Implementasi Media Komik Terumbu Karang dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Authors

Akhmad Sukri

DOI:

10.29303/jcar.v5i4.5776

Published:

2023-12-17

Issue:

Vol. 5 No. 4 (2023): November

Keywords:

Media komik, motivasi belajar siswa, terumbu karang,.

Articles

Downloads

How to Cite

Sukri, A. . (2023). Implementasi Media Komik Terumbu Karang dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 241–246. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5776

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap hasil implementasi media komik terumbu karang dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini adalah kuasi eksperimen menggunakan rancangan one shot case study. Sampel penelitian terdiri dari kelas IVA dan IVB Sekolah Dasar Negeri Malaka, Kabupaten Lombok Utara yang berjumlah 45 orang siswa. Instrumen penelitian menggunakan angket motivasi yang mengadopsi dan memodifikasi model ARCS dan CEPS. Skor motivasi belajar siswa mulai dari rentangan 1 s/d 5, kemudian diklasifikasi menjadi lima kategori, yaitu 4<s≤5 (Sangat baik), 3<s≤4 (Baik), 2<s≤3 (Cukup baik), 1<s≤2 (Kurang baik) and s≤1 (Sangat kurang). Data skoring kemudian dikonversi kedalam persentase selanjutnya dianalisis melalui one way anova yang dilanjutkan dengan uji post hoc. Hasil analisis motivasi belajar siswa mengungkap bahwa seluruh aspek motivasi belajar pada kelas ekperimen berada pada kategori baik. Sedangkan pada kelas kontrol, dua dari tujuh aspek berada pada kategori cukup baik (aspek ketekunan dan perhatian) sedangkan sisanya berada pada kategori baik. Lebih lanjut, hasil penelitian mengungkap bahwa motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (Sig<.05). Tingginya motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen kemungkinan disebabkan oleh faktor media komik terumbu karang yang memiliki paling sedikit tiga kelebihan, yaitu (a) menarik bagi siswa, (b) lebih mudah dimengerti oleh siswa karena menggabungkan visual dan teks, dan (c) menyenangkan bagi siswa.

References

Adawiyah, N., Nisa, K., & Makki, M. (2023). Pengaruh Media “PATAYAâ€(Replika Peta Budaya) pada Mata Pelajaran IPS Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 41-46.

Anditiasari, N., Pujiastuti, E., & Susilo, B. E. (2021). Systematic literature review: pengaruh motivasi terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Aksioma: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(2), 236-248.

Arisandi, A., Tamam, B., & Fauzan, A. (2018). Profil Terumbu Karang Pulau Kangean, Kabupaten Sumenep, Indonesia [Coral Reef Profile of Kangean Island, Sumenep District, Indonesia]. Jurnal Ilmiah Perikanan Dan Kelautan, 10(2), 76-83.

Armbruster, P., Patel, M., Johnson, E., & Weiss, M. (2009). Active learning and student-centered pedagogy improve student attitudes and performance in introductory biology. CBE—Life Sciences Education, 8(3), 203-213.

Bachtiar, I. (2004). Status terumbu karang di Propinsi Nusa Tenggara Barat: sebuah kajian. Jurnal Biologi Tropis, 5(1), 1-9.

Campbell, D. T., & Stanley, J. C. (2015). Experimental and Quasi-experimental Designs for Research. Ravenio Books.

Duckworth, A. L., Peterson, C., Matthews, M. D., & Kelly, D. R. (2007). Grit: Perseverance and passion for long-term goals. Journal of Personality and Social Psychology, 92(6), 1087-1101.

Eisner, W. (2008). Comics and sequential art: Principles and practices from the legendary cartoonist. WW Norton & Company.

Fauziah, N., Sobari, T., & Supriatna, E. (2021). Hubungan motivasi belajar dengan kemandirian belajar siswa smpn 6 garut. Fokus (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 4(1), 49-55.

Frey, F., Molle, L., Emmerich, R., Schubert, C., Fischer, J. K., & Fischer, R. F. (2017, September). Single-step perturbation-based nonlinearity compensation of intra-and inter-subcarrier nonlinear interference. In 2017 European Conference on Optical Communication (ECOC) (pp. 1-3). IEEE.

Gavigan, K. P. (2015). Making the (Graphic) Novel Connection: The Importance of Comics in Education. In The Education of a Graphic Designer (pp. 145-157). Bloomsbury Publishing USA.

Giyanto, A. M., Hadi, T. A., Budiyanto, A., Hafizt, M., Salatalohy, A., & Iswari, M. Y. (2017). Status terumbu karang Indonesia. Jakarta (ID): Puslit Oseanografi–LIPI.

Gunawan, Y. I. P. (2018). Pengaruh motivasi belajar terhadap keaktifan siswa dalam mewujudkan prestasi belajar siswa. Khazanah Akademia, 2(1), 74-84.

Hilton, A., & Armstrong, R. A. (2006). Statnote 6: post-hoc ANOVA tests. Microbiologist, 2006, 34-36.

Jones R, & Brown L. (2019). Enhancing Learning through Comics: A Review of the Literature. Educational Psychology Review, 36(4), 289-302.

Julyanti, E., Rahma, I. F., Chanda, O. D., & Nisah, H. (2021). Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 7(1), 7-11.

Keller, J. M. (2010). Motivational Design for Learning and Performance: The ARCS Model Approach. Springer Science & Business Media.

