Pengembangan Media Kartu Kuartet Pada Pembelajaran IPA

Authors

Miftahul Walidiati , Muhammad Tahir , Aisa Nikmah Rahmatih

DOI:

10.29303/jcar.v5i4.5868

Published:

2023-12-17

Issue:

Vol. 5 No. 4 (2023): November

Keywords:

Ilmu Pengetahuan Alam, Kartu kuartet, Sekolah Dasar.

Articles

Downloads

How to Cite

Walidiati, M. ., Tahir, M. ., & Rahmatih, A. N. . (2023). Pengembangan Media Kartu Kuartet Pada Pembelajaran IPA. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 321–330. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5868

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media kartu kuartet pada materi IPA untuk Kelas V yang sudah layak digunakan dalam pembelajaran IPA SD khususnya pada materi siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan makhluk hidup. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan dengan mengacu pada model penelitian ADDIE yaitu analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media kartu kuartet yang dikembangkan dalam penelitian ini dikategorikan sangat valid. Pada penelitian ini dihasilkan nilai kevalidan yang didapat dari hasil validasi ahli materi tahap I dan II, ahli media tahap I dan II, angket respon guru, dan peserta didik pada uji kelompok kecil dan besar . Skor yang diperoleh secara berurut yaitu 88% , 93%, 88% , 98%, 89,20%, 92,00%, dan 97,91%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media kartu kuartet sangat valid atau layak digunakan sebagai media pembelajaran pada pembelajaran IPA kelas V SD.

References

Arikunto S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Cheung, L. (2016). Using the ADDIE model of instructional design to teach chest radiograph interpretation. Journal of Biomedical Education, 20(16), 1-6. http://dx.doi.org/10.1155/2016/95 02572

Erfan, M., Widodo, A., Umar, U., Radiusman, R., & Ratu, T. (2020). Pengembangan Game Edukasi “Kata Fisika†Berbasis Android untuk Anak Sekolah Dasar pada Materi Konsep Gaya. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(1), 31-46.

Giwangsa, S. F. (2021). Pengembangan Media Kartu Kuartet Pada Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal penelitian pendidikan, 8(1), 40-48. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i1.3992.

Harahap, H. S., & Hidayah, N. (2022). Manajemen Mutu Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Mts Alwashliyah Tanjung Morawa. Wahana Inovasi: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UISU, 11(1), 57-63.

Istiningsih, S., Darmiany, D., Astria, F. P., & Erfan, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli di Era New normal. Collase (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(6), 911-920. https://doi.org/10.22460/collase.v4i6.9578

Khusnia & Rukmi. A., S., (2021). Pengembangan Media Roda Berkantong Kartu Kuartet Untuk Pembelajaran Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. JPGSD, 09(09), 3243-3253. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/42993

Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Surabaya: Bintang Sutabaya.

Latifah, A. K., Idris, M., Prasrihamni, M., (2023). Pengembangan Media Kartu Kuartet Berbasis Gambar 2 Dimensi Untuk Keterampilan Membaca Siswa Kelas II SD Negeri 15 Gunung Megang. Journal On Education, 06(01), 2655-1365. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3234

Muhardi, M. (2004). Kontribusi pendidikan dalam meningkatkan kualitas bangsa Indonesia. Mimbar: Jurnal Sosial dan Pembangunan, 20(4), 478-492. https://media.neliti.com/media/pub lications/156226-ID-kontribusi-pendidikan-dalam-meningkatkan.pdf

Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: UMSIDA Press.

Nurfaizah, A.P., Rahman, A., & Ramadhani, A. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN KARTU KUARTET TERHADAP MINAT BELAJAR IPS SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 196–204. https://doi.org/https://doi.org/10.518 78/social.v1i3.932.

OECD. (2019). PISA 2018 Result Combined Executive Summaries. PISA-OECD Publishing, I. https://doi.org/10.1787/g222d18af-en

Prihatini, E. (2017). Pengaruh metode pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v7i2.1831

Rahmatih, A. N., Maulyda, M. A., & Syazali, M. (2020). Refleksi nilai kearifan lokal (local wisdom) dalam pembelajaran sains sekolah dasar: Literature review. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 151-156. 10. https://doi.org/29303/jpm.v1 5i2.1663

Rosidi, M. F., Safruddin, S., & Tahir, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Kereta Kata pada Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 SDN Merang Baru 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 208–215. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.446

Safitri H. S., Adi P. M. J., & Hermita, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Kakli (Kartu Kwartet Literasi) Pada Materi Sumber Daya Alam. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 7(1), 93–98. https://doi.org/10.34125/kp.v7i1.649

Samsiyah, S., Hermansyah, & Kuswidyanarko, A. (2021). Efektivitas kartu kuartet terhadap kemampuan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV. Jurnal Ilmiah PGSD, 05(02), 119–126. https://jurnal.umj.ac.id/i ndex.php/holistika

Samsu. (2017). Metode Penelitian (Teori dan Aplikasi Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Reaserch & Development. In The Lancet (Vol. 160, Issue 4126). PUSAKA. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(01)42777-2

Sanusi, S., Suprapto, E., & Apriandi, D. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Pokok Bahasan Dimensi Tiga Di Sekolah Menengah Atas (Sma). JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 3(2), 398-416. http://doi.org/10.25273/jipm.v3i2.510

Setiawan, H., Saputra, H. H., Hakim, M., Ermiana, I., & Umar, U. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Gurita Kata Berbasis Karakter Pada Materi Menulis Puisi Kelas IV Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 7(1), 79-92. http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v7i 1.893

Sumarsono, M. B. & Mulyani. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu “Kuartet Kingdom†Pada Pembelajaran Tematik Materi Kerajaan Hindu, Budha Dan Islam Di Indonesia Untuk Kelas IV Sekolah Dasar. JPGSD, 8(3), 487-496. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/artic le/view/35008

Suyanto & Jihad. (2013). Menjadi guru Profesional (Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global). Jakarta: Esensi Erlangga Group.

License

Copyright (c) 2023 Miftahul Walidiati, Muhammad Tahir, Aisa Nikmah Rahmatih

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).