Analisis Kemampuan Literasi Matematika Berdasarkan Jenis Kelamin Siswa SMA pada Materi Rasio Trigonometri
DOI:
10.29303/jcar.v5i4.5806Published:
2023-12-17Issue:
Vol. 5 No. 4 (2023): NovemberKeywords:
Jenis Kelamin, Kemampuan Literasi Matematika, Rasio TrigonometriArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika berdasarkan jenis kelamin siswa pada materi rasio trigonometri. Indikator kemampuan literasi matematika yang diukur meliputi komunikasi matematis, representasi matematis, penalaran matematis, memecahkan masalah, menggunakan simbol, operasi, dan teknik serta alat matematika, dan argumentasi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sampel penelitian adalah siswa kelas X SMA NW Mataram tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 25 siswa dengan subjek penelitian sebanyak 4 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes kemampuan literasi matematika, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, kemampuan literasi matematika siswa laki-laki dan siswa perempuan tidak ada yang berada pada kategori tinggi, 5 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan pada kategori sedang. Sedangkan kemampuan literasi matematika siswa pada kategori rendah, terdapat 8 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Secara keseluruhan rata-rata kemampuan literasi matematika siswa laki-laki yaitu 17,38, sedangkan siswa perempuan sebesar 12,33. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan literasi matematika siswa laki-laki lebih tinggi daripada siswa perempuan.
References
Afifah, A. (2021). Metode Guided Discovery dalam Pembelajaran Matematika. Aceh: Syiah Kuala University Press.
Agustami, Aprida, V., & Pramita, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Lingkaran. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPMM), 3(1), 224–231. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2017
Agustin, N., Rosyadi, & Taufan, M. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Luas Permukaan Balok Ditinjau dari Perbedaan Gender. PROSIDING, Seminar Nasional Matematika dan Sains, 208–212. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.1011
Agusven, T., Satriadi, Hafizni, R., Santoso, N. K., & Hasnarika. (2023). Dasar Metodologi Penelitian Kualitatif. Batam: CV. Rey Media Grafika.
Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66–72.
Amir-Mofidi, S., Amiripour, P., & Bijan-Zadeh, M. H. (2012). Instruction of Mathematical Concepts Through Analogical Reasoning Skills. Indian Journal of Science and Technology, 5(6), 2916–2922. https://doi.org/10.17485/ijst/2012/v5i6.12
Astuti, A. (2015). Peran Kemampuan Komunikasi Matematika terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif, 2(2), 102–110.
Baharunnisa, Arjudin, Kurniawan, E., & Sripatmi. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pokok Bilangan Pecahan Ditinjau dari Tipe Kepribadian Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 247–253.
Djaali & Muljono, P. (2008). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Gunur, B., & Ramda, A. H. (2020). Model Problem Based Learning dan Perspektif Gender terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Numeracy, 7(1), 65–78.
Haruyama, S. (2012). Keajaiban Otak Kanan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hemamalini, Ermina, I., & Oktaviyanti, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Siswa. Journal of Classroom Action Research, 4(4), 148–152. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2400
Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori, dan Aplikasinyaâ€. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Hidayati, U. (2020). Analysis of Student Errors in Solving Trigonometry Problems. Journal of Mathematics Education, 5(1), 54–60. https://doi.org/10.31327/jme.v5i1.1181
Jamaesa, R. A., Prayitno, S., Wahidaturrahmi, & Hapipi. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII Ditinjau dari Perbedaan Gender di MTsN 1 Mataram Tahun Ajaran 2020/2021. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 485–492. https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.175
Jatisunda, M. G., & Nahdi, D. S. (2019). Kesulitan Siswa dalam Memahami Konsep Trigonometri Dilihat dari Learning Obstacles. Jurnal Didactical Mathematics, 2(1), 9–16.
Jingga, A. A., Mardiyana, & Setiawan, R. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Identitas Trigonometri pada Siswa Kelas X Semester 2 SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM), 1(5), 48–62. https://doi.org/10.4135/9781849209403.n73
Julisra, W., & Sepriyanti, N. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik dalam Perspektif Gender di Kelas X MIA 7 SMAN 10 Padang. Math Educa Journal, 3(2), 195–206. https://doi.org/10.15548/mej.v3i2.673
Kusnandi. (2017). Konsep Dasar dan Strategi Penjaminan Mutu Pendidikan: Sebagai Review Kebijakan Mutu Pendidikan. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 1(2), 107–118.
