Analisis Kemampuan Investigasi Matematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa

Authors

Aspaed Pebi Astuti , Sri Subarinah , Amrullah , Arjudin

DOI:

10.29303/jcar.v6i1.6677

Published:

2024-01-16

Issue:

Vol. 6 No. 1 (2024): Februari

Keywords:

Bangun Ruang Sisi Datar, Gaya Belajar, Investigasi Matematika, VAK (Visual-Auditorial-Kinestetik).

Articles

Downloads

How to Cite

Astuti, A. P., Subarinah, S. ., Amrullah, & Arjudin. (2024). Analisis Kemampuan Investigasi Matematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa . Journal of Classroom Action Research, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i1.6677

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan investigasi matematika pada materi bangun ruang sisi datar berdasarkan gaya belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel penelitian yaitu  teknik random sampling. Subjek penelitian ini adalah  kelas IX-C SMP Negeri 11 Mataram sebanyak 30 siswa  dan selanjutnya dipilih 6 siswa dengan masing-masing 2 siswa dari setiap tipe gaya belajar yaitu visual, auditorial dan kinestetik sebagai subjek wawancara. Data penelitian diambil melalui angket gaya belajar, tes kemampuan investigasi matematika berbentuk soal esai, dan wawancara. Data angket dianalisis untuk menentukan tipe gaya belajar siswa, sedangkan data tes investigasi matematika dianalisis berdasarkan 4 tahapan kemampuan investigasi matematika yaitu spesialisasi, pendugaan, generalisasi dan justifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan investigasi matematika siswa berbeda di setiap tipe gaya belajar. Siswa dengan gaya belajar visual sebagian besar berhasil melewati 4 tahapan investigasi matematika. Siswa dengan gaya belajar auditorial ada yang melalui 4 tahapan investigasi matematika tetapi sebagian besar hanya dapat menyelesaikan 3 tahapan yaitu spesialisasi, pendugaan dan generalisasi. Siswa dengan gaya belajar kinestetik hanya berhasil melalui 3 tahapan investigasi yaitu spesialisasi, pendugaan, dan generalisasi.

References

Alfianti, F. N., Subarinah, S., Prayitno, S., & Arjudin. (2022). Analisis Kemampuan Investigasi Matematik Materi Pola Bilangan Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(1), 266-274. doi:https://doi.org/10.29303/griya.v2i1.140

Amin, A., Arsyad, N., & Minggi, I. (2015). Peningkatan Kemampuan Investigasi Matematika Melalui Pemberian Proyek Matematika pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Watampone. Beta, 8(1), 28-50. doi:http://jurnalbeta.ac.id

Anggraini, L., Siroj, R. A., & Ilma, R. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII-4 SMP Negeri 27 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 33-44. doi:https://core.ac.uk/reader/267822180

Astuti, A. M. (2014). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Peningkatan Kemampuan Investigasi Matematika Siswa. Beta, 7(1), 1-12. doi:http://jurnalbeta.ac.id

DePorter, B., & Hernacki, M. (2016). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Firdausi, Y. N., Asikin, M., & Wuryanto. (2018). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar pada Pembelajaran Model Eliciting Activities (MEA). Prima, 1, 239-247. doi:http://Journal.unnes.ac.id

Ghufron, M. N., & Risnawita, R. (2014). Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hikmatulloh, M. S., Subarinah, S., Novitasari, D., & Sridana, N. (2023). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 9-16. doi:https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.4749

Imamuddin, M., Rusdi, Isnaniah, & Audina, M. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Berdasarkan Gaya Belajar. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 11-20. doi:http://dx.doi.org/10.22373/jppm.v3i1.5138

Inastuti, I. G., Subarinah, S., Kurniawan, E., & Amrullah. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pola Bilangan Ditinjau Dari Gaya Belajar. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(1), 66-80. doi:https://doi.org/10.29303/griya.v1i1.4

Muslim, S. S., Prayitno, S., Salsabila, N. H., & Amrullah. (2022). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Peluang Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa di SMPN 7 Mataram. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 295-303. doi:https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.192

Mutmainnah , N., Subarinah, S., Amrullah, & Arjudin. (2022). Analysis of Student Mathematical Investigations Ability on Transformation Geometry in Terms of Cognitive Style. Jurnal Pijar MIPA, 17(5), 666-673. doi:10.29303/jpm.v17i5.3391

Nurdiana, E., Sarjana, K., Turmuzi, M., & Subarinah, S. (2021). Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Griya Journal Mathematics Education and Application, 1(2), 202-211. doi:https://doi.org/10.29303/griya.v1i2.34

Rahmawati, Sridana, N., Triutami, T. W., & Prayitno, S. (2023). Analisis Tingkat Berfikir Geometri Siswa Menurut Teori Van Hiele Ditinjau dari Gaya Belajar 2023. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 40-47. doi:10.29303/jcar.v5i2.3182

Safitri, E. L., Prayitno, S., Hayati, L., & Hapipi. (2021). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar SIswa. Griya Journal Mathematics Education and Application, 1(3), 348-358. doi:https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/griya/index

Septiana, M., Subarinah, S., Triutami, T. W., & Arjudin. (2023). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis dalam Menyelesaikan Soal Investigasi pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Jenis Kelamin Pada Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 441-448. doi:https://doi.org/1029303/jcar.v5i4.5886

Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Ditinjau dari Gaya Belajar Matematika Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 163-177. doi:http://journal.uny.ac.id/index.pl

Setiawan. (2006). Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Investigasi. Yogyakarta.

Subarinah, S. (2021). Pemecahan Masalah dan Investigasi Matematik. Mataram: Duta Pustaka Ilmu.

Subarinah, S., Hikmah, N., & Azmi, S. (2019). Analysis of Students’ Mathematical Investigation Based on the Variation of Mathematical Abilities. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 465, 115-118. doi:http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

Subini, N. (2011). Rahasia Gaya Belajar Orang Besar. Yogyakarta: Javalitera.

Suryapuspitarini, B. K., Wardono, & Kartono. (2018). Analisis Soal-soal Matematika tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Kurikulum 2013 untuk Mendukung Kemampuan Iterasi Siswa. PRIMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 876-884. doi:https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prima/

Susilo, M. J. (2009). Sukses dengan Gaya Belajar. Yogyakarta: Penerbit Pinus.

Umrana, Cahyono, E., & Sudia, M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Berfikir Matematika, 4(1), 67-76.

Widyawati, S. (2016). Pengaruh kemampuan Koneksi Matematis Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas IX SMP di Kota Metro. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 1(1), 47-67. doi:https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/ji/article/view/33

Winarti, D., Jamiah, Y., & Suratman, D. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Gaya Belajar pada Materi Pecahan di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(6), 1-9. doi:http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i6.20462

Yeo, J., & Yeap, B. (2010). Characterising the Cognitive Processes in Mathematical Investigation. Journal of Mathematics Teaching and Learning, 1-10. doi:http://hdl.handle.net/10497/17810

Author Biography

Aspaed Pebi Astuti, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Aspaed Pebi Astuti, Sri Subarinah, Amrullah, Arjudin

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).