Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Authors

Miftahul Jannah

DOI:

10.29303/jcar.v5i3.6011

Published:

2023-08-24

Issue:

Vol. 5 No. 3 (2023): Agustus 2023

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif, Student Team Achievement Division, Kemampuan Berpikir Kritis

Articles

Downloads

How to Cite

Jannah, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 247–253. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.6011

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student team achievemnt   division, kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PKN. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment. Dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design untuk menemukan hasil yang ada kemudian disimpulkan sesuai dengan tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini. Penelitian ini dilaksankan di SDN 25 Kota Bima pada kelas V tahun ajaran 2024. Teknik pengumpulan data menggunakan (Instrumen tes, lembar observasi guru, dan lembar obesrvasi belajar siswa). Sedangkan teknik analisis data menggunakan SPSS 24 (uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model kooperatif tipe student team achievement division mempunyai pengaruh yang signifikansi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PKN Kelas V SDN 25 Kota Bima. Hal ini ditunjukan dengan hasil uji paired sample t-test yang memiliki perhitungan nilai Sig (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,046. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dari hasil penelitian tersebut model STAD memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa di SDN 25 Kota Bima khususnya pada mata pelajaran PKN.

References

Ajizah, E., Jamaluddin., & Artayasa, I. P. (2022). Validitas Bahan Ajar IPA Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 121-127.

Baehaqi, M. L. (2020). Cooperative Learning Sebagai Strategi Penanaman Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(1).

Bakhtiar, B., Yusrizal, Y., & Khaldun, I. (2016). Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi titrasi asam basa di kelas XI SMA Negeri 6 Lhokseumawe. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 4(1).

Cahya, S. R. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Di SMP Negeri 1 Balong, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 6(2).

Huda, F. (2017). Penerapan model pembelajaran talking stick dalam upaya peningkatan hasil belajar pokok bahasan pancasila sebagai dasar negara republik Indonesia kelas VI tahun pelajaran 2017/2018. Jurnal PTK dan pendidikan, 3(2).

Imamah, Z., & Muqowim, M. (2020). Pengembangan kreativitas dan berpikir kritis pada anak usia dini melalui metode pembelajaran berbasis STEAM and loose part. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 263-278.

Kusmayadi, M. A., Makki, M., & Syazali, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Keterampilan Berbicara Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 2(1), 255-258.

Maulana, P., & Akbar, A. (2017). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD (student team achievement division) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman di sekolah dasar. Pesona Dasar: Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora, 5(2).

Mulyana, E. (2022). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Pendidikan Ips, 12(1), 24-29.

Nikmatussaidah, N. (2021). Model Pembelajaran Cooperatif Learning Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Literasiologi, 7(2), 556593.

Parawangsa, E., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Hakikat pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar (SD). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8050-8054.

Ramdani, A., Artayasa, I. P., Sulawanti, E. V., & Yustiqvar, M. (2022, December). Analysis of students' self-regulated learning in terms of gender using blended learning-based laboratory inquiry teaching materials. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2600, No. 1). AIP Publishing.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of students' critical thinking skills in terms of gender using science teaching materials based on the 5E learning cycle integrated with local wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.

Sari, D. T., Aula, A. W., Nugraheni, V. A., Dina, Z. K., & Romdhoni, W. (2022, December). Penerapan pembelajaran berbasis masalah pada siswa sd untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 2, No. 1, pp. 82-96).

Setiawan, D. (2021). Peningkatan hasil belajar matematika melalui media pembelajaran segitiga bongkar pasang dengan strategi STAD. Journal of Classroom Action Research, 3(1), 7-14.

Sumarni, E. T., & Mansurdin, M. (2020). Model Kooperative Learning Tipe STAD pada Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1309-1319.

Tambunan, L. (2021). Implementasi Pembelajaran Cooperative Learning dan Locus of Control dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1051-1061.

Widhiastuti, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 3, No. 4, pp. 1388-1393).

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Zain, U. N. I., Affandi, L. H., & Oktaviyanti, I. (2022). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada mata pelajaran IPS. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 71-74.

Author Biography

Miftahul Jannah, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Taman Siswa Bima

License

Copyright (c) 2023 Miftahul Jannah

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).