Rekonstruksi Etnosains Tradisi Pedak Api Masyarakat Narmada Dalam Pembelajaran Biologi
DOI:
10.29303/jcar.v6i2.6366Published:
2023-02-24Issue:
Vol. 6 No. 1 (2024): FebruariKeywords:
Etnosains, Pedak Api, Pembelajaran Biologi.Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Tradisi Pedak Api merupakan salah satu etnosains yang memiliki nilai kearifan lokal yang kaya akan sumber pengetahuan sains tradisional, yang dapat diintegrasikan dalam proses pembelajaran. Integrasi pengetahuan sains tradisional ini ke dalam kegiatan pembelajaran Biologi belum banyak dilaporkan. Salah satu alasan belum banyaknya pemanfaatan sains dalam masyarakat pada pembelajaran adalah kesulitan guru dalam mengidentifikasi konsep-konsep Biologi dari pengetahuan asli masyarakat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merekonstruksi konsep-konsep Biologi yang berasal dari pengetahuan asli dalam tradisi Pedaq Api masyarakat Narmada. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif mengenai pengetahuan asli tradisi Pedaq Api yang dilakukan di wilayah Desa Selat, Narmada, Lombok Barat. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep-konsep Biologi yang diidentifikasi dalam tradisi Pedaq Api mencakup konsep perpindahan panas dari lingkungan ke tubuh bayi secara radiasi, yang diatur oleh system pengatur suhu tubuh (hypothalamus) yang terkait dengan konsep homeostasis pada mekanisme termoregulasi tubuh, kemudian konsep vasokonstriksi dan vasodilatasi pembuluh darah, serta pemanfaatan aromatik tumbuhan sebagai obat tradisional. Hasil dari penelitian ini akan berkontribusi pada pengembangan bahan ajar bagi sekolah dalam pembelajaran Biologi, dan sebagai upaya untuk melestarikan tradisi Pedaq Api.
References
Andayani, Y., Burhanuddin, B., Hakim, A., & Loka, I. N. (2021). Chemical Content in The Sembeq Traditional Rituals of The Lombok Community. Jurnal Pijar Mipa, 16(4), 531-534.
DOI: https://doi.org/10.29303/jpm.v16i4.2798
Adawiyah, R., Andayani, Y., & Savalas, L. R. T. (2022). Pengembangan modul kimia etnosains terintegrasimodel culturally responsive transformative teaching (CRTT). Journal of Classroom Action Research, 4(4), 123–128.
https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2395
Alam, B., Akter, F., Parvin, N., Pia, R.S., Akter, S., Chowdhury, J., Jahan, K.S.E., & Haque, E. (2013). Antioxidant, Analgesic and Anti Inflam-Matory Activities of The Methanolic Extract of Piper betle Leaves. Avicenna Journal of Phytomedicine, 3(2), 112-125.
Abrahim, N. N., Kanthimathi, M. S., & Abdul-Aziz, A. (2012). Piper Betle Shows Antioxidant Activities, Inhibits MCF-7 Cell Proliferation and Increases Activities of Catalase and Superoxide Dismutase. BMC Complementary and Alternative Medicine, 12(1), 1-11.
DOI: https://doi.org/10.1186/1472-6882-12-220
Anthikat, R.R.N., Michael, A., Kinsalin, V.A., & Ignacimuthu, S. (2014). Antifungal Activity of Areca Catechu L. International Journal of Pharmaceutical and Clinical Science, 4(1): 1-3.
https://www.semanticscholar.org/paper/Antifungal-Activity-of-Areca-catechu-L-Anthikat
Bhandare, A., Kshirsagar, A., Vyawahare, N., Sharma, P., & Mohite, R. (2011). Evaluation Of Anti-Migraine Potential of Areca Catechu to Prevent Nitroglycerin-Induced Delayed Inflammation in Rat Meninges: Possible Involvement of NOS Inhibition. Journal of Ethnopharmacology, 136 (1), 267-270.
DOI: https://doi.org/10.1016/j.jep.2011.04.039
Bisri, D. Y., Oetoro, B., Harahap, S., & Saleh, S. C. (2012). Hipotermia Untuk Proteksi Otak (Hypothermia for Brain Protection). Jurnal Neuroanestesia Indonesia, 1(4), 1-13.
