Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pokok Bahasan Aritmatika Sosial Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa

Authors

Nida Atun Nisa , Sudi Prayitno , Nurul Hikmah , Ketut Sarjana

DOI:

10.29303/jcar.v6i1.5968

Published:

2024-01-18

Issue:

Vol. 6 No. 1 (2024): Februari

Keywords:

Aritmatika Sosial, Berpikir Kritis, Field Dependent, Field Independent, Gaya Kognitif

Articles

Downloads

How to Cite

Nisa, N. A., Prayitno, S. ., Hikmah, N., & Sarjana, K. . (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pokok Bahasan Aritmatika Sosial Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(1), 44–50. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i1.5968

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penyelesaian masalah matematika memerlukan proses berpikir kritis. Berpikir kritis merupakan sebuah proses berpikir dengan melibatkan pemahaman yang mendalam untuk memecahkan masalah. Faktanya kemampuan berpikir kritis siswa SMP di Indonesia masih tergolong rendah. Kemampuan berpikir kritis siswa berbeda-beda, salah satunya dipengaruhi oleh gaya kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa pokok bahasan aritmatika sosial dengan gaya kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD) di kelas VII MTs. Negeri 3 Mataram. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian terdiri dari 2 siswa yang bergaya kognitif FI dan 2 siswa yang bergaya kognitif FD. Instrumen penelitian terdiri dari Group Embedded Figures Test (GEFT), tes kemampuan berpikir kritis dan wawancara. Indikator berpikir kritis yang digunakan yaitu FRISCO (Focus, Reason, Inference, Situation, Clarity dan Overview). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Siswa dengan gaya kognitif FI dapat mengerjakan soal kemampuan berpikir kritis dengan benar dan lengkap, 2) Siswa dengan gaya kognitif FD dalam mengidentifikasi jawaban tidak lengkap, sedikit kesulitan menuliskan jawaban padahal mampu memberikan kejelasan terkait istilah/definisi. Oleh karena itu, siswa yang memiliki gaya kognitif FI mampu memenuhi semua indikator berpikir kritis FRISCO, sedangkan siswa yang memiliki gaya kognitif FD mampu memenuhi empat dari enam indikator berpikir kritis yaitu Focus, Reason, Situation dan Clarity.  

References

Abdullah, I. H. (2013). Berpikir Kritis Matematik. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 66-75. http://dx.doi.org/10.33387/dpi. v2i1.100

Ajizah, E., & Artayasa, I. P. (2022). Validitas Bahan Ajar IPA Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 121-127. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i2.1855

Chotimah, A. C., Sari, C. K., Swastika, A., & Setyaningsih, R. (2023). Siswa Field Dependent Dan Field Independent: Bagaimana Kemampuan Berpikir Kritisnya Dalam Memecahkan Masalah HOTS?. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2487-2500. https://doi. org/10.31004/ cendekia.v7i3.2368

Dewi. Y. E. K., Sutriyono, & Pratama, F. W. (2019). Profil Berpikir Kritis Dalam Pemecahan Masalah Soal Cerita Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 6(1), 2339-2444. https://doi.org/10.26714/jkpm.6.1.2019.85-98

Ennis, R.H. (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities

Fahrurrozi, & Hamdi, S. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. Selong: Universitas Hamzanwadi Press

Fridanianti, A., Purwati, H., & Murtianto, Y. H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Kelas VII SMP Negeri 2 Pangkah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Dan Kognitif Implusif. Aksioma, 9(1), 11-20. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2221

Kartin, Y., Novitasari, D., & Hayati, L. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 35-41. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.4891

Kharisma, E. N. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMK Pada Materi Barisan Dan Deret. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(1), 62-75. http://jrpm.uinsby.ac.id

Kurniawati, N., Prayitno, S., Hayati, L., & Subarinah, S. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Aritmatika Sosial Ditinjau Dari Gaya Kognitif Implusif Dan Reflektif Siswa MTs. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 493-503. https://doi.org/ 10.29303/griya.v2i2.176

Mawardi, A. V., Yanti, A. W., & Arrifadah, Y. (2020). Analisis Proses Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Ditinjau Dari Gaya Kognitif. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 5(1), 40-52. https://doi. org/10.15642/jrpm.2020.5.1.40-52

Nurhasanah., Prayitno, S., Hikmah, N., & Subarinah, S. (2022). Analisis Kesalahan Konesptual Dan Prosedural Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Penerapan Turunan Fungsi Aljabar Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Di SMA Negeri 1 Gunungsari. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 4(2), 49-63. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v4i2. 25087

Prayitno. S. (2019). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Mataram: Duta Pustaka Ilmu

Ramadhani, R., & Bina, N. S. (2018). Statistika Penelitian Pendidikan: Analisis Perhitungan Matematika Dan Aplikasi SPSS. Jakarta: Kencana

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i2.29956

Rani, H., Siswono, T. Y. E., & Khabibah, S. (2022). Proses Berpikir Kritis Siswa Dengan Gaya Kognitif Field Independent Dan Field Dependent Dalam Mengerjakan Masalah Matematika. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5834-5844. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3275

Rasiman, & Asmarani, F. (2016). Analisis Kesulitan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 195-201. https://doi.org/10.26877/ jipmat.v1i2.1246

Rohmatin, D. N. (2012). Profil Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Memecahkan Masalah Geometri Ditinjau Dari Tingkat IQ. Gamatika, 3(1), 1-9. http://journal.unipdu.ac.id/index.php/gamatika/article/download/358/323

Rufaidah, A. S., & Ismail. (2021). Profil Berpikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Open Ended Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent-Independent. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains, 5(1), 19-25.https://doi.org/10.26740/jppms.v5n1.p1 9-25

Sriyanto. (2017). Mengobarkan Api Matematika. Sukabumi: CV Jejak

Tanjung, S. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran dan gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Sejarah. Paramita Historical Studies Journal, 25(2), 261-271. https://doi.org/10.15294/paramita.v25i2.5170

Wardhani, N. K., Rasiman, & Wulandari, D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 1-6. https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i1.6902

Witkin, H. A., Moore, C. A., Goodenough, D. R., & Cox, P. W. (1977). Field-Dependent and Field-Independent Cognitive Style and Their Educational Implications. Review of Educational Research , 47(1), 1-64. https://doi.org/10.2307/1169967

Author Biography

Nida Atun Nisa, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Nida Atun Nisa, Sudi Prayitno, Nurul Hikmah, Ketut Sarjana

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).