Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa

Authors

Chausar Al Fasha , Ketut Sarjana , Junaidi , Nyoman Sridana

DOI:

10.29303/jcar.v5i4.6025

Published:

2023-12-17

Issue:

Vol. 5 No. 4 (2023): November

Keywords:

Hasil Belajar, Motivasi , Gaya, Matematika.

Articles

Downloads

How to Cite

Fasha, C. A. ., Sarjana, K. ., Junaidi, & Sridana, N. (2023). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 417–424. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.6025

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh motivasi belajar terhadap hasi belajar matematika ditinjau dari gaya belajar visual, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasi belajar matematika ditinjau dari gaya belajar auditorial, (3) pengaruh motivasi belajar terhadap hasi belajar matematika ditinjau dari gaya belajar kinestetik. Jenis penelitian ini  adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IX  sebanyak 119 siswa . Dengan sampel menggunakan seluruh populasi sejumlah 119 siswa. Instrument dalam penelitian ini menggunakan angket yang berisi 25 pertanyaan dan soal tes yang berisi 4 pertanyaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) terdapat pengaruh  motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari gaya belajar visual siswa kelas IX memberikan pengaruh sebesar 21,3%, (2) terdapat pengaruh  motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari gaya belajar auditorial siswa kelas IX memberikan pengaruh sebesar 41,3%, dan (3) terdapat pengaruh  motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari gaya belajar kinestetik siswa kelas IX memberikan pengaruh sebesar 51,3%. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa ditinjau dari gaya belajar siswa kelas IX

References

Agustina , I., & Astuti, D. (2016).Upaya meningkatkan motivasi belajar dan pemahan konsep IPA peserta didik dengan model pembelajaran problem posing. 3(80),39-44

Dewi, Y.M., Sarjana, K., Junaidi. Azmi, S. (2021). Pengaruh minat dan motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 11 Mataram. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(3),412-420. https://doi.org/10.29303/griya.v1i3.77

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93–196. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Erfin., Husniati., Khair. B. N., & Syazali, M. (2023). Identifikasi Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar IPA pada Peserta Didik. Jurnal Of Classroom Action Research. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.3338

Giriansyah, F.E., & Pujiastuti, H. (2021). Pengaruh Kecemasan Matematis dan Motivasi terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM ( Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 307-318. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9938

Jex, S. M. dan T. W. Britt. 2014. Organizational psycology: A Scientist Practitioner Approach: John Wiley &Sons.

Kemendikbud. (2014). Konsep Dan Implementasi Kurikulum 2013. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan: Jakarta.

Kusuma. (2020). Mengejar Bahasa Inggris Dengan Teknologi. Yogyakarta : DEEPUBLISH.

Lestari G. P., Hayati. L., Kurniawan. E., Amrullah. (2022). Pengaruh kepercayaan diri dan gaya belajar trhadap hasil belajar matematika. Griya journal of mathematic Education and Application, 2(3), 748-756 https://doi.org/10.29303/griya.v2i3.218

Mukti, N., Sridana. N., Triutami. W. T., Sarajana K. (2022). Pengaruh Kecemasan Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 7(4), 2324-2332. 10.29303/jipp.v7i4.973

Mulya, G., & Lengkana, A. S. (2020). "Pengaruh Kepercayaan Diri, Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani". Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 12(2), 83–94. https://doi.org/10.26858/cjpko.v12i2.13781.

Mufidah, L.L.N. (2017). Memahami Gaya belajar Untuk Meningkatkan Potensi Anak. Jurnal Perempuan dan Anak, 1(2), 245-260. https://doi.org/10.21274/martabat.2017.1.2.245-260

Rahmayanti, B., F., Muntari., Andayani, Y. (2023). Validasi E-Modul IPA Berbasis Socio-Scientific Issue (SSI) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Of Classroom Action Research. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.461

Safitri, E. L., Prayitno, S., Hayati, L., & Hanapi. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari gaya belajar siswa. Griya journal of mathematic Education and Application, 1(3), 348-358. https://doi.org/10.29303/griya.v1i3.80

Santoso, E. (2021). Kecemasan Matematis : What and How? Indonesian Journal Of Education and Humanity, 1(1), 1- 8. http://ijoehm.rcipublisher.org/index.php/ijoehm/article/view/1

Sen, S., A. Yilmaz, dan H. Yurdagul. 2014. " An Evaluation of the Pattern between Students Motivations, Learning Strategies and Their Epistemological Beliefs: The Mediator Role of Motivation." Science Educations International. Vol. 25, No. 3, hlm: 312 - 331.

Silitoga. (2020). Peningkatan Kinerja SDM melalui Motivasi, Kepemimpinan, Komitmen, dan Lingkungan Kerja. Penebar Media Pustaka: Yogyakarta.

Siregar. (2020). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Soleha . (2010). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan MIPA, 1(1),24-39.https://jurnal.um-palembang.ac.id/kognisi/article/view/122/95

Sripatmi, S., Baidowi, B., & Fitriani, F. (2019). Pengaruh Motivasi dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMAN 1 Jonggat. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 1(2), 104–112. https://doi.org/10.29303/jm.v1i2.1428

Subini, N. 2011. Rahasia Gaya Belajar Orang Besar . Yogyakarta : Javalitera

Sugiarto, T. (2020). E-Learning Berbasis Schoology Tingkatkan Hasil Belajar Fisika. Klaten : CV. Mine.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhendri, H. (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Manajemen. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 5(1), 440-448.

Syardiansah. (2016). Hubungan Motivasi Belajar dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Manajemen. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 5(1), 440-448. https://ejurnalunsam.id/index.php/jmk/article/view/50

Tyaningsih, R. Y., Hayati, L., Sarjana, K., Sridana, N., Prayitno, S. 2022). Penerapan metode gamifikasi dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah geometri analitik bidang melalui aplikasi Kahoot. Jurnal Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 317-326. https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.202

Widayanti, F. D. (2013). Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Peserta didik Dalam Kegiatan Pembelajaran di Kelas. Erudio, 2(1), 7-20. ISSN: 2302-9021.

Wiedarti, P. (2018). Pentingnya Memahami Gaya Belajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Winata. (2021). Konsentrasi dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 24. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1062

Zamsir. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 1 Lawa. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 170-181. https//doi.org/10.36709/jpm.v6i2.2070

License

Copyright (c) 2023 Chausar Al Fasha, Ketut Sarjana, Junaidi, Nyoman Sridana

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).