Kemampuan Penalaran dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel ditinjau dari Kecerdasan Emosional

Authors

Halimatus Sya'diyah , Nyoman Sridana , Ulfa Lu’luilmaknun , Sudi Prayitno

DOI:

10.29303/jcar.v6i1.6805

Published:

2024-01-18

Issue:

Vol. 6 No. 1 (2024): Februari

Keywords:

Kecerdasan Emosional, Kemampuan Penalaran, SPLDV

Articles

Downloads

How to Cite

Sya'diyah, H., Sridana, N. ., Lu’luilmaknun, U. ., & Sudi Prayitno. (2024). Kemampuan Penalaran dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel ditinjau dari Kecerdasan Emosional. Journal of Classroom Action Research, 6(1), 69–78. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i1.6805

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran dalam menyelesaikan soal matematika materi sistem persamaan linier dua variabel pada siswa kelas XI SMKN 1 Gerung tahun ajaran 2023/2024 berdasarkan tingkatan kecerdasan emosional siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini berupa angket kecerdasan emosional, tes tertulis kemampuan penalaran matematis, dan wawancara mendalam terkait kemampuan penalaran matematis. Metode analisis data yang digunakan yaitu tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Indikator kemampuan penalaran matematis mencakup 4 tahapan yaitu: a) mengidentifikasi informasi, b) mengaitkan dengan objek matematika, c) menyusun argumen, dan d) menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) kemampuan penalaran matematis siswa dengan tingkat kecerdasan emosional tinggi mampu mengidentifikasi informasi, mengaitkan dengan objek matematika, menyusun argumen, serta memberikan kesimpulan beserta alasan dari kesimpulan yang diberikan dengan baik dan benar; b) kemampuan penalaran matematis siswa dengan tingkat kecerdasan emosional sedang masih kurang pada tahap menyusun argumen, masih melakukan kesalahan dan kurang teliti dalam menyusun argumen;  c) kemampuan penalaran matematis siswa dengan tingkat kecerdasan emosional rendah mampu memberikan kesimpulan namun tidak mampu memberikan alasan dari kesimpulan yang diberikan.

References

Agustiani, S. (2019). Penerapan bahan ajar matematika berbasis RME terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 2(2), 56–63. https://doi.org/10.37150/jp.v2i21118

Agustin, N. M., Hidayanto, E., & Chandra, T. D. (2021). Proses penalaran matematis siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi dalam memecahkan masalah persamaan linier satu variabel. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(5), 703–710. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i5.14761

Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematik siswa kelas XI SMA Putra Juang dalam materi peluang. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144–153. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.62

Hajar, S. S., Sofyan, S., & Amalia, R. (2021). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal open-ended ditinjau dari kecerdasan emosional. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 32–36. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i2.1413

Hidayanto, E., & Agustin, N. (2021). The mathematical reasoning in terms of emotional intelligence. AIP Conference Proceedings, 2330, 40028. https://doi.org/10.1063/5.0043375

Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya penalaran matematika dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 588–595. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20201

McShane, S. L., & Glinow, M. A. Von. (2015). Organization behavior: Emerging knowledge, global reality (7th ed.). McGraw Hill Education: New York.

Putri, A. A., & Isnaningrum, I. (2021). Analisis kemampuan penalaran matematis pada materi SPLDV di SMK Hutama kota Bekasi. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 7(1), 201–210. proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/5523

Rajaeipoor, S., Siadat, A., Mohammadi, N., Keshavarz, A., Salimi, M. H., Abbasian, M. R., & Shamsi, A. (2015). The Relationship between EQ & Constructive and Non-Constructive Problem Solving Styles among Payame Noor University’s students of Abadan in the year 2014. Journal of Education and Practice, 6(7), 125–131. www.iiste.org/Journal/index.php/JEP/article/view/20681

Rohmah, F. F., & Soebagyo, J. (2022). Investigasi kemampuan penalaran siswa dalam menyelesaikan soal matematika SMP. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 149–158. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.1854

Sukatin, Astuti, A., Zulqarnain, Nasution, F., Nur’aini, & Zilawati. (2021). Psikologi manajemen. Yogyakarta: Deepublish.

Turmuzi, M. (2022). Strategi pembelajaran matematika. Jogjakarta: KBM INDONESIA.

Umrati, & Wijaya, H. (2020). Analisis data kualitatif: Teori konsep dalam penelitian pendidikan. Sulawesi Selatan: Sekolah Tinggi Thelogian Jaffray.

Wuwung, O. C. (2020). Strategi pembelajaran & kecerdasan emosional. Surabaya: Scopindo.

Yuliany, N., Halimah, A., Manzila, F., & Ichiana, N. N. (2021). Analisis kemampuan penalaran matematis pada mata kuliah aljabar linear elementer mahasiswa pendidikan matematika fakultas tarbiyah dan keguruan UIN Alauddin Makassar. Al Asma: Journal of Islamic Education, 3(2), 275–286. https://doi.org/10.24252/asma.v3i2.23766

Author Biography

Halimatus Sya'diyah, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Halimatus Sya'diyah, Nyoman Sridana, Ulfa Lu’luilmaknun, Sudi Prayitno

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).