Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Hasil belajar Matematika Kelas VIII MTs
DOI:
10.29303/jcar.v5i4.5970Published:
2023-12-17Issue:
Vol. 5 No. 4 (2023): NovemberArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kecemasan matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs NW Putra Narmada Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs NW Putra Narmada tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 234 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga terpilih delapan orang siswa dari masing-masing kelas VIII A–VIII I dengan jumlah 72 siswa. Metode pengumpulan data melalui pemberian angket kecemasan matematika dan tes hasil belajar matematika dengan materi pola bilangan, koordinat kartesius, relasi dan fungsi, dan SPLDV. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif dan analisis korelasi rank spearman. Berdasarkan hasil perhitungan analisis korelasi rank spearman didapatkan nilai , yang artinya terdapat pengaruh yang negatif antara kecemasan matematika dengan hasil belajar matematika siswa dengan tingkat hubungan kuat. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kecemasan matematika dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs NW Putra Narmada tahun ajaran 2022/2023.
References
Anggreini, T. (2010). Hubungan antara kecemasan dalam menghadapi mata pelajaran matematika dengan prestasi akademik matematika pada remaja (skripsi tidak dipublikasikan), Universitas Gundarma, Indonesia.
Anita, I. W. (2014). Pengaruh kecemasan matematika (mathematics anxiety) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa SMP. Infinity Journal, 3(1), 125-132. doi: https://doi.org/10.22460/infinity.v3i1.p125-132.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Artama, N. N. N., Siti M. A., & Tatag Y. E. S. (2020). Pengaruh kecemasan matematika terhadap hasil belajar matematika siswa. JPPMS, 4(1), 35-40. doi: https://doi.org/10.26740/jppms.v4n1.p34-40.
Auliya, R. N. (2016). Kecemasan matematika dan pemahaman matematis. Jurnal Formatif, 6(1), 12-22. doi: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i1.748.
Dirgantoro, K. P. S. (2017). Kompetensi Guru Matematika Dalam Mengembangkan Kompetensi Matematis Siswa. Scholaria. 8(2), 157-166. doi: https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i2.p157-166.
Ekawati, A. (2015). Pengaruh kecemasan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 13 Banjarmasin. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 164-169. doi: https://doi.org/10.33654/math.v2i1.26.
Ikhsan, M. (2019). Pengaruh kecemasan matematis terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1-6. doi: https://doi.org/10.36277/defermat.v2i1.28.
Khodijah, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Nurdianti , S. Sripatmi, Syahrul A. & Arjudin. (2022). Hubungan antara kecemasan menghadapi ujian dengan hasil belajar mahasiswa pendidikan matematika. Griya. 2(1), 183-193. doi: https://doi.org/10.29303/griya.v2i1.143.
Nurhayati, E. (2009). Pengaruh Tingkat Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal EduMa, 1(1), 1-15. doi : https://doi.org/10.26714/jkj.5.1.2017.60-67.
Prayitno, S. (2019). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Mataram: Duta Pustaka Ilmu.
Risnawati, R. & Ghufron, M. N. (2014). Apakah Kecemasan Matematika Itu?. STAIN Kediri.
Siregar. (2017) . Metode Penelitian Kuantitatif SPSS. Jakarta : Kencana.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono. (2016). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, H. P. (2016). Analisis hubungan kecemasan, aktivitas, dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar matematika siswa. Beta : Jurnal Tadris Matematika, 9(2), 134-147. doi: 10.20414/BETAJTM.V9I2.10.
Syafri, F. S. (2017). Ada apa dengan kecemasan matematika? Jurnal of mathematics Education IKIP Veteran Semarang. 1(2), 59-65. doi: https://doi.org/10.31949/jme.v4i1.2006.
Tahir, M, R., Rahman U., & Nursalam N. (2015). Pengaruh kecemasan dan kesulitan belajar matematika terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas X MA negeri 1 watampone kabupaten bone. Mapan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 3(1), 86-102. doi: https://doi.org/10.24252/mapan.2015v3n1a8.
Uysal, F, & Dede, Y. (2016). Mathematics anxiety and beliefs of turkish preservice elementary teacher. Eurasia Journal of Mathematics. 12(8), 217-218. doi: 10.12973/eurasia.2016.1418a.
Wicaksana, M. W. J., Baidowi, Kurniawan E, & Muhammad T. (2021). Pengaruh motivasi dan kecemasan belajar matematika terhadap kesadaran metakognisi dan kaitannya dengan hasil belajar matematika. Griya. 1(1), 81-89. doi: https://doi.org/10.29303/griya.v1i1.11.
Winkel, W. S. (2014). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.
Woi, M. F., Yuli P. (2019). Hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika. Teacher in Education Reserch. 1(1), 1-8. doi: http://dx.doi.org/10.33292/ter.v1i1.3.
Author Biography
Dedi Irawan, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2023 Dedi Irawan, Sudi Prayitno, Ulfa Lu’luilmaknun, Harry Soeprianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).