Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Club Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn

Authors

Niswatul Audah Marmuniati , Muhammad Tahir , Dyah Indraswati

DOI:

10.29303/jcar.v5i4.5774

Published:

2023-12-17

Issue:

Vol. 5 No. 4 (2023): November

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Round Club; PPKn

Articles

Downloads

How to Cite

Marmuniati, N. A., Tahir, M. ., & Indraswati, D. . (2023). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Club Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 384–389. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5774

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan dari model pembelajaran kooperatif tipe Round Club terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD pada mata pelajaran PPKn. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Eksperimental tipe nonequivalent control grup desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 47 cakranegara yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu tes hasil belajar (pretest posttest) berupa pilihan ganda dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji paired sample t-test, uji independent sample t-test, uji gain ternormalisasi (N-gain), dan uji effect size. Hasil uji effect size diperoleh data sebesar 0,908 menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe round club memiliki pengaruh yang signifikan dengan interpretasi sedang terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Round Club efektif terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD pada mata pelajaran PPKn.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Round Club; Hasil Belajar; PPKn

References

Ali, M. (2017). Upaya Meningkatkan S Aktifitadan Hasil Belajar Pkn Tentang Peraturan Perundang-Undangan Melalui Model Pembelajaran Round Club Pada Siswa Kelas V Sdn Mulyosari Kecamatan Megang Sakti. TAZKIRAH, 2(2), 770-800.

Dian, N. L., Asri, I. A. S., & Ardana, I. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Round Club Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn. Jurnal Adat dan Budaya Indonesia, 2(2), 63-72.

Elina & E. Kosmajadi. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Round Club Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.

Fahlevi, Z. M., & Rosyid, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Round Club Terhadap Kecerdasan Linguistik Siswa Kelas V SDN Sukabumi Utara 04 Pagi. Jurnal Eduscience, 4(1), 20-31.

Feriyanti, L., & Kuswono, K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Round Club (Keliling Kelompok) Terhadap Kemampuan Menganalisis Materi Sejarah. SwarnaDwipa, 2(1).

Feriyanti, L., & Kuswono. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Round Club (Keliling Kelompok) Terhadap Kemampuan Menganalisis Materi Sejarah. Jurnal Pendidikan. Vol, 1 (1).

Herawati, H. (2020). Memahami proses belajar anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 27-48.

Iryanti, E. (2019). Upaya meningkatkan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran kooperatif tipe round club peserta didik kelas IVA SD negeri 64/IV kota jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19(2), 264-273.

Iryanti, E. (2019). Upaya meningkatkan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran kooperatif tipe round club peserta didik kelas IVA SD negeri 64/IV kota jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19(2), 264-273.

Lestari, E. S. (2020). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Materi Menentukan Letak dan Luas Indonesia melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Kinerja Kependidikan (JKK), 2(4), 651-665.

Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Pendidikan. Vol. 1(1).

Romlah. (2020). Penerapan Model Round Club Dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Bilangan Berpangkat Dan Bentuk Akar Pelajaran Matematika Siswa Kelas Ix.4 Smp Negeri 43 Palembang. Vol. 5(1).

Sani, B., & Kurniasih, I. (2019). Ragam pengembangan model pembelajaran untuk peningkatan profesionalitas guru.

Sumardi, L., Mustari, M., Herianto, E., Fauzan, A., & Kurniawansyah, E. (2023). Ethnocivic: Eksplorasi Potensi Kearifan Lokal Sasak sebagai Sumber Belajar PPKn Sekolah Menengah Atas Kelas XII. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 237-242.

Taqwim, A. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND CLUB DALAM MENINGKATKAN MOTIVASIDAN HASI BELAJAR PAI SISWA SMPN 20 ANTANG MAKASSAR: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Di SMP Negeri 22 Bantimurung Kabupaten Maros. MARUKI JOURNAL, 1(1), 71-84.

Author Biography

Niswatul Audah Marmuniati, Unram

License

Copyright (c) 2023 Niswatul Audah Marmuniati, Muhammad Tahir, Dyah Indraswati

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).