Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Investigasi Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Jenis Kelamin Pada Siswa

Authors

Marlina Septiana , Sri Subarinah , Tabita Wahyu Triutami , Arjudin

DOI:

10.29303/jcar.v5i4.5886

Published:

2023-12-17

Issue:

Vol. 5 No. 4 (2023): November

Keywords:

Jenis Kelamin, Kemampuan koneksi, Soal Investigasi.

Articles

Downloads

How to Cite

Septiana, M., Subarinah, S. ., Triutami, T. W. ., & Arjudin. (2023). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Investigasi Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Jenis Kelamin Pada Siswa . Journal of Classroom Action Research, 5(4), 441–448. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5886

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Kemampuan koneksi matematis merupakan kemampuan yang perlu dimiliki oleh siswa. Terdapat 3 aspek kemampuan koneksi matematis yang digunakan dalam penelitian yaitu 1) menghubungkan antara konsep matematika yang sudah dipelajari dengan yang sedang dipelajari, 2) menghubungkan koneksi antar konsep suatu matematika dengan konsep bidang ilmu yang lain, dan 3) menghubungkan antara konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis dalam menyelesaikan soal investigasi pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari jenis kelamin pada siswa SMP Negeri 1 Keruak tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian menggunakan soal tes koneksi matematika dan pedoman wawancara. Teknik analisi data melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan kemampuan koneksi matematis pada siswa laki-laki dan perempuan berkemampuan tinggi memenuhi ketiga aspek koneksi matematis. Siswa laki-laki berkemampuan sedang mampu memenuhi 3 aspek koneksi matematis, walaupun kurang dalam aspek kedua dan siswa perempuan berkemampuan sedang memenuhi 3 aspek koneksi matematis. Siswa laki-laki dan perempuan berkemampuan rendah tidak mampu memenuhi ketiga aspek koneksi matematis. Perbedaan kemampuan koneksi matematis antara laki-laki dan perempuan terletak pada kemampuan siswa perempuan lebih unggul daripada siswa laki-laki dalam aspek kedua dan lebih teliti dan detail dalam menuliskan prosedur penyelesaian matematika.

References

Abdurahman, M. (2012). Pendidikan Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmad, F., Turmuzi, M., Junaidi, & Baidowi. (2023). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Spldv Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 127–136. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2799.

Fauzi, M. A. (2011). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dengan Pendekatan Pembelajaran Metakognitif di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika Paradikma, 6 (1), 49-64.https:/doi.org/10.24114/PARADIKMA.v611.1096.

Irawan, A., Subarinah, S., & Prayitno, S. (2021). Kemampuan Koneksi Matematik Siswa dalam Menyelesaikan Soal Investigasi Matematika.

Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(3), 395-402. https:/doi.org/10.29303/griya.v1i3.75.

Isnaeni, S., Ansori, A., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksaman Linear Satu Variabel. Jurnal on education, 1(2), 309-316. https:/doi.org/10.31004/joe.v1i2.68.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2008). Retrieved from https://kbbi.web.id/upaya.dedipnas,2008.

Lestari, I., Prayitno, S., Baidowi, & Sripatmi. (2022). Pemahaman Konsep Bangun Ruang Sisi Datar ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 65-74. https:/doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2639.

Nafi’an, M. I. (2021). Penyelesaian Soal Cerita Siswa Sekolah Dasar Berdasarkan Gender. Jurnal Absis: jurnal pendidikan matematika dan matematika, 3(2), 328-336. https:/doi.org/10.306/absis.v3i2.816.

Nafisah, K., Turmuzi, M., Triutami, T.W., & Azm, S. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(3), 719-731. https://doi.org/10.29303/griya.v2i3.213

NCTM (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Nisa, K., Sridana, N., Salsabila, N. H., & Hayati, L. (2023). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau Kemampuan Awal Matematis. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 17–24. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.4884

Rahmawati. U. N., Sugiatno, & Handani. (2017). Kesulitan Koneksi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Peluang Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal pendidikan dan pembelajaran khatulistiwa, 6(8), 1-14. https:/doi.org/10.26418/jppk.v6i8.21149.

Subarinah, S. (2018). Pemecahan masalah dan investigasi matematika. Mataram: Duta Pustaka ilmu.

Tristanti, L. B., Aini, N., & Siyono. (2022). Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Berdasarkan Jenis Kelamin. Pi:Mathematical education journal, 5(2). 84-93.https:/doi.org/10.21067/pmej.v5i2.7446.

Turmudi. (2009). Taktik Dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Leuser Cita Pustaka.

Widyawati, S. (2016). Pengaruh Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas Ix Smp Di Kota Metro. Jurnal iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 1(1), 47-68. Retrieved from https://journal,iainnumetrolampung.ac.id/index.php/ji/article/view/33.

Zhu, Z. (2007). Gender Differences In Mathematical Problem Solving Pattern: A Review Of Literature. International Education Journal, 8(2), 187-203. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=EJ834219.

Author Biography

Marlina Septiana, UNIVERSITAS MATARAM

License

Copyright (c) 2023 Marlina Septiana, Sri Subarinah, Tabita Wahyu Triutami, Arjudin

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).