Analisis Karangan Deskripsi Siswa Kelas V di Gugus V Kecamatan Praya Tengah

Authors

Maula Fatihal Ikhlas , Asrin , Muhammad Sobri

DOI:

10.29303/jcar.v5i4.5869

Published:

2023-12-17

Issue:

Vol. 5 No. 4 (2023): November

Keywords:

Keterampilan Menulis, Karangan Deskripsi, Gugus V .

Articles

Downloads

How to Cite

Ikhlas, M. F., Asrin, & Sobri, M. . (2023). Analisis Karangan Deskripsi Siswa Kelas V di Gugus V Kecamatan Praya Tengah. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 311–320. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5869

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Keterampilan menulis yang dilakukan pada siswa kelas V sekolah dasar adalah menulis karangan deskripsi. Permasalahan yang dihadapi siswa yaitu siswa kesulitan dalam menuangkan ide pikirannya dalam sebuah karangan dan kesulitan merangkai kata. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menulis karangan dan faktor penyebab terjadinya kesulitan pada siswa kelas V di Gugus V Kecamatan Praya Tengah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kesulitan menulis karangan siswa pada aspek isi gagasan yaitu kesulitan dalam mengungkapkan isi pikiran dan menyesuaikan isi gagasan dengan tema. Pada aspek organisasi isi ditemukan kesulitan siswa dalam hal merangkai kata ke dalam kalimat dan keterpaduan kalimat dengan kalimat, dan penulisan paragraf. Pada aspek struktur tata Bahasa ditemukan kesulitan dalam penggunaan huruf kapital dan struktur kalimat yang tidak teratur. Sedangkan pada aspek kerapian tulisan dan diksi ditemukan kesalahan dalam pemilihan kata yang tepat, penggunaan bahasa daerah dan terdapat tulisan yang dicoret. Adapun pada aspek ejaan dan tanda baca, banyak ditemukan kata yang disingkat dan kesalahan dalam penggunaan tanda baca. Beberapa faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam menulis karangan deskripsi yaitu faktor inernal yaitu kurangnya referensi membaca, minat belajar, motivasi, dan faktor kognisi. Adapun faktor eksternal yaitu faktor guru dan tersedianya sarana dan prasarana.

References

Anshari. (2019). Pengembangan Menulis Paragraf. Yogyakarta: Deepublish.

Abdurrahman, M. (2012). Anak berkesulitan belajar; Teori, diagnosis dan remediasinya. Jakarta: Depdikbud.

Abidin, Y. (2013). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Azizah, I. N. (2016). Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi menggunakan media audio visual pada siswa kelas V SD. Basic EducatioN, 5(24), 2-313.

Dalilah, D., Halidjah, S., & Ghasya, D. A. V. (2023). Analisis Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas V SDN 03 Pontianak Kota. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(1), 10-20.

Dalman. (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dalman. (2015). Keterampilan menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hartati, H., & Idrus, I. (2018). Diksi Pada Karangan Narasi Siswa Kelas VIII C MTs. Alkhairaat Kalukubula. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 53-56.

Inggriyani, F., & Pebrianti, N. A. (2021). Analisis Kesulitan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(01), 1-22.

Jayanti, F., & Fachrurazi, F. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Metode Discovery dengan Menggunakan Media Gambar pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Pontianak. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 329-339.

Khairunnisa, Firda. (2019). Problematika Pembelajaran Menulis Teks Narasi di Sekolah Menengah Pertama. Seminar Bahasa dan Sastra Indonesia. 2 (1).

Kholisah, I., & Indihadi, D. Karlimah. 2020. Analisis Karangan Teks Deskripsi Melalui Mind Mapping. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 42-49.

Lestari, F., & Pebriana, P. H. (2019). Penerapan Model Bengkel Sastra Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskriptif di Kelas V SDN 002 Pasir Sialang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 1(1), 48-55.

Liani, E., Tahir, M., & Saputra, H. H. (2022). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Tulis Teks Narasi Kelas V SDN 01 Tempos. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1885-1891.

Lutfiah, Zulfa Astri., Rukayah Rukayah., Siti Kamsiyati. (2021). Analisis Kesulitan Menulis Teks Deskripsi pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria. 9 (5).

Miles, M.B, Huberman, A.M, dan Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Naki, Nurhayati, Abidin. (2018). Analisis Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Dalam Bahasa Indonesia Melalui Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas VII SMP N 18 Lau Kabupaten Maros. Jurnal Ilmu Budaya. 6 (2).

Nisrina, R. H., Kasmad, M., & Wulan, N. S. (2021). Analisis Kemampuan Menulis Karangan Narasi pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. In Renjana Pendidikan: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 2, No. 1, pp. 546-555).

Nofitri, Z., & Noveria, E. (2020). Hubungan kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan menulis. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9 (3), 80-86.

Nurgiyantoro, Burhan. (2018). Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: UGM Press.

Rohmadi, Muhammad., Setiawan Budhi., (2020). Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. BASASTRA Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. (8 (1).

Santoso, Anang, dkk. (2013). Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Banten: Universitas Terbuka.

Sapawi, S. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Karangan Narasi Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Stilistika: Kajian Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 3(2).

Sanita, S., Marta, R., & Nurhaswinda, N. (2020). Peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi dengan metode pembelajaran field trip. Journal on Teacher Education, 2(1), 239-246.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Bandung.

Suparno dan Yunus, M. (2008). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Umam, N. K., & Firdausa, A. R. (2022). Analisis Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi dengan Media Gambar Seri Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Pendidikan, 28(2), 42-48.

Utami, K., Oktaviany, V., & Dwiprabowo, R. (2021). Hubungan Minat Membaca Dengan Keterampilan Menulis Narasi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 369-375).

Wiranti, D. A. (2022). Analisis Kesalahan Ejaan Dalam Penulisan Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV SD 04 Besito Kudus. Jurnal Prasasti Ilmu, 2(3), 127-132.

Yogyantoro, A. (2016). Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi menggunakan media diorama siswa kelas IV. BASIC EDUCATION, 5(38), 3-570.

Zainurrahman. (2013). Menulis Dari Teori Hingga Praktik (Penawar Racun Plagiarisme). Bandung: Alfabeta.

Zaenudin. (2015). Pembelajaran Mengarang Deskripsi di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Zubaidi, A., & Faznur, L. S. (2019). Analisis kesalahan ejaan bahasa indonesia pada karangan narasi mahasiswa thailand di universitas muhammadiyah jakarta. SEMNASFIP.

License

Copyright (c) 2023 Maula Fatihal Ikhlas, Asrin, Muhammad Sobri

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).