Penerapan Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa dan Kemampuan Guru IPA dalam Menerapkan Metode Experimen

Authors

Junaedi Junaedi

DOI:

10.29303/jcar.v3i1.650

Published:

2021-02-27

Issue:

Vol. 3 No. 1 (2021)

Keywords:

Supervisi Klinis, Aktivitas Siswa, Kemampuan Guru, Metode Experimen

Articles

Downloads

How to Cite

Junaedi, J. (2021). Penerapan Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa dan Kemampuan Guru IPA dalam Menerapkan Metode Experimen. Journal of Classroom Action Research, 3(1), 21–29. https://doi.org/10.29303/jcar.v3i1.650

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Tujuan penelitian tindakan sekolah (PTS) ini adalah untuk untuk meningkatkan kemampuan guru IPA kelas VII dalam menggunakan metode experimen dengan menerapkan supervisi klinis di SMP Negeri 1 Gerung Tahun Pelajaran 2018/2019.  Subyek penelitian ini adalah guru IPA kelas VII SMP Negeri 1 Gerung. Penelitian dilakukan melalui penerapan supervisi klinis kepala sekolah sebagai upaya peningkatan aktivitas siswa dan kemampuan guru IPA dalam menggunakan metode experiment di SMP Negeri 1 Gerung. Penelitian dilakukan dengan 2 siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian  menunjukkan adanya peningkatan kemampuan guru IPA kelas VII dalam menerapkan  metode experimen,  pada saat penelitian dilakukan pada siklus 1 nilai rata rata mencapai 51,78 % dengan kwalifikasi cukup dan meningkat pada siklus 2 menjadi 80,56%  dengan kwalifikasi amat baik

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Ilyass, M., & Syahid, A. (2018). Pentingnya Metodologi Pembelajaran Bagi Guru. Jurnal Al-Aulia, 04(01), 58–85.

Musa, M. I. (2016). Pengembangan Kompetensi Guru Terhadap Pelaksanaan Tugas Dalam Mewujudkan Tenaga Guru Yang Profesional. Jurnal Pesona Dasar, 2(4), 8–27.

Nurhaidah. (2014). Kompetensi Guru, Sumber Daya, Berkualitas. Jurnal Pesona Dasar, 2(3), 13–26.

Siregar, Y. (2013). Kompetensi Guru Dalam Bidang Strategi. Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1), 39–48.

Sopian, A. (2016). Tugas, Peran, Dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97. https://doi.org/10.48094/raudhah.v1i1.10

Sulthon, S. (2017). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan bagi Siswa MI. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1969

Teni, N. (2018). Kata Kunci :Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 03(01), 171.

Tias, I. W. U. (2017). Penerapan Model Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(1), 50–60. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i1.13060

Tyagita, B. P. A., & Iriani, A. (2018). Strategi Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 165–176. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i2.p165-176

Author Biography

Junaedi Junaedi, Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Gerung, Kabupaten Lombok Barat, NTB

License

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).