Rekonstruksi Etnosains Tradisi Pedak Api Masyarakat Narmada Dalam Pembelajaran Biologi

Authors

DOI:

10.29303/jcar.v6i2.6366

Published:

2023-02-24

Issue:

Vol. 6 No. 1 (2024): Februari

Keywords:

Etnosains, Pedak Api, Pembelajaran Biologi.

Articles

Downloads

How to Cite

Arifin, A. A., Andayani, Y., & Sedijani, P. (2023). Rekonstruksi Etnosains Tradisi Pedak Api Masyarakat Narmada Dalam Pembelajaran Biologi. Journal of Classroom Action Research, 6(1), 241–250. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i2.6366

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Tradisi Pedak Api merupakan salah satu etnosains yang memiliki nilai kearifan lokal yang kaya akan sumber pengetahuan sains tradisional, yang dapat diintegrasikan dalam proses pembelajaran. Integrasi pengetahuan sains tradisional ini ke dalam kegiatan pembelajaran Biologi belum banyak dilaporkan. Salah satu alasan belum banyaknya pemanfaatan sains dalam masyarakat pada pembelajaran adalah kesulitan guru dalam mengidentifikasi konsep-konsep Biologi dari pengetahuan asli masyarakat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merekonstruksi konsep-konsep Biologi yang berasal dari pengetahuan asli dalam tradisi Pedaq Api masyarakat Narmada. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif mengenai pengetahuan asli tradisi Pedaq Api yang dilakukan di wilayah Desa Selat, Narmada, Lombok Barat. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep-konsep Biologi yang diidentifikasi dalam tradisi Pedaq Api mencakup konsep perpindahan panas dari lingkungan ke tubuh bayi secara radiasi, yang diatur oleh system pengatur suhu tubuh (hypothalamus) yang terkait dengan konsep homeostasis pada mekanisme termoregulasi tubuh, kemudian konsep vasokonstriksi dan vasodilatasi pembuluh darah, serta pemanfaatan aromatik tumbuhan sebagai obat tradisional. Hasil dari penelitian ini akan berkontribusi pada pengembangan bahan ajar bagi sekolah dalam pembelajaran Biologi, dan sebagai upaya untuk melestarikan tradisi Pedaq Api.

References

Andayani, Y., Burhanuddin, B., Hakim, A., & Loka, I. N. (2021). Chemical Content in The Sembeq Traditional Rituals of The Lombok Community. Jurnal Pijar Mipa, 16(4), 531-534.

DOI: https://doi.org/10.29303/jpm.v16i4.2798

Adawiyah, R., Andayani, Y., & Savalas, L. R. T. (2022). Pengembangan modul kimia etnosains terintegrasimodel culturally responsive transformative teaching (CRTT). Journal of Classroom Action Research, 4(4), 123–128.

https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2395

Alam, B., Akter, F., Parvin, N., Pia, R.S., Akter, S., Chowdhury, J., Jahan, K.S.E., & Haque, E. (2013). Antioxidant, Analgesic and Anti Inflam-Matory Activities of The Methanolic Extract of Piper betle Leaves. Avicenna Journal of Phytomedicine, 3(2), 112-125.

Abrahim, N. N., Kanthimathi, M. S., & Abdul-Aziz, A. (2012). Piper Betle Shows Antioxidant Activities, Inhibits MCF-7 Cell Proliferation and Increases Activities of Catalase and Superoxide Dismutase. BMC Complementary and Alternative Medicine, 12(1), 1-11.

DOI: https://doi.org/10.1186/1472-6882-12-220

Anthikat, R.R.N., Michael, A., Kinsalin, V.A., & Ignacimuthu, S. (2014). Antifungal Activity of Areca Catechu L. International Journal of Pharmaceutical and Clinical Science, 4(1): 1-3.

https://www.semanticscholar.org/paper/Antifungal-Activity-of-Areca-catechu-L-Anthikat

Bhandare, A., Kshirsagar, A., Vyawahare, N., Sharma, P., & Mohite, R. (2011). Evaluation Of Anti-Migraine Potential of Areca Catechu to Prevent Nitroglycerin-Induced Delayed Inflammation in Rat Meninges: Possible Involvement of NOS Inhibition. Journal of Ethnopharmacology, 136 (1), 267-270.

