Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Dengan Menggunakan Metode Newman Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis Siswa
DOI:
10.29303/jcar.v6i1.6722Published:
2024-01-18Issue:
Vol. 6 No. 1 (2024): FebruariKeywords:
Kecerdasan Logis Matematis, Soal Cerita, Teori NewmanArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa menurut metode Newman dalam menyelesaikan soal cerita materi perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai ditinjau dari kecerdasan logis matematis pada siswa SMPN 1 Suralaga. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VII A SMPN 1 Suralaga. Teknik pengumpulan data meliputi tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan pengecekan keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh (1) Siswa pada kategori kecerdasan logis matematis tinggi sudah mampu melewati semua tahap yaitu, membaca soal, memahami masalah, transformasi masalah, keterampilan proses, dan penulisan jawaban akhir. (2) Siswa pada kategori kecerdasan logis matematis sedang belum mampu melewati semua tahap, yaitu melakukan kesalahan pada tahap keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. (3) Siswa pada kategori kecerdasan logis matematis rendah tidak mampu melewati semua tahap, yaitu melakukan kesalahan pada hampir semua tahapan diantaranya, memahami masalah, transformasi masalah, keterampilan proses, dan penulisan jawaban akhir. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat 4 jenis kesalahan dari 5 jenis kesalahan dalam metode Newman yang dilakukan oleh siswa, yaitu kesalahan memahami soal, kesalahan tranformasi soal, kesalahan proses, serta kesalahan dalam menulis jawaban akhir.
References
Amini, S., & Yunianta, T. N. H. (2018). Analisis kesalahan Newman dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial dan Scaffolding-nya bagi kelas VII SMP. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1-28. Retrieved from https://www.ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla/article/view/.
Asmaliyah, F., Sripatmi., Salsabila, N. H., & Arjudin (2021). Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Bentuk Aljabar Ditinjau Dari Gaya Belajar. Journal of Classroom Action Research, 3(2), 48-58. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.2937
Aulia, K., Trapsilasiwi, D., & Sugiarti, T. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi segiempat berdasarkan newman’s error analysis (NEA) ditinjau dari kecerdasan logis matematis siswa. Kadikma, 9(1), 106-115. https://doi.org/10.19184/kdma.v9i1.8422
Fitri, N. W., Subarinah, S., & Turmuzi, M. (2019). Analisis kesalahan Newman dalam menyelesaikan soal cerita materi turunan pada siswa kelas XII. Mandalika Mathematics and Education Journal, 1(2), 66-73. https://doi.org/10.29303/jm.v1i2.1559
Hariyani, S., & Aldita, V. C. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan prosedur Newman. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(1), 39-50. http://dx.doi.org/10.24256/jpmipa.v8i1.805
Hayati, L., Amrullah, A., & Sripatmi, S. (2020). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Statistika Matematika. In Prosiding Seminar Nasional FKIP Universitas Mataram, 1(1), 249-253.
Hayati, L., Turmuzi, M., & Hikmah, N. (2022). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Tahapan Newman Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 17 Mataram Tahun Pelajaran 2021/2022. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(3), 804-809. https://doi.org/10.29303/griya.v2i3.223
Jha, S. K. (2012). Mathematics performance of primary school students in Assam (India): An analysis using Newman Procedure. International Journal of Computer Applications in Engineering Sciences, 2(1), 17-21.
Katon, K. S., & Arigiyati, T. A. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Polya Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 0(0), 576–580. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p%25p
Novitasari, D., Trisnowali, A., Hamdani, D., Junaidi, J., & Arifin, S. (2021). Pengembangan Lkpd Berbasis Geogebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 7(1), 1- 16.
Oktavia, J. M., Prayitno, S., Triutami, T. W., & Hayati, L. (2023). Analisis Kesalahan Newman Dalam Menyelesaikan Soal Segiempat dan Segitiga Berdasarkan Level Berpikir Van Hiele Pada Siswa SMP. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 283-289. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.3413
Prakitipong, N., & Nakamura, S., (2006). Analysis of mathematics performance of grade five students in thailand using newman procedure. Journal of International Cooperation in Education, 9(1), 113-114. https://doi.org/10.15027/34243
Pramesti, T., Sukamto, & Wardhana, M. Y. S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Prosedur Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pecahan pada Kelas IV SD Negeri Manyaran 02 Semarang. Elementary School, 26-36.
Priyanto, A., Suharto, & Dinawati, T. (2015). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pokok bahasan 14 teorema Pythagoras berdasarkan kategori kesalahan Newman di kelas VIII A SMP Negeri 10 Jember. Jurnal Artikel Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 1-5. Retrieved from http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63514
Santoso, D. A., Farid, A., & Ulum, B. (2017). Error Analysis of Students Working About Word Problem of Linear Program With NEA Procedur. Journal of Physics, IOP Conf, 012043, 1-8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/855/1/012043
Siregar, D. P. (2018). Anaisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman Di SMP Muhammadiyah 02 Medan. Universitas Muhammdaiyah Sumatera Utara.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Toyib, M. N. R., & Sutarni, S. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Model TIMSS Konten Bilangan Pada Siswa dengan Kecerdasan Logis-Matematis Tinggi. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 63-80. http://dx.doi.org/10.30659/kontinu.3.2.63-80
Turmuzi, M. (2016). Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Matematika. Mataram: Universitas Mataram.
Turmuzi, M., Kurniati, N., & Azmi, S. (2021). Pemahaman konsep matematis mahasiswa calon guru sekolah dasar ditinjau dari gender dan gaya belajar. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 25-37. https://doi.org/10.20527/edumat.v9i1.10371
White, A. L. (2010). Numeracy Literacy and Newman’s Error Analysis. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia, 33(2), 129-148.
Wibawa. K. A. (2019). Defragmenting Struktur Berpikir Pseudo Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Yogyakarta: Deepublish.
Wijaya, L.S., Subarinah, S., Amrullah, & Hayati, L. (2023). Analisis Kesalahan Menurut Newman dalam Menyelesaikan Soal cerita materi statistika ditinjau dari jenis kelamin. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 1-8. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.4749
Author Biography
Nurul Fitri Mardhiati, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2024 Nurul Fitri Mardhiati, Muhammad Turmuzi, Tabita Wahyu Triutami, Amrullah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).