Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Cerita Rakyat Sasak Cupak Gerantang

Authors

Mar'atusshalihah , Moh. Irawan Zain , Aisa Nikmah Rahmatih

DOI:

10.29303/jcar.v6i1.6763

Published:

2024-01-17

Issue:

Vol. 6 No. 1 (2024): Februari

Keywords:

Analisi buku, Cerita Rakyat Sasak, Nilai Pendidikan Karakter

Articles

Downloads

How to Cite

Mar'atusshalihah, Zain, M. I. ., & Rahmatih, A. N. . (2024). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Cerita Rakyat Sasak Cupak Gerantang. Journal of Classroom Action Research, 6(1), 36–43. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i1.6763

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat Sasak Cupak Gerantang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.  Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan studi literatur. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi kualitatif (qualitative content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukannya 5 nilai karakter dalam cerita Cupak Gerantang yakni religius, nasionalisme, mandiri, gotong royong dan integritas. Cerita ini sangat bagus untuk mengembangkan nilai karakter anak, sehingga sangat cocok dibaca oleh anak-anak sekolah dasar pada khususnya kelas tinggi. Berdasarkan hasil anaslisi buku cerita rakyat Sasak cupak gerantang ditemukan bahwa bentuk nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam cerita rakyat Sasak cupak gerantang sebanyak 5 nilai pendidikan karakter, yaitu nilai religius, nilai nasionalisme, nilai mandiri, nilai gotong royong dan nilai integritas. Persentase yang paling tinggi pada hasil telaah nilai karakter cerita Cupak Gerantang adalah nilai integritas yaitu sebanyak 25,84% dan  nilai karakter yang paling rendah adalah nilai nasionalisme 12,35%. Hasil dari rekapitulasi telaah soal nilai pendidikan karakter pada cerita rakyat Sasak Cupak Gerantang di kelas 4 yaitu  terlihat nilai persentase yang paling tinggi adalah nilai integritas yaitu 23,43% dan yang paling rendah adalah nilai mandiri yaitu 16,73%.

References

Agustinova, D. E. (2015). Hambatan Pendidikan Karakter Di Sekolah Islam Terpadu (Studi Kasus Sdit Al Hasna Klaten). ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 10(1), 12–18. https://doi.org/10.21831/istoria.v10i1.3598

Al-Pansori, M. J., & Wijaya, H. (2014). Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Cerita Rakyat Sasak. Jurnal Education, 9(2), 307–325.

Fahira, N., & Ramadan, Z. H. (2021). Analisis Penerapan 5 Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 649–660. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1074

Hadi, I. A. (2019). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Lembaga Formal. Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang, 3(1), 1–31.

Ichsan, F. N., & Hadiyanto, H. (2021). Implementasi Perencanaan Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Bangsa melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3), 541–551. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1203

Idris, M. (2019). Pendidikan Karakter: Perspektif Islam Dan Thomas Lickona. Id, VII(September 2018). https://www.google.com/amp/s/m.liputan6.com/amp/2661828/kronologi-tawuran-bocah-sd-

Inriani, K. (2017). Nilai Kearifan Lokal Dalam Legenda Cerita Rakyat Muntok. Seminar Bahasa Dan Sastra, 28 Oktober 2017, Di Palembang., 167–177. http://conference.unsri.ac.id/index.php/sembadra/article/view/554/pdf

Indiarti, W. (2017). Nilai-Nilai Pembentuk Karakter dalam Cerita Rakyat Asal Usul Watu Dodol Character Builder Values in The Origin of Watu Dodol Folktale. Jentera, 6(1).

Karhi, B. N. A., & Musaddat, S. (2021). ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA CERITA RAKYAT SUKU SASAK “PUTRI MANDALIKA†SEBAGAI BAHAN AJAR. PELITA: Jurnal Pembelajaran, Linguistik, dan Sastra, 1(2), 14-24.

Maulida, B., & Syazali, M. (2023). Analisis Muatan Nilai Pendidikan Karakter Pada Buku Siswa Kelas IV Tema 7 Dan Penanamannya Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Gugus 2 Kuripan. 5(3).

Maziyah, N., Rais, R., & Kiswoyo, K. (2019). Analisis Nilai Spiritual dalam Pembentukan Karakter pada Buku Cerita Rakyat Karya Wirodarsono. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(1), 11. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17924

Moleong. (2000), Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya).

Saputra, H., Nisa, K., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Kearifan Lokal NTB untuk Menanamkan Nilai-nilai Karakter pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 1–11. http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/6007

Sholehatun, S., Zain, M. I., & Angga, P. D. (2023). Nilai Pendidikan Karakter pada Permainan Tradisional Bentengan dan Gobak Sodor. Journal Of Classroom Action Research, 5(3).

Wahyusari, A., Ginting, T. F. B., & Suhardi. (2022). Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Si Anak Pelangi Karya Tere Liye. 3, 262–266.

Yulianto, A., Nuryati, I., & Mufti, A. (2020). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Rumah Tanpa Jendela Karya Asma Nadia SMK Wikarya Karanganyar SMP IT Insan Kamil Karanganyar IAIN Surakarta. Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 1–15. https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/tabasa/article/view/2596/903

Yunita, R., Karma, I. N., & Zain, I. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Cerita Berkearifan Lokal Masyarakat Sumbawa. Renjana Pendidikan Dasar, 1(4), 270–277. https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/163

Author Biography

Mar'atusshalihah, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Mar'atusshalihah, Moh. Irawan Zain, Aisa Nikmah Rahmatih

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).