilai Tâ„Žið‘¡ð‘¢ð‘›g 3.668 ≥ Tð‘¡ð‘Žð‘ð‘’ð‘™ 2,024 yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak, bisa juga dilihat pada nilai sig-(2-tailed) 0,001 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media big book berpengaruh terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN 03 Jatiwangi Kota Bima.

References

Abidin, Y. (2019). Pembelajaran membaca berbasis pendidikan karakter.

Fitriana, F. (2017). Peningkatan minat membaca menggunakan media big book pada siswa kelas IIIB SD negeri Jageran. Basic education, 6(6), 550-557.

Fitriani, S., & Budianti, Y. (2020). Media Big Book Sebagai Solusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar.

Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomes and Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.

Hamalik. (1986). Media Pendidikan. Bandung Penerbit PT Citra Aditiya Bakti.

Kiromi, I. H., & Fauziah, P. Y. (2016). Pengembangan media pembelajaran big book untuk pembentukan karakter anak usia dini. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 48-59.

Mahsun, M., & Koiriyah, M. (2019b). Meningkatkan Keterampilan Membaca melalui Media Big book pada Siswa Kelas IA MI Nurul Islam Kalibendo Pasirian Lumajang. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v2i1.3612(1),60.

Mahsun, Moch And Miftakul Koiriyah. â€Meningkatkan Keterampilan Membaca Melalui Media Big Book Pada Siswa Kelas 1A MI Nurul Islam Kalibendo Pasirian Lumajang.†Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah 2.1 (2019) 60-78

Nabilah, A., Ananthia, W., & Abidin, Y. (2015). PENGGUNAAN BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN READING COMPREHENSION SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal PGSD Kampus Cibiru, 3(2).

Nurgiyantoro, Burhan (2015) Fiksi, Teori Pengkajian. Yogyakarta.

Pratiwi. (2016). Penggunaaan Model Cooperative Script Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Siswa Kelas V SDN Bulak 1 Bendo Megetan. Metamorfosa Jurnal, 4(1), 82–92.

Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446-452. https://doi.org/10.31004/basicedu. v5il.787

Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Yustiqvar, M. (2023, April). Increasing student science literacy: Learning studies using Android-based media during the Covid-19 pandemic. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2619, No. 1). AIP Publishing.

Rizal, M,. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Metode Struktural Analitik Sintetik (Sas) Terhadap Siswa Kelas I SDN 81 Pekanbaru. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2),253-258

Rizal, R., Kresnadi, H., & Ghasya, D. A. V. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Big Book terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan Siswa Kelas I SDN 35 Pontianak Selatan. AS-SABIQUN, 5(1), 70-82.

Syukur, H., & Mulyawan, S. (2019). Penggunaan media pop up book dan pengaruhnya terhadap peningkatan pemahaman siswa dalam memahami teks-teks bahasa Arab. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 8(1), 53-77.

Teni, E. (2021). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan media kartu kata bergambar pada siswa kelas i sekolah dasar. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 4(1).

Trisani, B., Intiana, S. R. H., & Sobri, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 92-98.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Author Biography

Hariyati Hariyati, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2023 Hariyati Hariyati, Lalu Hamdian Affandi, Aisa Nikmah Rahmatih

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).