Maier, M., Grösser, C., & Steinwascher, M. (2017). How Comics Contribute to Enhancing the School Learning Environment. International Journal of Learning, Teaching, and Educational Research, 16(2), 38-58.

Manlea, H., Ledheng, L., & Sama, Y. M. (2016). Faktor-Faktor Penyebab Kerusakan Ekosistem Terumbu Karang Di Perairan Wini Kelurahan Humusu C Kecamatan Insana Utara Kabupaten Timor Tengah Utara. Bio-Edu: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(2), 21-23.

Marwatoen, F. (2015). Pengaruh Media Presentasi dan Komik dalam Pembelajaran Biologi terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Motivasi Siswa. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 3(2), 71-79.

Mayer, R. E., & Moreno, R. (2003). Nine ways to reduce cognitive load in multimedia learning. Educational psychologist, 38(1), 43-52.

McCluskey, A., & Lalkhen, A. G. (2007). Statistics I: data and correlations. Continuing Education in Anaesthesia. Critical Care & Pain, 7(3), 95-99.

Mulya, G., & Lengkana, A. S. (2020). Pengaruh kepercayaan diri, motivasi belajar terhadap prestasi belajar pendidikan jasmani. Competitor, 12(2), 83-94.

Noviana L, Arifin HS, Adrianto L, Kholil. (2019). Studi ekosistem terumbu karang di Taman Nasional Kepulauan Seribu. JPSL, 9(2): 352-365.

Ostertagová, E., & Ostertag, O. (2013). Methodology and application of oneway ANOVA. American Journal of Mechanical Engineering, 1(7), 256-261.

Reid, D., & Reid, F. (2017). Comics in the Classroom: Bridging Visual and Verbal Literacies. Journal of Graphic Novels and Comics, 8(4), 324-335.

Rosano, F., & Widodo, W. (2023). PENGARUH DAYA SAING DAERAH, TINGKAT UPAH, TEKNOLOGI, DAN PERTUMBUHAN EKONOMI TERHADAP INVESTASI PADA 27 PROVINSI DI INDONESIA TAHUN 2021. BISECER (Business Economic Entrepreneurship), 6(2), 150-163.

Schudson, M. (2018). Comics and sequential art. The International Journal of Comic Art, 20(1), 295-297.

Smith J, Johnson A, & Davis C. (2018). The Impact of Comic-Based Learning on Student Understanding of Complex Concepts. Journal of Education and Technology, 45(2), 112-125.

Smith, J. K. (2020). The Impact of a Financial Literacy Workshop on Financial Behaviors: A One-Shot Case Study. Journal of Financial Education, 46(2), 128-142.

Sudibyo, E., Jatmiko, B., & Widodo, W. (2016). Pengembangan instrumen motivasi belajar fisika: angket. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(1), 13-21.

Sukri, A. (2011). Pelestarian ekosistem terumbu karang Gili Matra melalui pendidikan lokal berbasis lingkungan. Jurnal Pendidikan Biologi, 3(1), 19-27.

Sukri, A., Efendi, I., Hastuti, R., Ramdani, A., & Lukitasari, M. (2020c). The Effect of Coral Reef Comic Media Implementation on Students’ Environmental Care Attitude in Indonesia. JPhCS, 1464(1), 012028.

Sukri, A., Rizka, M. A., Sakti, H. G., Harisanti, B. M., & Muti’ah, A. (2020b). The effect of local primacy-based comic media on students’ conservation attitudes. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1521, p. 042004).

Sukri, A., Rizka, M. A., Sakti, H. G., Wahyuni, B. S., & Nasir, L. M. I. H. M. (2020a). The implementation of green education-based comic media on coral reef and its impact on students’ conception. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1521, p. 042123).

Sukri, A., Utami, S. D., Zurlina, Z., & Lukitasari, M. (2023, April). The effect of local wisdom-based comic media on students’ coral reef conceptual understanding viewed from gender. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2619, No. 1). AIP Publishing.

Sukri, A.,Harisanti, BM.,Wahyuni, BS.,Suharti.,& Amiruddin. (2016). Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Keunggulan Lokal Daerah di SDN 1 Gili Indah Lombok Utara, Prosiding Symbion (Symposium on Biology Education), Yogyakarta: 27 Agustus 2016.

Surawan, S. (2019). Peningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar PAI Menggunakan Model Pembelajaran Pakem Pada Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah Sumbermulyo Bantul Yogyakarta. Journal of Classroom Action Research, 1(1), 29-30.

Tatalovic, M. (2009). Science comics as tools for science education and communication: a brief, exploratory study. Journal of Science Communication, 8(04), A02.

Wahyi, H., Turmuzi, M., Tyaningsih, R. Y., & Azmi, S. (2023). Pengaruh pendekatan problem posing terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 315-325.

Wolters, C. A., & Hussain, M. (2015). Investigating grit and its relations with college students' self-regulated learning and academic achievement. Metacognition and Learning, 10(3), 293-311.

Yuliana, K. N., Suyati, T., & Venty, V. (2023). Hubungan Motivasi Belajar dengan Kemandirian Belajar Siswa dI SMAN 1 Kedungwuni. Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 3(1), 1-9.

Author Biography

Akhmad Sukri, Jurusan Pendidikan Biologi, Universitas Pendidikan Mandalika

License

Copyright (c) 2023 Akhmad Sukri

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).