DOI: https://doi.org/10.24244/jni.vol1i4.197
BPOM. (2020). Pedoman Penggunaan Herbal Dan Suplemen Kesehatan Dalam Menghadapi COVID-19 di Indonesia. Jakarta: BPOM RI.
Dwipayana, P. A. P., Redhana, I. W., & Juniartina, P. P. (2020). Analisis kebutuhan pengembangan multimedia interaktif berbasis konteks budaya lokal untuk pembelajaran IPA SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(1), 49-60.
DOI: https://doi.org/10.23887/jppsi.v3i1.24628
Handayani, A. A. A. T., Andayani, Y., & Anwar, Y. A. S. (2022). Pengembangan LKPD IPA SMP berbasis etnosains terintegrasi culturally responsive transformative teaching (CRTT). Journal of Classroom Action Research, 4(4), 131-135. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2396
Hossain, M.F., Anwar, M., Akhtar, S., & Numan, S.M. (2017). Uses Impact of Betel Leaf (Piper betle L.) on Public Health. Science Journal of Public Health, 5(6): 408-410.
DOI:https://doi.org/10.11648/j.sjph.20170506.11
Hasrianda, E. F., & Setiarto, R. H. B. (2022). Potensi Rekayasa Genetik Bawang Putih terhadap Kandungan Senyawa Komponen Bioaktif Allicin dan Kajian Sifat Fungsionalnya. Jurnal Pangan, 31(2), 167-190.
DOI: https://doi.org/10.33964/jp.v31i2.586
Ilhami, A. (2023). TPACK dalam Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal (Teori & Praktik). CV Jejak (Jejak Publisher).
Kemendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014: Struktur Kurikulum 2013 Peminatan MIPA Biologi minat SMA. KEMENDIKBUD RI.
John, R. Speakman. (2018). Obesity and Thermoregulation. Handbook of Clinical Neurology, 156, 431-443.
https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/B9780444639127000266
Lee, K.P., Sudjarwo, G.W., Kim, J.S., Dirgantara, S., Maeng, W.J., & Hong, H. (2014). The Anti-Inflammatory Effect of Indonesian Areca Catechu Leaf Extract In Vitro and In Vivo. Nutrition Research and Practice, 8(3): 267-271.
DOI: https://doi.org/10.4162/nrp.2014.8.3.267
Makopo, S., Yeoh, T.W., Ruslam, F.A.C., Arifin, K.T., & Yusof, Y.A.M. (2013). Comparative Effect of Piper betle, Chlorella vulgaris and Tocotrienol-Rich Fraction on Antioxidant Enzymes Activity in Cellular Ageing of Human Diploid Fibroblasts. BMC Complementary and Alternative Medicine, 13, 101-110.
DOI:https://doi.org/10.1186/1472-6882-13-210
Muchtaromah, B., Annisa, R., & Sofiya, S. (2019). Pengaruh Poliherbal Ekstrak Jeringau, Temu Mangga Dan Bawang Putih Pada Fungsi Hepar Tikus (Rattus norwegicus). BIOSEL (Biology Science and Education): Jurnal Penelitian Science dan Pendidikan, 8(1), 71-81.
DOI: http://dx.doi.org/10.33477/bs.v8i1.848
Nurkayatun, D. (2022). Analisa Praktik Klinik Keperawatan pada Bayi dengan Intervensi Inovasi Pemberian Kangaroo Mother Care (KMC) Terhadap Status Termogulasi pada Bayi dengan Berat Badan Lahir Rendah di Ruang NICU RSUD Taman Husada Bontang. Universitas Muhammadiyah Kaltim.
https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/3278
Nadhifatuzzahro, D. (2019). Kelayakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Etnosains pada Tema Jamu untuk Melatihkan Literasi Sains Siswa. Pensa: Pendidikan Sains, 7(2), 225-234.
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa
Novitasari, L., Agustina, P. A., Sukesti, R., Nazri, M. F., & Handhika, J. (2017). Fisika, Etnosains, dan Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Pendidikan Fisika III, 81-88.
http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/snpf
Parmin. (2017). Ethnosains. Semarang: Swadaya Manunggal.
