Pengaruh Kemandirian Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika

Authors

Winda Miftahul Jannah , Ketut Sarjana , Junaidi , Sudi Prayitno

DOI:

10.29303/jcar.v5i4.5816

Published:

2023-12-17

Issue:

Vol. 5 No. 4 (2023): November

Articles

Downloads

How to Cite

Jannah, W. M., Sarjana, K. ., Junaidi, & Prayitno, S. . (2023). Pengaruh Kemandirian Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika . Journal of Classroom Action Research, 5(4), 277–283. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5816

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh kemandirian terhadap hasil belajar matematika, (2) Pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika, (3) Pengaruh kemandirian dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif desain Ex Post Facto. Dengan sample siswa yang berjumlah 36 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan soal tes. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data penelitian berupa kuesioner yang berisikan 20 item pernyataan untuk variabel kemandirian dan kedisiplinan belajar, sedangkan untuk variabel hasil belajar dengan soal tes yang berisikan 4 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana dan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII sebesar 0.632. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII sebesar 0,595. 3) Selanjutnya terdapat pengaruh positif antara kemandirian belajar dan kedidiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII sebesar 0.712. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII.

References

Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azizah, A., Sridana, N., & Sarjana, K. (2022). Analisis Disiplin Belajar dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Matematika di Masa Pandemi Covid-19. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2, 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/griya.v2i1.148

Byram, M., & Hu, A. (2013). Routledge Encyclopedia of Language Teaching and Learning: Second Edition. New York: Routledge.

Daryanto. (2013). Strategi dan Tahap Mengajar. Bandung: CV Yrama Widya.

Dewi, N., Asifa, S. N., & Zanthy, L. S. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 48–54. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v9i1.2293

Fitriana, I., Sridana, N., Wahidaturrahmi, W., & Sripatmi, S. (2022). Hubungan Kemandirian Belajar dan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 909–920. https://doi.org/10.29303/griya.v2i4.251

Hiqwan, I. A., Amrulloh, Salsabila, N. H., & Soeprianto, H. (2023). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 86–91. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.5013

Jusnani, J. (2019). Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 35 Makassar. Klasikal : Journal of Education, Language Teaching and Science, 1(3), 53–63. https://doi.org/10.52208/klasikal.v1i3.43

Kartadinata, S. (2001). Kemandirian Belajar dan Orientasi Nilai Mahasiswa. Bandung: PPS.

Kemendikbud. (2014). Konsep Dan Implementasi Kurikulum 2013. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan: Jakarta.

Kurniadi, D., Afiantika, T., Arrizal, F. G., & Indonesia, U. P. (2022). Pengujian Instrument Non Tes Berbentuk Angket Untuk Mengetahui Kedisiplinan Belajar Pada Anak Sekolah Dasar. 1090–1095.

Ningsih, M. F., Sarjana, K., Azmi, S., & Baidowi, B. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(1), 11–18. https://doi.org/10.29303/griya.v1i1.9

Nurriskah, Y. D., Joharman, J., & Hidayah, R. (2020). Pengaruh Disiplin dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.20961/jkc.v8i2.41997

Purnomo, Y. (2017). Pengaruh sikap siswa pada pelajaran matematika dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 93-105. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1897

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i2.29956

Siregar. (2020). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Sripatmi, S., Baidowi, B., & Fitriani, F. (2019). Pengaruh Motivasi dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMAN 1 Jonggat. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 1(2), 104–112. https://doi.org/10.29303/jm.v1i2.1428

Straus, S. E., Tetroe, J., & Graham, I. D. (2013). Translation in Health Care: Moving from Evidence to Practice. London: BMJ Publishing Group

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhendri, H. (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 105–114. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.117

Susilo, G., & Pertiwi, A. B. W. S. (2021). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa SMP di Balikpapan. Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education, 3(1), 21-34. https://doi.org/10.38114/riemann.v3i1.128

Winata, R., Friantini, R. N., & Astuti, R. (2021). Kemandirian belajar dan kedisipilinan belajar terhadap prestasi mahasiswa pada perkuliahan daring. JURNAL e-DuMath, 7(1), 18-26. https://doi.org/10.52657/je.v7i1.1343

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140. https://doi.org/10.29303/ jpm.v14i3.1299

License

Copyright (c) 2023 Winda Miftaahul Jannah, Ketut Sarjana, Junaidi, Sudi Prayitno

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).