Identifikasi Kesalahan Penulisan Ejaan Dalam Menulis Surat Undangan Ulang Tahun pada Materi Pembelajaran Bahasa Siswa

Authors

Rina Kumala Utami , Ketut Widiada , Nurwahidah

DOI:

10.29303/jcar.v5i4.5817

Published:

2023-12-17

Issue:

Vol. 5 No. 4 (2023): November

Articles

Downloads

How to Cite

Utami, R. K. ., Widiada, K., & Nurwahidah. (2023). Identifikasi Kesalahan Penulisan Ejaan Dalam Menulis Surat Undangan Ulang Tahun pada Materi Pembelajaran Bahasa Siswa . Journal of Classroom Action Research, 5(4), 291–296. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5817

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kesalahan penulisan ejaan yang meliputi pemakaian huruf kapital, penulisan kata, dan pemakaian tanda baca dalam menulis surat undangan ulang tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 21 orang yang dilaksanakan di SDN 16 Cakranegara Semester Ganjil Tahun ajaran 2022/2023. Data yang digunakan berupa lembar hasil kerja siswa dalam membuat surat undangan ulang tahun. Tehnik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesalahan penulisan ejaan siswa di SDN 16 Cakranegara tahun ajaran 2022/2023  dalam membuat surat undangan ulang tahun yang terdiri dari: 1)  indikator pemakaian huruf kapital termasuk kategori sedang sebanyak 10 siswa dengan presentase 47%, 2) penulisan kata termasuk kategori tinggi sebanyak 11 siswa dengan presentase 52 %,  3) pemakaian tanda baca termasuk dalam kategori sedang sebanyak 14 siswa dengan presentase 67%.

References

Adawiyah, R., Hilaliyah, H., & Muzaki, A. (2021). Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital Pada Novel Dear Nathan Karya Erisca Febriani Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Alegori: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(1), 69-76.

Akhadiah, S., Ridwan, S. H., & Arsjad, M. G. (1988). Pembinaan kemampuan menulis bahasa Indonesia. (No Title).

Ariyanti, R. (2019). Analisis kesalahan penggunaan huruf kapital, tanda baca, dan penulisan kata pada koran Mercusuar. Bahasa dan Sastra, 4(4).

Cahyani, A. C. A. S. (2022). Analisis Kesalahan Ejaan pada Tugas Surat Lamaran Pekerjaan Siswa Kelas XII SMK Bhakti Angkasa 3 Abung Semuli Tahun Pelajaran 2020/2021. Griya Cendikia, 7(2), 101-114.

Dhari, P. W., Anggraini, H., & Nasution, M. K. (2022). Peran guru kelas dalam mengembangkan keterampilan berbahasa siswa kelas rendah. Ta'dib, 12(1), 43-51.

Dhieni, N., Fridani, L., & Psych, S. P. M. (2017). Hakikat Perkembangan Bahasa Anak. Modul Paud diakses pada tanggal, 26.

Fazriyah, D. A., Gunayasa, I. B. K., & Nurwahidah, N. (2023). Analisis Kemampuan Menulis Puisi Bebas Pada Siswa Kelas V SDN 40 Ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 363-366.

Hamlan, K., & Karim, A. (2018). Analisis Kesalahan Penulisan Kata pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Banawa Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah. Bahasa dan Sastra, 3(3).

Indriastuti, F. (2016). Pengembangan Model Media Audio Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Teknodik, 73-73.Nasional, D. P. (2008). Kamus besar bahasa Indonesia.

Karma, I. N., & Hakim, M. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas IVA SDN 32 Cakranegara. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 1-11.

Oktapilasari, R., Astini, B. N., Sriwarthini, N. L. P. N., & Tahir, M. (2023). Identifikasi Pemanfaatan APE dalam Mengembangkan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 87-96.

Qhadafi, M. R. (2018). Analisis kesalahan penulisan ejaan yang disempurnakan dalam teks negosiasi siswa sma negeri 3 palu. Jurnal Bahasa dan Sastra, 3(4), 1-20.

Rachmayani, I., & Astini, B. N. (2023). Efektifitas Boneka Tangan Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Anak. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 144-148.

Rinawati, A., Mirnawati, L. B., & Setiawan, F. (2020). Analisis hubungan keterampilan membaca dengan keterampilan menulis siswa sekolah dasar. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 4(2), 85-96.

Sari, I. K., Jaelani, A. K., & Rachmayani, I. (2023). Pemetaan Gaya Mengajar Guru Dalam Perkembangan Bahasa Keaksaraan Anak. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 95-100.

Suprapto, Tommy. (2009). Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi. Yogyakarta: MedPress

Supriati, D., & Indihadi, D. Analisis Hasil Penulisan Surat Undangan Ulang Tahun Peserta Didik Kelas V. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(3), 594-604.

License

Copyright (c) 2023 Rina Kumala Utami, Ketut Widiada, Nurwahidah

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).