Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Authors

Nurrahmat Rusmana , Baidowi , Junaidi , Laila Hayati

DOI:

10.29303/jcar.v5i4.5971

Published:

2023-12-20

Issue:

Vol. 5 No. 4 (2023): November

Articles

Downloads

How to Cite

Rusmana, N., Baidowi, Junaidi, & Hayati, L. . (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa . Journal of Classroom Action Research, 5(4), 466–471. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5971

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMPN 4 DOMPU Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental design dengan post-test only non-equivalent control group design yang merupakan bentuk dari metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 4 Dompu, teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Sampel dari penelitian ini yaitu siswa kelas VIII (A) sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan kelas VIII (B) sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes hasil belajar siswa (posttest) pada materi bangun ruang sisi datar. Analisis data yang digunakan adalah uji t dan uji effect size. Berdasarkan hasil analisis data nilai posttest menggunakan uji t dimana didapatkan nilai thitung = 3.345 >  ttabel = 2.000 dengan taraf signifikan 5%, sehingga  ditolak dan uji effect size didapat ES =  (Pengaruh Tinggi). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 4 Dompu tahun ajaran 2022/2023.

References

Al Fasha, C., Sarjana, K., & Sridana, N. (2023). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 417-424.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Becker, W. M., L. Kleinsmith and J. Hardin. 2000. The World of the Cell. Ed 4. The Benjamin Publishing Company.

Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembalajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Doyan, A., Gunada, W., & Adriani, I. A. D. (2015). Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dan Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(1). 1-13

Irmayani, N., Sarjana, K., Kurniawan, E., & Sridana, N. (2021). Studi Perbedaan Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Snowball Throwing terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Narmada. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(1), 56-65.

Lubis, N. A., & Harahap, H. (2016). Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Jurnal As-Salam, 1(1), 96-102.

Nasruddin, N., & Abidin, Z. (2017). Meningkatkan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siswa SMP. Journal of Educational Science and Technology, 3(2), 113-121.

Rosyidah, U. (2016). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2).111-124.

Rusdiyawanti, N., Hikmah, N., Azmi, S., & Hayati, L. (2021). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe the power of two terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 3 Mataram. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(2), 232-238.

Setiawati, D., & Ramdani, A. (2023). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) dan Jigsaw Pada Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 141-145.

Sriyati, T. (2018). Peningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Materi Menemukan Makna Tersirat Teks Melalui Membaca Intensif Model Jigsaw Di Sekolah Dasar. Trihayu, 4(3), 420-42.

Sudijono, A. (2015). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sundayana, R. (2016). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Surahman, S., Hayati, L., Luluilmaknun, U., & Subarinah, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Siswa Kelas XI. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1482-1489.

Turmuzi, M. (2016). Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Matematika. Mataram: Universitas Mataram.

Author Biography

Nurrahmat Rusmana, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2023 Nurrahmat Rusmana, Baidowi, Junaidi, Laila Hayati

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).