Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa yang diajar Menggunakan Model Problem Based Learning dan Jigsaw Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Materi Pola Bilangan

Authors

Laila Maghfira , Sudi Prayitno , Nilza Humaira Salsabila , Nyoman Sridana

DOI:

10.29303/jcar.v5i4.5864

Published:

2023-12-17

Issue:

Vol. 5 No. 4 (2023): November

Keywords:

jigsaw, kemampuan pemecahan masalah, kurikulum merdeka, problem based Learning.

Articles

Downloads

How to Cite

Maghfira, L., Prayitno, S. ., Salsabila, N. H. ., & Sridana, N. . (2023). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa yang diajar Menggunakan Model Problem Based Learning dan Jigsaw Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Materi Pola Bilangan . Journal of Classroom Action Research, 5(4), 410–416. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5864

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Implementasi Kurikulum Merdeka dalam penerapannya membutuhkan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik kurikulum tersebut. Salah satu model pembelajaran yang mendukung kurikulum merdeka adalah model  problem based learning dan model pembelajaran kooperatif jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematka siswa yang diajar menggunakan problem based learning dan  model kooperatif jigsaw. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian semu eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas VIII SMP Negeri 20 Mataram yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa 66 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A dan kelas VIII B. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan tes pemecahan masalah yang berupa tes awal dan tes akhir berbentuk uraian. Instrumen penelitian ini berupa pre-test, post-test, RPP, dan LKPD. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji n-Gain dengan uji Independent Sample T-Test. Hasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar menggunakan model problem based learning dan jigsaw dalam implementasi kurikulum merdeka materi pola bilangan kelas VIII SMP Negeri 20 Mataram. Pembelajaran kooperatif jigsaw direkomendasikan untuk  dijadikan alternatif dalam penerapan kurikulum merdeka.

References

Arifin, S . (2021). Model PBL (Problem Based Learning) Berbasis Kognitif Dalam Pembelajaran Matematika. Indramayu: Adab.

Basir, F. (2019). Deskripsi kemampaun pemecahan masalah matematika siswa dalam menyelsaikan soal SPLDV. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 9-10.

Dayu, D. P. K., Rulviana, V., & Kurniawati, R. P. (2022). Pembelajaran Blended Learning: Model Case Based Learning Pada Implementasi Kurikulum Merdeka. Magetan: CV. Ae Media Grafika.

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomes and Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.

Hake, R. (1999). Analyzing Change/Gain Score. Indiana: Indiana University.

Harianja, J. K., Subakti, H., Avicenna, A., Rambe, S. A., Hasan, M., Ramadhani, Y. R., Sartika, S. H., Nirbita, B. N., Chamidah, D., Rahmawati, I., Lestari, H., Panjaitan, M. M. J. (2022). Tipe-Tipe Model pebelajaran Kooperatif. Surabaya: Kita Menulis Press.

Indrayana, I. P. T, Manik, S. E., Lisnasari, S. F., Herlina, R., Suryaningsih, N. M. A.,Wahyudin., Marlinda, N. L. P. M., Maspuroh, U., Afriyani, N., Azizah, N. N., Capricanilia, S. D. I., Yakin, A., Tirta, G. A. R., Sulistiyani, U. (2022). Penerapan Strategi Dan Model Pebelajaran Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Irmayani, N., Sarjana, K., Kurniawan, E., Sridana, N. (2021). Studi perbandingan efektivitas model pembeljaran kooperatif tipe Jigsaw dan Snowball Throwing terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Narmada. Journal of Mathematics Education and Aplication, 1(1), 63. Doi: https://doi.org/10.29303./griya.v1i1.6

Isrok’atun, & Rosmala . (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.

Jiyantari, D., Hayati, L., Turmuzi, M., & Kurniati, N. (2023). Pandangan guru matematika terhadap kurikulum belajar siswa di Kecamatan Labuhan Haji Tahun Pelajaran 2022/2023 ( Study komparasi kurikulum 2013 dan merdeka belajar). Journal of Classroom Action Research, 5 (3), 46. Doi: https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.4905

Lestari, N. A. P., Kurniawati, K.L., Dewi, M. S. A., Hita, I. P. A. D., Astuti, N. M. I. P., & Fatmawan, A. R. (2023). Model-Model Pembelajaran Untuk Kurikulum Merdeka Di Era Society 5. 0. Bali: Nilacakra.

Mayasari, D. (2020). Program Perencanaan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish.

Nisa, K., Sridana, N., salsabila, N. H., & Hayati, L. (2023). Deskripsi kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau kemampuan awal matematis. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 18. Doi: https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.4884

Prayitno, A. T., Sumarni., Adiastuty, N., Nurhayati, N., Taufik, A., Riyadi, M., Syafari, R. (2022). Strategi, Pendekatan, & Model Pembelajaran Cooperative Learning dalam Pembelajaran Matematika. Jawa Barat: CV Jejak, anggota IKAPI.

Putra, A. (2021). Penerapan Model Pembelajara Kooperatif Tipe Jigsaw. Surabaya: CV Jakad Media Press.

Royani, I., Sripatmi, Novitasari, D., & Kurniati, N. (2023). Deskripsi penerapan model problem based learning bernuansa etnomatika terhadap hasil belajar siswa. Journal of Classroom Action Research, 5, 18. Doi: https://doi.org/1029303/jcar.v5iSpecialissue.3900

Sasih, S. S., Soeprinato, H., Prayitno, S. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah berdasarkan tingkat kemampuan matematika. Mandalika Mathematics and Education Journal, 4(2), 81. Doi:htpp://dx.doi.org/10.29303/jm.v4i2.1561

Savery. (2006). An overview of PBL: definition and distinctions . The Interdisciplinary Juornal Of Problem Based Learning, 1(1), 9-20. Doi:https://dx.doi.org/10.7771/1541-5015.1002

Sinambela, P. N. J. M., Bulan, A., Fabriana, A., Susilowaty, N., Facturrohman, M., Novianti, W., Sembiring, E. T. B., Carunnisa, Subroto, D. E., & Mardhiyana, D. (2022). Model-Model Pembelajaran . Medan: Kurnia Pustaka.

Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung : Nusa Media

Tubagus, S. (2021). Metode Pembelajaran Pendidikan Yang Efektif Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Sumatra Barat: Insan Cendikia Mandiri

Yayuk, E , Ekowati, D.W, Suwandayani, B.I. (2018). Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan. Malang: Universitas Muhammdiyah Malang.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Author Biography

Laila Maghfira, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2023 Laila Maghfira, Sudi Prayitno, Nilza Humaira Salsabila, Nyoman Sridana

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).