DOI: https://doi.org/10.1016/j.jep.2011.04.039

Bisri, D. Y., Oetoro, B., Harahap, S., & Saleh, S. C. (2012). Hipotermia Untuk Proteksi Otak (Hypothermia for Brain Protection). Jurnal Neuroanestesia Indonesia, 1(4), 1-13.

DOI: https://doi.org/10.24244/jni.vol1i4.197

BPOM. (2020). Pedoman Penggunaan Herbal Dan Suplemen Kesehatan Dalam Menghadapi COVID-19 di Indonesia. Jakarta: BPOM RI.

Dwipayana, P. A. P., Redhana, I. W., & Juniartina, P. P. (2020). Analisis kebutuhan pengembangan multimedia interaktif berbasis konteks budaya lokal untuk pembelajaran IPA SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(1), 49-60.

DOI: https://doi.org/10.23887/jppsi.v3i1.24628

Handayani, A. A. A. T., Andayani, Y., & Anwar, Y. A. S. (2022). Pengembangan LKPD IPA SMP berbasis etnosains terintegrasi culturally responsive transformative teaching (CRTT). Journal of Classroom Action Research, 4(4), 131-135. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2396

Hossain, M.F., Anwar, M., Akhtar, S., & Numan, S.M. (2017). Uses Impact of Betel Leaf (Piper betle L.) on Public Health. Science Journal of Public Health, 5(6): 408-410.

DOI:https://doi.org/10.11648/j.sjph.20170506.11

Hasrianda, E. F., & Setiarto, R. H. B. (2022). Potensi Rekayasa Genetik Bawang Putih terhadap Kandungan Senyawa Komponen Bioaktif Allicin dan Kajian Sifat Fungsionalnya. Jurnal Pangan, 31(2), 167-190.

DOI: https://doi.org/10.33964/jp.v31i2.586

Ilhami, A. (2023). TPACK dalam Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal (Teori & Praktik). CV Jejak (Jejak Publisher).

Kemendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014: Struktur Kurikulum 2013 Peminatan MIPA Biologi minat SMA. KEMENDIKBUD RI.

John, R. Speakman. (2018). Obesity and Thermoregulation. Handbook of Clinical Neurology, 156, 431-443.

https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/B9780444639127000266

Lee, K.P., Sudjarwo, G.W., Kim, J.S., Dirgantara, S., Maeng, W.J., & Hong, H. (2014). The Anti-Inflammatory Effect of Indonesian Areca Catechu Leaf Extract In Vitro and In Vivo. Nutrition Research and Practice, 8(3): 267-271.

DOI: https://doi.org/10.4162/nrp.2014.8.3.267

Makopo, S., Yeoh, T.W., Ruslam, F.A.C., Arifin, K.T., & Yusof, Y.A.M. (2013). Comparative Effect of Piper betle, Chlorella vulgaris and Tocotrienol-Rich Fraction on Antioxidant Enzymes Activity in Cellular Ageing of Human Diploid Fibroblasts. BMC Complementary and Alternative Medicine, 13, 101-110.

DOI:https://doi.org/10.1186/1472-6882-13-210

Muchtaromah, B., Annisa, R., & Sofiya, S. (2019). Pengaruh Poliherbal Ekstrak Jeringau, Temu Mangga Dan Bawang Putih Pada Fungsi Hepar Tikus (Rattus norwegicus). BIOSEL (Biology Science and Education): Jurnal Penelitian Science dan Pendidikan, 8(1), 71-81.

DOI: http://dx.doi.org/10.33477/bs.v8i1.848

Nurkayatun, D. (2022). Analisa Praktik Klinik Keperawatan pada Bayi dengan Intervensi Inovasi Pemberian Kangaroo Mother Care (KMC) Terhadap Status Termogulasi pada Bayi dengan Berat Badan Lahir Rendah di Ruang NICU RSUD Taman Husada Bontang. Universitas Muhammadiyah Kaltim.

https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/3278

Nadhifatuzzahro, D. (2019). Kelayakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Etnosains pada Tema Jamu untuk Melatihkan Literasi Sains Siswa. Pensa: Pendidikan Sains, 7(2), 225-234.

https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa

Novitasari, L., Agustina, P. A., Sukesti, R., Nazri, M. F., & Handhika, J. (2017). Fisika, Etnosains, dan Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Pendidikan Fisika III, 81-88.

http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/snpf

Parmin. (2017). Ethnosains. Semarang: Swadaya Manunggal.

