Penerapan Perangkat Pembelajaran Biologi Berorientasi Pengembangan Intelegensi Majemuk untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA

Authors

Monaliza Sekar Rini , I Komang Mudika Yasa , I Putu Artayasa

DOI:

10.29303/jcar.v6i2.5871

Published:

2024-02-29

Issue:

Vol. 6 No. 1 (2024): Februari

Keywords:

Hasil Belajar Peserta Didik, Intelegensi Majemuk, Perangkat Pembelajaran.

Articles

Downloads

How to Cite

Rini, M. S., Yasa, I. K. M., & Artayasa, I. P. . (2024). Penerapan Perangkat Pembelajaran Biologi Berorientasi Pengembangan Intelegensi Majemuk untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA. Journal of Classroom Action Research, 6(1), 230–237. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i2.5871

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Biologi dengan penerapan perangkat pembelajaran biologi berorientasi pengembangan intelegensi majemuk. Metode penelitian yaitu menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah 33 peserta didik kelas X.6 di SMA Negeri 6 Mataram. Pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Data hasil belajar berupa skor kognitif, skor afektif, dan skor psikomotorik. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Setelah dilakukan analisis data, ketuntasan hasil belajar Biologi peserta didik yang diambil dari skor sumatif (post test) pada siklus I sebesar 27,3% dan pada siklus II sebesar 75,8%. Hasil belajar pada kedua siklus menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal hasil belajar sudah memenuhi indikator yang telah ditetapkan yakni lebih dari atau sama dengan 70% dari keseluruhan peserta didik yang mengikuti evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berorientasi inteligensi majemuk berpengaruh meningkatkan hasil belajar peserta didik baik dari segi kognitif, afektif dan psikomotorik.

References

Agung, A. A. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Baharudin, Fiteriani, I., Sukasih, S., Sari, C.W. (2022). Implementasi Model Media Crossword Puzzle Bergambar Suatu Alternatif Media Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 1-20

Chaerunnisa, V., Syauqiyah, S. G., & Ekanara, F. B. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berorientasi Pengembangan Kecerdasan Majemuk Siswa Pada Konsep Sel Kelas XI SMA. Biodidaktika, 12(1), 30-37.

Chatib, M. (2015). Sekolahnya Manusia Sekolah Berbasis Intelligences di Indonesia. Bandung, Indonesia: Penerbit Kaira.

Dewi, M. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berorientasi Pengembangan Intelegensi Majemuk Siswa pada Materi Sel Kelas XI SMA (Skripsi). Universitas Negeri Semarang, Indonesia.

El-Sherbiny, D. M. A. (2022). Adopting the Online Multiple Intelligences Based Approach for Developing the Academic Achievement of the English Language Students. Egypts Presidential Specialized Council for Education and Scientific Research, 20(1), 40-65.

Gardner, H. (2021). Kecerdasan Majemuk Teori dalam Praktik (Terjemahan). Batam, Indonesia: Penerbit Interaksara.

Khanal, C. & Dorji, U. (2020). Improving Student’s Perfomance in Class Nine Mathematics through Collaborative Learning. Journal of Educational Action Research, 1(4), 41-56.

Khiyarusoleh, U. (2018). Kecerdasan Logika-Matematika Dilihat dari Kecerdasan Majemuk Siswa SMA di Brebes Selatan. NATURALISTIC Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 240-246.

Manurung, N. (2013) Pemanfaatan Multiple Inteligence dalam Proses Pembelajaran. Keguruan, 1(1), 49-56.

Pratama, B. (2021). Pengaruh Multiple Intelligences (Kecerdasan Majemuk) Peserta Didik Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X IPA Pada Mata Pelajaran Biologi (Skripsi). Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia.

Rezki, D. Y., Festiyed & Asrizal. (2015). Pengaruh LKS Berorientasi Model Kecerdasan Majemuk Terhadap Kompetensi Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Padang. Pillar of Physics Education, 5(1), 129-136.

Simbolon, A. KAP. (2022). Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Matematika SMP Negeri 2 Tanjung Morawa. Nusantara Hasana Journal, 2(6), 16-18.

Surna, I. N. & Pandeirot, O. D. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta, Indonesia: Penerbit Erlangga.

Widyawati, A. & Setianingsih, W. (2021). Analisis Representasi Multiple Intelligences dan SETS dalam E-Comic IPA. Jurnal Inovasi Penelitian (JIP), 1(10), 2069-2084

Author Biography

Monaliza Sekar Rini, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Monaliza Sekar Rini, I Komang Mudika Yasa, I Putu Artayasa

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).