Pengembangan KOBER (Kotak Berhitung) Pada Materi Operasi Bilangan Cacah Untuk Siswa

Authors

Isrotul Aeni , Siti Istiningsih , Vivi Rachmatul Hidayati , Iva Nurmawanti

DOI:

10.29303/jcar.v6i1.6728

Published:

2024-01-17

Issue:

Vol. 6 No. 1 (2024): Februari

Keywords:

Media Pembelajaran, Matematika, KOBER

Articles

Downloads

How to Cite

Aeni, I., Istiningsih, S., Hidayati, V. R. ., & Nurmawanti, I. . (2024). Pengembangan KOBER (Kotak Berhitung) Pada Materi Operasi Bilangan Cacah Untuk Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(1), 29–35. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i1.6728

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada masalah yang ditemukan di SDN 52 Cakranegara yaitu tidak adanya penggunaan media pembelajaran khususnya mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran KOBER pada materi operasi bilangan cacah kelas 2, yang valid dan praktis sebagai produk media pembelajaran untuk memaksimalkan proses pembelajaran. Jenis penelitian Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar angket ahli materi dan ahli media untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran KOBER, angket respons guru dan siswa untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran KOBER. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran KOBER yang telah dikembangkan memenuhi standar validitas dengan persentase penilaian pada tahap validasi materi sebesar 84,09 % dengan kriteria sangat valid dan tahap validasi media sebesar 91,07 % dengan kriteria sangat valid. Pada tahap uji kepraktisan media telah memenuhi kriteria kepraktisan dengan persentase uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 94,11 % dengan kriteria sangat praktis dan uji coba kelompok besar memperoleh persentase 88,88 % dari guru dengan kriteria sangat praktis dan 96,66 % dari siswa dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil validasi ahli dan uji kepraktisan, media KOBER yang dikembangkan dapat dikatakan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran khususnya pembelajaran matematika

References

Adrianto, S. (2022). Mengapa Media Pembelajaran Itu Penting?. Jawa Barat: Aranca Pratama.

Ambaria., Mumun, N., Farida, N, Z. (2022). Analisis kebutuhan media pembelajaran untuk siswa SD pada materi pecahan. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains dan Pembelajaran, 2 (1), 227-233. doi:https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3022

Amelia, D, J. 2019. Media Pembelajaran SD:Berorientasi Multiple Intellegencess. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Athifah, N., Moh. Irawan, Z., & Ida, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Pantun. Jurnal of Classroom Action Research,4(3), 197-195. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i3.2063

Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.

Habibi, M. M., & Rachmayani, I. (2023). Peningkatan Sosial Emosional Melalui Kegiatan Bermain Peran Dengan Menggunakan Boneka Tangan Anak Kelompok B. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 56-64. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2735

Herawati, G., Gunayasa, I. B. K., & Ningsih, S. (2022). Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar dalam Pemebalajaran PPKN. Journal of Classroom Action Research,4(4). https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2423

Husein, I, M., & Rusimamto, P, W. (2020). “Pengembangan Trainer Smart Traffic Light Berbasis Mikrokontroller Arduino Pada Mata Pelajaran Sistem Kontrol Terprogram Di SMK Negeri 1 Cerme.†Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 9(1): 105–11. Retrieved from https://core.ac.uk/reader/237018250

Ikmal, H. 2023. Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam : (Konsep, Pemilihan, Pengembangan Dan Evaluasi). Jawa Timur : Nawa Litera

Istiningsih, S., Darmiany, Astria, F.P.A, & Erfan, M. (2021). “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Di Era New Normal.†Journal of Elementary Education 04(06): 911–20. Retrieved from https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/9578

Kartini, D. A. (2021). Pengembangan media pembelajaran berhitung sebagai media pembelajaran berhitung. Prosiding diskusi panel nasional pendidikan matematika, 225-234. Retrieved from http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/5601/0

Kartini, D. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Berhitung Sebagai Media Pembelajaran Berhitung. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 7(1). https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/5601/1273

Khasanah, F. (2023). Teori Komunikasi Pembelajaran. Global Eksekutif Teknologi.

Nurfadillah, S. (2021). Media Pembelajaran. Jawa Barat: CV Jejak.

Rahmasari, E, A. & Yogananti, A, F. (2021). “Kajian Usability Aplikasi Canva (Studi Kasus Pengguna Mahasiswa Desain).†ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia 7(01): 165–78. doi:https://doi.org/10.33633/andharupa.v701.4292

Rahmatullah, Inanna, & Ampa, A, T. (2020). “Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva.†Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 12(2): 317–27. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/30179

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.

Repni., Rinja, E., & Paring, S, S. (2022). “Penerapan Media Counting Box (Kotak Berhitung) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika.†Jurnal Dikdas Bantara 5(2): 125. doi:https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v5i2.2491

Safri. (2017). Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book Pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 5(1), 107-113. Retrieved from http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi

Setyosari, P. (2013). Metode penelitian pendidikan (/4rd ed.). Jakarta: Prenadamedia Group.

Soesana, A., Widyastuti, A., Subakti, H., Susanti, S. S., Brata, D. P. N., Walukow, D. S., ... & Simarmata, J. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran di Era Society 5.0. Yayasan Kita Menulis.

Sugiyono. (2018). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Syarifuddin., & Eka, D, U. (2022). Media Pembelajaran: Dari Masa Konvensional Hingga Masa Digital. Bening Media Publishing.

Widyastuti, A. (2022). Media Dan Multimedia Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Wiranda, D., & Ardisal. (2021). “Pengembangan Media Kotak Hitung Untuk Meningkatkan Kemampuan Pengurangan Peserta Didik Diskalkulia.†4(1): 998–1005. Retrieved from http://repository.unp.ac.id/35515/

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140. https://pdfs.semanticscholar.org/e6ed/8552cf818ea8c1573d3298105f79c76734ed.pdf

Author Biography

Isrotul Aeni, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Isrotul Aeni, Siti Istiningsih, Vivi Rachmatul Hidayati, Iva Nurmawanti

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).