Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Experiential Learning Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Kelas IV

Authors

Raihul Jannah , Darmiany , Iva Nurmawanti

DOI:

10.29303/jcar.v6i1.6745

Published:

2024-01-28

Issue:

Vol. 6 No. 1 (2024): Februari

Keywords:

Experiential Learning, Kemampuan Numerasi, Problem Based Learning

Articles

Downloads

How to Cite

Jannah, R., Darmiany, & Nurmawanti, I. . (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Experiential Learning Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Kelas IV . Journal of Classroom Action Research, 6(1), 119–127. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i1.6745

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Kecakapan   abad   ke-21   menuntut   peserta   didik   untuk   dapat   mengikuti perkembangan  zaman  yang  penuh  tantangan. Salah  satu  persyaratan  untuk  mewujudkan kecakapan  abad  ke-21  adalah  kemampuan  literasi  peserta  didik.  Salah  satu  kemampuan literasi yang harus dimiliki peserta didik yaitu numerasi. Berdasarkan hasil  study  PISA  mengatakan  kemampuan  numerasi  peserta didik  di  Indonesia  masih  tergolong  rendah.  Peserta  didik  Indonesia  berada  pada peringkat 72 dari 79 negara peserta tes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Experiential Learning terhadap kemampuan numerasi siswa kelas IV di SDN 1 Sigar Penjalin. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy Experimental Design dengan pendekatan The Non-Equivalent Group Design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas IV SDN 1 Sigar Penjalin yang berjumlah 44 siswa, sampel dipilih menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan lembar observasi terkait pelaksanaan langkah-langkah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Experiential Learning. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, uji N-Gain, dan Effect Size. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 dengan df 42. Selain itu, nilai thitung sebesar 4,346 dan ttabel sebesar 2,018. Karena thitung (4,346) ≥ ttabel (2,018), maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Experiential Learning memiliki pengaruh terhadap kemampuan numerasi siswa kelas IV di SDN 1 Sigar Penjalin.

References

Aprilia, N. (2016). Impementasi Model Pembelajaran Reflektif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Biologi pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran di Program Studi FKIP Univisersitas Ahmad Dahlan. Jurnal BIOEDUKATIKA, 27-30.

Boangmanalu, A. M., Irvan, & Nasution, M. D. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa SMP. JURNAL MAJU, 10-16.

Darmiany, Karma, I. N., Husniati, & Numawanti, I. (2023). Pendampingan Kolaborasi Guru dan Orangtua Berbasis Experiential Learning Mengatasi Permasalahan Siswa SDN 22 Mataram. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 1336-1340.

Ermiana, I., Khair, B. N., Fauzi, A., & Sari, M. P. (2021). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SD Inklusif Dalam Memecahkan Soal Cerita. Journal of Elementary Education, 895-905.

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2020). Konsep Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Progresivisme. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 155-164.

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomes and Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.

Harefa, N., & Silalahi, N. F. (2020). Improvement of student's learning outcomes and motivation with chemical practicum e-module. Jurnal Pendidikan Kimia, 10-19.

Juniarso, T. (2019). Keefektifan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Proses Sains. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 257-262.

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 1-58.

Kemendikbud. (2019, Desember 4). Hasil PISA Indonesia 2018: Akses makin meluas, saatnya tingkatkan kualitas. Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas

Kus, M. (2018). Numeracy. Brock Education Journal, 58-62.

Lamada, M., Rahman, E. S., & Herawati. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMK Negeri di Kota Makassar. Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 6(1), 35-42.

Maemunah, D., & Wahidin. (2022). Pengaruh Experientl Learning Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Sekoah Dasar Berdasarkan Teori Bruner. Jurnal Basicedu, 5632-5637.

Manguni, D. W. (2022, January). Teknik Membaca Scanning dalam Pengembangan Literasi Numerasi pada Pembelajaran Matematika Anak di Sekolah Dasar. In ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan) (Vol. 3, No. 1, pp. 59-70).

Masithah, I., Jufri, A. W., & Ramdani, A. (2022). Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 138-144.

Mawarsari, N., & Wardani, K. W. (2022). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Numerasi Pada Kurikulum Merdeka Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5461-5465.

OECD., K. (2018). OECD science, technology and innovation outlook 2018. Paris: OECD publishing.

Organisation for Economic Co-operation and Development. (2013). OECD skills outlook 2013: First results from the survey of adult skills. Paris: OECD Publishing.

Pangesti, F. T. (2018). Menumbuh kembangkan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Dengan Soal Hots. Indonesia Digital Journal of Mathematics and Education, 566-575.

Pangesti, F. T. (2018). Menumbuh kembangkan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Dengan Soal Hots. Indonesia Digital Journal of Mathematics and Education, 566-575.

Pangesti, F. T. P. (2018). Menumbuhkembangkan literasi numerasi pada pembelajaran matematika dengan soal HOTS. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5(9), 566-575.

Rachmawati, B., Dewi, R. P., & Prakoso, J. (2022). Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN 2 Kebutuh. Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran, 349-356.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.

Sagitarini, N. M., Ardana, I. K., & Asri, I. G. (2020). Model Experiential Learning Berbantuan Media Konkret Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 315-327.

Simamora, Y., Simamora, M. I., & Andriani, K. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Matematika Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS), 532-538.

Siskawati, F. S., Chandra, F. E., & Irawati, T. N. (2021). Profil kemampuan literasi numerasi di masa pandemi cov-19. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 3(1), 253-261.

Sujadi, I. (2022, June). Inovasi Pembelajaran Matematika yang Menguatkan Literasi dan Numerasi untuk Mendukung Profil Pelajar Pancasila. In Prosiding Mahasaraswati Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 2, No. 1, pp. 1-13).

Surya, H. (2011, Mei 16). Bimbingan dan Konseling. Retrieved from Inovasi Bimbingan dan Konseling: Menjawab Tantangan Global: http://boharudin.blogspot.com/2011/05/inovasi-bimbingan-dan-konselingmenjawab.html

Utami, D. S., & Appulembang, O. D. (2022). Pembentukan Kelompok Belajar untuk Siswa pada Pembelajaran Daring. SUKMA: Jurnal Pendidikan, 35-60.

Winata, A., Widiyanti, I. S. R., & Cacik, S. (2021). Analisis kemampuan numerasi dalam pengembangan soal asesmen kemampuan minimal pada siswa kelas XI SMA untuk menyelesaikan permasalahan science. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(2), 498-508.

Yulianti, I. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Model ELF Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. TEDC, 193-201.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Author Biography

Raihul Jannah, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Raihul Jannah, Darmiany, Iva Nurmawanti

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).