Efektivitas Penggunaan Dwibahasa dalam Proses Pembelajaran Matematika

Authors

Ni Ketut Sulastri

DOI:

10.29303/jcar.v3i1.648

Published:

2021-02-26

Issue:

Vol. 3 No. 1 (2021)

Keywords:

Efektifitas, Dwibahasa, Matematika

Articles

Downloads

How to Cite

Sulastri, N. K. (2021). Efektivitas Penggunaan Dwibahasa dalam Proses Pembelajaran Matematika. Journal of Classroom Action Research, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.29303/jcar.v3i1.648

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Kajian proses pembelajaran dengan menggunakan Dwibahasa sangat menarik untuk diteliti karena dalam kajiannya melibatkan semua aspek-aspek pembelajaran termasuk penggunaan bahasa pengantar. Dalam berintraksi antara guru dengan anak didik, bahasa pengantar yang merupakan salah satu penomena yang sangat menarik untuk diteliti.penggunaan Dwibahasa, Bahasa Sasak Bahasa Indonesia di kelas 1 SD Negeri 1 Sandik, juga merupakan penomena yang menarik untuk diteliti. Secara oprasional penelitian ini untuk menemukan sejauhmana Efektivitas penggunaan Dwibahasa, Bahasa Sasak Bahasa Indonsia dalam proses Pembelajaran Matematika di kelas 1 SD Negeri 1 Sandik. Untuk memperoleh data-data yang akurat pada penelitian menggunakan metode wawancaea dan metode post test. Berdasarkan data pada bab sebelumnya dapat disimpulkan bahwa efektivitas penggunaan dwibahasa dalam proses pembelajaran Matematika di kelas 1 SD Negeri 1 Sandik telah memenuhi indikator ketuntasan dimana kualitasnya baik melampaui 85% yaitu 90,62% maka perbaikan pembelajaran ini dinyatakan tuntas dan hipotesis tindakan dinyatakan diterima yaitu sangat efektif penggunaan Dwibahasa dalam proses pembelajaran Matematika di kelas 1 SD Negeri 1 Sandik

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Gafur, A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPA Terpadu Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sano Nggoang Manggarai Barat Tahun Pelajaran 2017/2018. Jisip, 2(1), 144–161.

Junaidi, J. (2018). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Nurjanah, & Marlianingsih, N. (2015). Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Dari Aspek Kebahasaan. Faktor Jurnal Ilmu Kependidikan, 2(1), 69–78.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Umarella, S., Saimima, M. S., & Husein, S. (2018). Urgensi Media Dalam Proses Pembelajaran. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 237. https://doi.org/10.33477/alt.v3i2.605

Wardani, I., & Solikah, U. N. (2017). Strategi Pemasaran Keripik Belut Di Industri Rumah Tangga Sari Roso Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo. AGRONOMIKA, 12(1).

Author Biography

Ni Ketut Sulastri, Sekolah Dasar Negeri 1 Sandik

License

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).