Puspasari, A., Susilowati, I., Kurniawati, L., Utami, R. R., Gunawan, I., & Sayekti, I. C. (2019). Implementasi Etnosains dalam Pembelajaran IPA di SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari Surakarta. Science Education Journal, 3(1), 25-31.

DOI: https://doi.org/10.21070/sej.v3i1.2426

Puspita, D. A. D. D., Fauziah, H., Khaerunisah, K., Hikmawati, H., Sihotang, H. K. B., & Rokhmat, J. (2022). Identifikasi Etnosains Yang Memiliki Potensi Untuk Diintegrasikan Dalam Pembelajaran IPA: Indonesia. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika Indonesia, 4(2). 1-7.

DOI: https://doi.org/10.29303/jppfi.v4i2.188

Putri, D. A. H., Asrizal, A., & Usmeldi, U. (2022). Pengaruh Integrasi Etnosains Dalam Pembelajaran Sains Terhadap Hasil Belajar: Meta Analisis. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(1), 103-108.

DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v8i1.7600

Rahayu, W. E., & Sudarmin, S. (2015). Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Etnosains Tema Energi Dalam Kehidupan Untuk Menanamkan Jiwa Konservasi Siswa. Unnes Science Education Journal, 4(2), 920-926.

DOI: https://doi.org/ 10.15294/USEJ.V4I2.7943

Sherwood, L. (2011). Fisiologi Manusia dari Sel ke Sistem Edisi 2. Jakarta: EGC.

Sirtufillaily, A., & Tahir, M. (2024). An Article Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Etnopedagogi Suku Sasak pada Materi IPAS Bab 5 Kelas IV. Journal of Classroom Action Research, 6(1), 140-146.

https://doi.org/10.29303/jcar.v6i1.6918

Stanojevic, J. S., Stanojevic, L. P., Cvetkovic, D. J., & Danilovic, B. R. (2015). Chemical Composition, Antioxidant and Antimicrobial Activity of The Turmeric Essential Oil (Curcuma longa L.). Advanced technologies, 4(2), 19-25.

https://scindeks.ceon.rs/Article.aspx?artid=2406-29791502019S

Sari, E., Triana, L., & Suwandi, E. (2022). Daya Hambat Air Perasan Rimpang Jeringau Merah dan Rimpang Jeringau Putih Terhadap Pertumbuhan Bakteri Staphylococcus aureus Metode Difusi. Jurnal Kesehatan, 13(2), 279-288.

DOI: https://doi.org/10.26630/jk.v13i2.3081

Suprihatin, T., Rahayu, S., Rifa'i, M., & Widyarti, S. (2020). Senyawa Pada Serbuk Rimpang Kunyit (Curcuma longa L.) yang Berpotensi Sebagai Antioksidan. Buletin Anatomi Dan Fisiologi, 5(1), 35-42.

DOI: https://doi.org/10.14710/baf.5.1.2020.35-42

Sudarmin, S., Mastur, Z., & Parmin, P. (2014). Merekontruksi Pengetahuan Sains Ilmiah Berbasis Budaya dan Kearifan Lokal di Kepulauan Karimunjawa Sebagai Wahana Menumbuhkan Soft Skill Konservasi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 31(1), 55-62.

DOI: https://doi.org/10.15294/jpp.v31i1.5687

Suhardi., Yasri, H., & Mursip. (2010). “Upacara Daur Hidup Suku Sasak”. Mataram: Pustaka Widya.

Yanti, F. A., Andaria, M., Rosa, F. O., & Sarah, S. (2022). Pemetaan Potensi Lokal Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu untuk Pembelajaran IPA (SMP/MTs). Jurnal Pendidikan MIPA, 12(1), 80-84.

DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v12i1.548

Zuhriah, N. A., & Warto, T. S. P. (2019). Eksistensi Sufisme Dalam Tradisi PedakApi Di Lombok. Jurnal Humanika, 26(2), 119-128.

https://ejournal.undip.ac.id/index.php/humanika

Author Biographies

Ahmad Aris Arifin, Universitas Mataram

Yayuk Andayani, Universitas Mataram

Prapti Sedijani, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Ahmad Aris Arifin, Yayuk Andayani, Prapti Sedijani

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).