Puspasari, A., Susilowati, I., Kurniawati, L., Utami, R. R., Gunawan, I., & Sayekti, I. C. (2019). Implementasi Etnosains dalam Pembelajaran IPA di SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari Surakarta. Science Education Journal, 3(1), 25-31.
DOI: https://doi.org/10.21070/sej.v3i1.2426
Puspita, D. A. D. D., Fauziah, H., Khaerunisah, K., Hikmawati, H., Sihotang, H. K. B., & Rokhmat, J. (2022). Identifikasi Etnosains Yang Memiliki Potensi Untuk Diintegrasikan Dalam Pembelajaran IPA: Indonesia. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika Indonesia, 4(2). 1-7.
DOI: https://doi.org/10.29303/jppfi.v4i2.188
Putri, D. A. H., Asrizal, A., & Usmeldi, U. (2022). Pengaruh Integrasi Etnosains Dalam Pembelajaran Sains Terhadap Hasil Belajar: Meta Analisis. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(1), 103-108.
DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v8i1.7600
Rahayu, W. E., & Sudarmin, S. (2015). Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Etnosains Tema Energi Dalam Kehidupan Untuk Menanamkan Jiwa Konservasi Siswa. Unnes Science Education Journal, 4(2), 920-926.
DOI: https://doi.org/ 10.15294/USEJ.V4I2.7943
Sherwood, L. (2011). Fisiologi Manusia dari Sel ke Sistem Edisi 2. Jakarta: EGC.
Sirtufillaily, A., & Tahir, M. (2024). An Article Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Etnopedagogi Suku Sasak pada Materi IPAS Bab 5 Kelas IV. Journal of Classroom Action Research, 6(1), 140-146.
https://doi.org/10.29303/jcar.v6i1.6918
Stanojevic, J. S., Stanojevic, L. P., Cvetkovic, D. J., & Danilovic, B. R. (2015). Chemical Composition, Antioxidant and Antimicrobial Activity of The Turmeric Essential Oil (Curcuma longa L.). Advanced technologies, 4(2), 19-25.
https://scindeks.ceon.rs/Article.aspx?artid=2406-29791502019S
Sari, E., Triana, L., & Suwandi, E. (2022). Daya Hambat Air Perasan Rimpang Jeringau Merah dan Rimpang Jeringau Putih Terhadap Pertumbuhan Bakteri Staphylococcus aureus Metode Difusi. Jurnal Kesehatan, 13(2), 279-288.
DOI: https://doi.org/10.26630/jk.v13i2.3081
Suprihatin, T., Rahayu, S., Rifa'i, M., & Widyarti, S. (2020). Senyawa Pada Serbuk Rimpang Kunyit (Curcuma longa L.) yang Berpotensi Sebagai Antioksidan. Buletin Anatomi Dan Fisiologi, 5(1), 35-42.
DOI: https://doi.org/10.14710/baf.5.1.2020.35-42
Sudarmin, S., Mastur, Z., & Parmin, P. (2014). Merekontruksi Pengetahuan Sains Ilmiah Berbasis Budaya dan Kearifan Lokal di Kepulauan Karimunjawa Sebagai Wahana Menumbuhkan Soft Skill Konservasi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 31(1), 55-62.
DOI: https://doi.org/10.15294/jpp.v31i1.5687
Suhardi., Yasri, H., & Mursip. (2010). “Upacara Daur Hidup Suku Sasak”. Mataram: Pustaka Widya.
Yanti, F. A., Andaria, M., Rosa, F. O., & Sarah, S. (2022). Pemetaan Potensi Lokal Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu untuk Pembelajaran IPA (SMP/MTs). Jurnal Pendidikan MIPA, 12(1), 80-84.
DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v12i1.548
Zuhriah, N. A., & Warto, T. S. P. (2019). Eksistensi Sufisme Dalam Tradisi PedakApi Di Lombok. Jurnal Humanika, 26(2), 119-128.
Author Biographies
Ahmad Aris Arifin, Universitas Mataram
Yayuk Andayani, Universitas Mataram
Prapti Sedijani, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2024 Ahmad Aris Arifin, Yayuk Andayani, Prapti Sedijani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).