Efektivitas Metode Jarimatika Terhadap Kemampuan Dasar Berhitung Siswa
DOI:
10.29303/jcar.v5i4.5769Published:
2023-12-17Issue:
Vol. 5 No. 4 (2023): NovemberKeywords:
Efektivitas, Kemampuan Dasar Berhitung dan Metode Jarimatika.Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari metode jarimatika terhadap kemampuan dasar berhitung siswa kelas II di SDN 35 Ampenan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasy experimental design. Subjek penelitian ini adalah 41 siswa kelas II. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknis tes dan non-tes. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah data dikatakan normal dan homogen maka dilanjutkan dengan uji hipotesis dengan menggunakan independent sample t-test kemudian setelah hasil uji hipoesis didapatkan maka dilanjutkan dengan uji N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai thitung sebesar 2,892. Jika thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Diketahui bahwa ttabel 1,685. Maka dapat disimpulkan bahwa nilai thitung > ttabel atau 2,892 > 1,685 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Kemudian pada hasil perhitungan uji N-Gain didapatkan hasil sebesar 0,8 yang artinya bahwa metode jarimatika efektif terhadap kemampuan dasar berhitung siswa kelas II SDN 35 Ampenan. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara nilai post-test dan pre-test yang artinya metode jarimatika efektif ditinjau dari kemampuan dasar berhitung siswa kelas II sekolah dasar di SDN 35 Ampenan tahun ajaran 2022/2023 dapat dibuktikan dengan hasil analisis data yang menunjukkan bahwa nilai g > 0,7 yaitu 0,8 dengan kategori tinggi.
References
Adistira, L. G. A. K. D., Husniati, & Jiwandono, I. S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Perkalian Lalu. Journal of Classroom Action Research, 4(4), 1–6. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.239
Affandi, Zainur Rochmah. (2020). Pengaruh Penggunaan Metode Jarimatika Terhadap Kemampuan Berhitung Dalam Pemecahan Soal Perkalian Kelas Ii Mi Ma’arif Ngrupit Jenangan Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis: IAIN PONOROGO.
Afriani, D., Fardila, A., Septian, G. D., Margakaya, S., Ciranggon, J., Karawang, P. M., ... & Cimahi, K. (2019). Penggunaan metode jarimatika dalam meningkatkan kemampuan berhitung perkalian pada siswa sekolah dasar. Journal of Elementary Education, 2(05), 5.
Andri, K. A. (2016). Model Quantum Teaching Dengan Pendekatan Cooperative Learning untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pkn. Jurnal Pedagogia, 5(1), 35–46.
Andri, Kukuh. (2016). Model Quantum Teaching dengan Pendekatan Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PKN. Jurnal Pedagogia, 5(1), 35-36
Anwar, Z. (2012). Pelaksanaan Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 5(2), 26-32.
Asih, N.M. (2009). Penerapan Metode Jarimatika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Siswa Kelas 1 Dan 2 SDN 6 Sesetan, Denpasar Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 16 (1).
Bafadal, I. (2003). Seri Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah. Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Bambang, S. (2008). Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka.
Fatmawati, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(2), 325-336.
Fauzi, A., & Lu'luilmaknun, U. (2019). Etnomatematika pada permainan dengklaq sebagai media pembelajaran matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 408-419.
Fitriani, (2023). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Berbasis Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4046
Hamzah, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.
Komalasari, F. D., & Widada, I. K. (2022). Kesulitan Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Matematika dengan Kurikulum 2013 Masa Pandemi Covid-19. Journal of Classroom Action Research, 4(1). https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1388
Laela, N. (2020). Penggunaan Media Jarimatika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 116-132.
Lestari, I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Memanfaatkan Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 26.
Media, T. K. (2012). Jarimatika Menghitung Cepat dengan Jari. Banjarnegara: Pranata Media.
Rahmawati, Y. D. (2018). Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Operasi Perkalian Pada Siswa Kelas III MI Tarbiyatul Islamiyah Noborejo Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018. Salatiga: Institut Agama Islam Negeri Salatiga.
Romlah, M., Kurniah, N. & W. (2016). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Kegiatan Bermain Sempoa. Indonesian Journal of Civil Society1, 1(2), 72–77.
Safitri, A., Wardani, A. D., & Serly, W. A. (2022). Pengaruh Penerapan Soal Hots Sebagai Bagian Dari Kurikulum 2013 Terhadap Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(1), 29-34.
Tahir, M., & Khair, B. N. (2023). Analisis Gaya Mengajar Guru Kaitan dengan Motivasi Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 202-209
Umar, & Maulyda, M. A. (2022). Analisis Kemampuan Siswa SD Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan Bulat Selama Belajar Dari Rumah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1349–1358.
Wulandari. (2008). Jarimatika Perkalian dan Pembagian. Kawasan Pustaka.
Wulandari. (2012). Berhitung Mudah dan Menyenangkan dengan Menggunakan Jari Buku Panduan Untuk Putra-Putri Anda Usia 3 – 10 Tahun. (Online) Diakses Pada Tanggal 25 April 2012.
Yusuf, S. (2020). Efektivitas Metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN 2 Rantepao Toraja Utara (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS BOSOWA).
Author Biography
Pebi Alisiyah Pebrianti, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2023 Pebi Alisiyah Pebrianti Pebrianti, Muhammad Tahir, Asri Fauzi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).