Mawarti, P., & Desniarti. (2023). Kemampuan Literasi Matematis Materi Koordinat Kartesius Berdasarkan Gender di MTs. Swasta Sholihin. Jurnal Matematics Paedagogic, VII(2), 195–204.
Musi, M. A., & Nurjannah. (2021). Neurosains Menjiwai Sistem Saraf dan Otak. Jakarta: Kencana.
Muti’ah, R., Irmayanti, Saragih, S. Z., Rohana, Ritonga, M., Thovawira, F. A., & Ritonga, K. (2020). Literasi Matematika: Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Melalui Kegiatan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Narimawati, U., & Praratya, A. (2022). Women Leadership in Technopreneurship. Surabaya: Cipta Media Nusantara.
Nisa, K., Sridana, N., Salsabilla, N. H., & Hayati, L. (2023). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau Kemampuan Awal Matematis. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 17–24.
Novianti, D. E. (2021). Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Kaitannya dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Seminar Nasional Pendidikan LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 85–91.
Novita, N., Mellyzar, & Herizal. (2021). Asesmen Nasional (AN): Pengetahuan dan Persepsi Calon Guru. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(1), 172–179. https://doi.org/10.58258/jisip.v5i1.1568
Nurcholis, R., Azhar, E., & Miatun, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gender. Euclid, 8(1), 41–50.
Nurfatanah, Rusmono, & Nurjannah. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 546–551. https://doi.org/10.30738/union.v7i1.3135
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. Paris: OECD Publishing.
Pambudi, D. S., Aini, R. Q., Oktavianingtyas, E., Trapsilasiwi, D., & Hussen, S. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Matematika Nalaria Berdasarkan Jenis Kelamin. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 136–148. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.4206
Pasiak, T. (2002). Revolusi IQ/EQ/SQ: Menyingkap Rahasia Kecerdasan Berdasarkan Al-Quran dan Neurosains Mutakhir. Bandung: PT. Mizan Pustaka.
Pratama, R. Y., Arjudin, A., Hikmah, N., & Subarinah, S. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika dalam menyelesaikan Soal Cerita SPLTV Berdasarkan Perbedaan Jenis Kelamin. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1472–1481. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.792
Puspendik. (2016). Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI)/Indonesia Natinal Assessment Programme (INAP). Jakarta: Kemendikbud.
Puspita, N. L. I. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Materi Aljabar Kelas VII SMP dari Perbedaan Jenis Kelamin. Mathedunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(3), 448–457.
Putra, Y. Y., & Vebrian, R. (2020). Literasi Matematika (Mathematical Literacy): Soal Matematika Model PISA Menggunakan Konsep Bangka Belitung. Yogyakarta: Deepublish.
Putri, D. K., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351–357. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19497
Qomariyah, N., & Setianingsih, R. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains, 4(1), 22–33. https://doi.org/10.26740/jppms.v4n1.p22-32
Rahmadian, N., Mulyono, & Isnarto. (2019). Kemampuan Representasi Matematis dalam Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 287–292. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28940
Ramadhana, B. R., Prayitno, S., Wulandari, N. P., & Subarinah, S. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematis pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 4(1), 46–59.
Sarjana, K., Sridana, I. N., Hapipi, & Kurniati, N. (2018). Analisis Tingkat Ketercapaian Kurikulum 2013 Bidang Matematika pada Siswa SMPN di Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(1), 46–54. https://doi.org/10.29303/jipp.v3i1.55
Sriningsih, N. N., Sarjana, K., Hayati, L., & Prayitno, S. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP dalam Menyelesaikan Soal-Soal Model PISA. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(1), 96–104. https://doi.org/10.29303/griya.v2i1.134
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39.
Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534–540. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v2i5.536
Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. M. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Action Research, Research and Development (R and D). Kolaka: Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.
License
Copyright (c) 2023 Sri Ayu Prabawati, Baidowi, Nourma Pramestie Wulandari, Sripatmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).