Pemanfaatan Multimedia dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran IPA tentang Sruktur Tanah
DOI:
10.29303/jcar.v3i1.649Published:
2021-02-27Issue:
Vol. 3 No. 1 (2021)Keywords:
Multimedia, Efektivitas Pembelajaran, Struktur tanah, Pembelajaran IPAArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan Multimedia dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran IPA tentang sruktur tanah di Kelas V SDN 2 Bajur Tahun 2017-2018. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas dengan langkah-langkah siklus: perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dengan mendesain pembelajaran melalui internet sebagai sumber belajar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa; (2) Jika guru dapat melaksanakan semua desain pembelajaran yang telah dirancang dengan baik, maka akan berdampak pada peningkatan  prestasi belajar siswa; (3) Pembelajaran melalui internet juga sebagai sarana hiburan, sehingga akan menjadi menyenangkan, karena anak kembali ke   dunianya; (4) Pembelajaran Melalui internet, mengandung prinsip learning by doing (belajar sambil melakukan sesuatu), trial and refinemen (belajar sambil mengulang-ulang dan berusaha untuk memperbaiki.References
Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095
Nandi, N. (2016). Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Geografi Di Persekolahan. Jurnal Geografi Gea, 6(2). https://doi.org/10.17509/gea.v6i2.1741
Suhirman, S. (2018). Pengelolaan Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 2(1), 159. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v2i1.1513
Supriadi, S. (2017). Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran. Lantanida Journal, 3(2), 127. https://doi.org/10.22373/lj.v3i2.1654
Usman, A. S. (2014). Meningkatan Mutu Pendidikan Melalui Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Ilmiah Didaktika, 15(1), 13. https://doi.org/10.22373/jid.v15i1.554
Yurnalis. (2016). Motivasi belajar sebuah strategi mengungkap potensi kecerdasan intelegensi dan emosi. Jurnal Risalah, 27(1), 46–55.
Author Biography
Pranoto Pranoto, Sekolah Dasar Negeri Negeri 2 Bajur, Kabupaten Lombok Barat, NTB
License
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).