Pengaruh Model Project Based Learning Terintegrasi Biopreneurship Terhadap Penguasaan Konsep dan Kreativitas Siswa

Authors

Arisya Widyadhari , A. Wahab Jufri , Jamaluddin

DOI:

10.29303/jcar.v5i4.6508

Published:

2023-12-17

Issue:

Vol. 5 No. 4 (2023): November

Keywords:

Project based learning, biopreneurship, penguasaan konsep, kreativitas

Articles

Downloads

How to Cite

Widyadhari, A. ., Jufri , A. W. ., & Jamaluddin. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Terintegrasi Biopreneurship Terhadap Penguasaan Konsep dan Kreativitas Siswa . Journal of Classroom Action Research, 5(4), 460–465. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.6508

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning terintegrasi biopreneurship terhadap penguasaan konsep dan kreativitas siswa kelas X SMAN 1 Masbagik. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMAN 1 Masbagik. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purpossive sampling, dan terpilih kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, tes, lembar penilaian kreativitas, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik uji T untuk penguasaan konsep dan statistik deskriptif untuk kreativitas siswa. Uji prasyarat terdiri dari uji normalitas, dan uji homogenitas. Oleh karena data tidak memenuhi syarat normal untuk uji T maka hipotesis penelitian diuji menggunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig. 0,001<0,05. Hal ini menunjukkan bahwa model project based learning terintegrasi biopreneurship berpengaruh signifikan terhadap penguasaan konsep biologi siswa. Hasil analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata kreativitas siswa adalah 75 untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol rata-rata 63. Dari nilai rata-rata tersebut dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan kreativitas antara siswa yang belajar dengan model project based learning terintegrasi biopreneurship dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung di kelas X MIPA SMAN 1 Masbagik. 

References

Abdullahi, IM., Khata, M., & Akor, TS. (2020). Mengembangkan Keterampilan Wirausaha Teknik 4IR pada Mahasiswa Politeknik: Sebuah Kerangka Konseptual. Jurnal Internasional Teknologi Inovatif dan Menjelajahi Rekayasa (IJITEE), 9(3), 36.

https://bitly.ws/UXyP

Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau Dari Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202-212.

https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/8561/9022

Boty, M., & Handoyo, A. (2018). Hubungan Kreativitas Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di MI Ma’had Islamy Palembang. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 4(1), 41– 55.

http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2582

Cimer, Atilla. (2012). What Make Biology Learning Difficult and Effective: Students’Views. Educational Research and Reviews, 7 (3), 61-71.

https://academicjournals.org/journal/ERR/article-full-text-pdf/6AD7EA84352

Fitriah, E. (2016). Implementasi Bioentrepreneurship Pada Pembelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Life Skills Dan Minat Wirausaha Siswa Madrasah Aliyah Berbasis Pesantren Di Cirebon. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 2(1), 1-18.

24235/sc.educatia.v2i1.467

Hidayatussaadah, R. (2016). Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Archaebacteria dan Eubacteria di SMA Negeri 1 Muntilan. Jurnal Pendidikan Biologi. 5(7), 1-15.

https://doi.org/10.21831/edubio.v5i7.4635

Kemdikbud. (2019). Merdeka Belajar. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Kurniasih, N., & Haka, N., (2017). Penggunaan Tes Diasnostik Two-Tier Multiple Choice untuk Menganalisis Miskonsepsi Siswa Kelas X pada Materi Archaebacteria dan Eubacteria. Jurnal Tadris Pendidikan Biologi. 8(1), 114-127.

http://dx.doi.org/10.24042/biosf.v8i1.1270

Milla, D., Jufri, AW., & Soeprianto, H. (2019). The Effectiveness Pf Project-Based Learning For Biology Class In Developing The Science Processing Skills And Creativity Of High School Students. Unnes Science Education Journal, 8(1), 25-30. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej

Monika, Yulia., Mayub, Afrizal., & Purwanto, Andik. (2018). Pengaruh Project Based Learning (PJBL) Model Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(2), 25-30.

https://doi.org/10.33369/jkf.1.2.25-30

Purwianingsih, W., Santy, S., & Sanjaya, Y. (2019, May). Peningkatan Life Skills Siswa SMA Melalui Pembelajaran Project Based Learning Daur Ulang Limbah. In Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) (pp. 525-533).

Ramdani, A. Jufri, A.W. Jamaluddin, & Setiadi, D. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Dasar IPA Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 119-124.

29303/jppipa.v6i1.388

Devi, V. M., Susilawati., & Kosim. (2023). Feasibility of Science Learning Devices with Integrated PBL Models of STEM Approach to Improve Students' Problem-Solving Ability and Self-Efficacy. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 47-51. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4351

Solehah, K, M., & Hifni, S. C. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 2 Sekampung. Al-Jahiz: Journal of Biology Education Research, 3(2), 166-177.

https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v3i2.5433

Siwa, I. B., & Muderawan, I. W. (2013). Pengaruh pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pembelajaran Kimia terhadap Keterampilan Proses Sains ditinjau dari gaya kognitif siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(2).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikkan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suranti, N. M., Gunawan, & Sahidu, H. (2016). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(2), 73-79.

29303/jpft.v2i2.292

Taniredja, Tukiran. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.

Wardhani, IY, Amanda, SM, & Kusuma, AR. (2020). Bioenterpreneurship Sebagai Upaya Meningkatkan Kreatifitas Dan Alternatif Bisnis Di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2), 99-109.

https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jbe/article/view/8475

Wulandari. D. F., & Isnawati. (2019). Keefektifan Lembar Kegiatan Peserta Didik Praktikum Pembuatan Vco Untuk Melatihkan Biopreneurship Pada Materi Bioteknologi Kelas X. Bioedu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 8(2), 2-6.

https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/28811

License

Copyright (c) 2023 Arisya Widyadhari, A. Wahab Jufri , Jamaluddin

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).