Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Authors

Fakhrian Nur Anisa , Muhammad Turmuzi , Tabita Wahyu Triutami , Amrullah

DOI:

10.29303/jcar.v6i1.6719

Published:

2024-01-18

Issue:

Vol. 6 No. 1 (2024): Februari

Keywords:

Komunikasi Matematis, Model Pembelajaran Kooperatif, SMPN 13 Mataram, Team Game Tournament (TGT).

Articles

Downloads

How to Cite

Nur Anisa, F., Turmuzi, M., Wahyu Triutami, T. ., & Amrullah. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa . Journal of Classroom Action Research, 6(1), 51–59. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i1.6719

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis siswa pada salah satu sekolah di kota Mataram, tepatnya di SMPN 13 Mataram tergolong rendah, hal ini dikarenakan model pembelajaran yang digunakan masih menggunakan model pembelajaran konvensional (metode ceramah). Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament (TGT) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa materi kelas VIII SMP Negeri 13 Mataram. Jenis penelitian ini adalah true experimental dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Mataram tahun ajaran 2023/2024 dengan sampel kelas VIII A dan VIII B yang dipilih dengan tekhnik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat (normallitas dan homogenitas), uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T Test dan uji effect size Cohen’s d. Hasil analisis diperoleh skor rata-rata posttest siswa kelas eksperimen adalah 13 dan kelas kontrol 11,5. Pengujian hipotesis dengan tingkat kepercayaan 95% memperoleh nilai t-hitung sebesar 2.459 dan t-tabel sebesar 1,998. Hasil tersebut menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel. Hasil uji effect size Cohen’s d dengan perhitungan d= 0,692 yang berada pada kategori efek besar. Sehingga Model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa

References

Azmi, S., Baidowi, Hikmah, N., Tyaningsih, Y., R., & Kurniawan, E. (2022). Analysis of Student Mathematics Communication Ability based on Cognitive Styles and Mathematical Knowledge. Jurnal Pijar MIPA. 17(2), 231-238. http://dx.doi.org/10.29303/jpm.v17i2.3384

Azmi, S., Hayati, L., Hapipi, H., & Triutami, T. W. (2021). Pengembangan Instrumen Tes untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa. Jurnal Pijar MIPA. 16(2), 163–169. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2249.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Research methods in education. British Journal Of Educational Studies, 55. https://doi.org/10.4324/9781315456539

Kurnia Euis Ningsih. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal UIN Jakarta. 5(1), 1-14. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i1.13108

Kurniati, N., Patmi, S., & Turmuzi, M. (2016). Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Script pada Perkuliahan Program Linier untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester IV Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mataram. Jurnal Pijar MIPA. 11(2), 100-104. https://doi.org/10.29303/jpm.v11i2.110

Kusmayadi, M. A., Makki, M., & Syazali, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Keterampilan Berbicara Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 2(1), 255-258. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4523

Menteri, P. (2006). Peraturan Menteri nomor 22 Tahun 2006 1. 1–43. https://itjen.kemenag.go.id/sirandang/peraturan/2772-22-peraturan-menteri-nomor-22-tahun-2006-tentang-standar-isi-untuk-satuan-pendidikan-dasar

Muliana & Nuraini. (2020). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Dan Alat Peraga. Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS), 6(2), 41–46. https://doi.org/10.36987/jpms.v6i2.1679

NCTM. (1989). Curriculum and evaluation standard for school mathematics.

Virginia: The NCTM Inc.

NCTM. (2000). Principles and Standars for School Mathematics. In Reston : VA.

Setiawati, D., Safira, D., & Kartika, Y. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(1), 51–58. https://doi.org/10.51179/asimetris.v4i1.1990

Setyowati, L. (2019). Implementasi Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika- Prosiding DPNPM Unindra. 08(12), 9–18. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/573

Sihombing, M. D. (2018). Efektivitas Penggunaan Model TGT Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Di SMP Negeri 4 Sibolga. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 1(2), 60–64. https://doi.org/10.26877/aks.v14i2.15073

Siregar, N. F. (2018). Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 6(02), 74. https://doi.org/10.24952/logaritma.v6i02.1275

Slavin E. Robert. (2016). Cooperative Learnin, Teori, Riset dan Pratik. Bandung: Nusa Media..

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV ALFABETA.

Sumarmo, U. (2014). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Sulisto, A., & Haryanti, N. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning Model). Purbalingga: Eureka Media Aksara.

Suprapti. (2019). Meningkatkan Prestasi Belajar Sosiologi Siswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament (TGT). Journal Of Classroom Action Research, 1(1), 1–4. https://doi.org/10.29303/jcar.v1i1.232

The National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Triutami, W., Novitasari, D., Tyaningsih, Y., & Elvierayani, R. (2021). Visual Spatial Intelligence Level of Junior High School Students: What Difficulties Are Experienced by the Student. journal of Physics Conference Series, 1776(1), 1-9. http://dx.doi.org/10.1088/1742-6596/1776/1/012033

Triana, M., & Zubainur, C. M. (2019). Students ’ Mathematical Communication Ability through the Brain-Based Learning Approach using Autograph. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v4i1.6972

Turmuzi M., Wahidaturrahmi, Kurniawan E. (2021) Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa pada Materi Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika. 11(1), 51–61. https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i01.12394

Wahyi, H., Turmuzi, M., Tyaningsih, R. Y., & Azmi, S. (2023). Pengaruh Pendekatan Problem Posing dan Hasil Belajar Peserta Didik. Journal of Classroom Action research, 5(Speciallssue), 315-325. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4696

Yunisha R., Prahmana I. C., Sukmawti K. (2016) Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Elemen. 2(2), 136-145. http://doi.org/10.29408/jel.v2i2.284

Author Biography

Fakhrian Nur Anisa, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Fakhrian Nur Anisa, Muhammad Turmuzi, Tabita Wahyu Triutami, Amrullah

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).