Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Siswa Kelas VIII
DOI:
10.29303/jcar.v6i1.6672Published:
2024-01-16Issue:
Vol. 6 No. 1 (2024): FebruariArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah materi sistem persamaan linear dua variabel pada siswa dengan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIB SMPN 1 Gunungsari tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 20 siswa, dengan 5 siswa gaya belajar visual, 7 siswa gaya belajar auditorial, dan 8 siswa gaya belajar kinestetik. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian adalah angket, soal tes, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan/verifikasi. Analisis dilakukan berdasarkan tahapan John Dewey, yaitu menghadapi masalah, pendefinisian masalah, penemuan solusi, menguji beberapa solusi, dan memilih hipotesis terbaik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa, siswa gaya belajar visual, secara umum memiliki kemampuan pemecahan masalah tinggi karena mampu melaksanakan kelima tahapan. Siswa gaya belajar auditorial, secara umum memiliki kemampuan pemecahan masalah yang tinggi, dimana siswa auditorial mampu melaksanakan kelima tahapan. Sedangkan, siswa gaya belajar kinestetik memiliki kemampuan pemecahan masalah yang sedang, dimana siswa kinestetik hanya mampu melaksanakan 4 tahapan, sebab pada tahap memilih hipotesis terbaik, siswa kinestetik tidak mampu melaksanakannya.
References
Aliffianti, T. R., Kurniati, N., Salsabila, N. H., & Turmuzi, M. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 5 Kota Bima Tahun Ajaran 2021/2022. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 461-475. https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.170.
DePorter, B., & Hernacki, M. (2007). Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: PT Mizan Pustaka.
Hadi, I., Subarinah, S., Triutami, T. W., & Hikmah, N. (2022). Analisis Kesalahan Penalaran Matematis Dalam Menyelesaikan Masalah Pola Bilangan Ditinjau Dari Gaya Belajar. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(3), 612-622. https://doi.org/10.29303/griya.v2i3.216.
Handayani, P. D. (2020). Pengaruh Interaksi Edukatif Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Tembilahan. Jurnal Pendidikan, 1(1), 94-107. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i1.61.
Hidayat, S. (2019). Sejarah Matematikai. Bandung: PT Sarana Pancakarya Nusa.
Hikmatulloh, M. S., Subarinah, S., Novitasari, D., & Sridana, N. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 9-16. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.4749.
Inastuti, I. G., Subarinah, S., & Kurniawan, E. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pola Bilangan Ditinjau dari Gaya Belajar. Universitas Mataram: GRIYA Journal of Mathematics Education and Application, 1(1), 66-80. https://doi.org/10.29303/griya.v1i1.4.
Kurniawan, E. (2019). Profil Tingkat Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMPN 2 Mataram Pada Materi PLSV. Mathematics Education And Application Journal (META), 1(2). https://doi.org/10.35334/meta.v1i2.1239.
Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166-175. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.644.
Mursari, C. (2019). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar. Alphamath: Journal of Mathematics Education, 5(2), 40-48. https://doi.org/10.30595/alphamath.v5i2.7345.
Nabilah, Amrullah, Lu'luilmaknun, U., & Sripatmi. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 185-191. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2643.
OECD. (2019). Programme For International Student Assessment (PISA) Result From PISA 2018. Retrived from https://www.oecd.org/pisa/publications/pisa-2018-results.htm.
Padian, B. H. L., Subarinah, S., Tyaningsih, R. Y., & Soeprianto, H. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 73-90. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.3050.
Rianto, V. M., Yusmin, E., & Nursangaji, A. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Teori John Dewey Pada Materi Trigonometri. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 6(7), 194562. https://doi.org/10.26418/jppk.v6i7.20924.
Safitri, E. L., Prayitno, S., Hayati, L., & Hapipi. (2021). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Aplication, 1(3), 348-358. https://doi.org/10.29303/griya.v1i3.80.
Sumartini, T.S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 148-158. Retrived from http://e-mosharaf.org/
Turmuzi, M., Kurniati, N., & Azmi, S. (2021). Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Ditinjau dari Gender dan Gaya Belajar. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 25-37. https://doi.org/10.20527/edumat.v9i1.10371.
Umrana, Cahyono, E., & Sudia, M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahana Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 4(1), 67-76. Retrived from http://karyailmiah.uho.ac.id/karya_ilmiah/Muh_Sudia/18.ANALISIS_KEMAMPUAN.pdf
Author Biography
Try Nurvitasari, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2024 Try Nurvitasari, Sri Subarinah, Eka Kurniawan, Arjudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).