Kemampuan Penalaran dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel ditinjau dari Kecerdasan Emosional

Authors

  • Halimatus Sya'diyah Universitas Mataram
  • Nyoman Sridana
  • Ulfa Lu’luilmaknun
  • Sudi Prayitno

DOI:

https://doi.org/10.29303/jcar.v6i1.6805

Keywords:

Kecerdasan Emosional, Kemampuan Penalaran, SPLDV

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran dalam menyelesaikan soal matematika materi sistem persamaan linier dua variabel pada siswa kelas XI SMKN 1 Gerung tahun ajaran 2023/2024 berdasarkan tingkatan kecerdasan emosional siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini berupa angket kecerdasan emosional, tes tertulis kemampuan penalaran matematis, dan wawancara mendalam terkait kemampuan penalaran matematis. Metode analisis data yang digunakan yaitu tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Indikator kemampuan penalaran matematis mencakup 4 tahapan yaitu: a) mengidentifikasi informasi, b) mengaitkan dengan objek matematika, c) menyusun argumen, dan d) menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) kemampuan penalaran matematis siswa dengan tingkat kecerdasan emosional tinggi mampu mengidentifikasi informasi, mengaitkan dengan objek matematika, menyusun argumen, serta memberikan kesimpulan beserta alasan dari kesimpulan yang diberikan dengan baik dan benar; b) kemampuan penalaran matematis siswa dengan tingkat kecerdasan emosional sedang masih kurang pada tahap menyusun argumen, masih melakukan kesalahan dan kurang teliti dalam menyusun argumen;  c) kemampuan penalaran matematis siswa dengan tingkat kecerdasan emosional rendah mampu memberikan kesimpulan namun tidak mampu memberikan alasan dari kesimpulan yang diberikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustiani, S. (2019). Penerapan bahan ajar matematika berbasis RME terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 2(2), 56–63. https://doi.org/10.37150/jp.v2i21118

Agustin, N. M., Hidayanto, E., & Chandra, T. D. (2021). Proses penalaran matematis siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi dalam memecahkan masalah persamaan linier satu variabel. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(5), 703–710. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i5.14761

Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematik siswa kelas XI SMA Putra Juang dalam materi peluang. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144–153. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.62

Hajar, S. S., Sofyan, S., & Amalia, R. (2021). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal open-ended ditinjau dari kecerdasan emosional. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 32–36. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i2.1413

Hidayanto, E., & Agustin, N. (2021). The mathematical reasoning in terms of emotional intelligence. AIP Conference Proceedings, 2330, 40028. https://doi.org/10.1063/5.0043375

Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya penalaran matematika dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 588–595. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20201

McShane, S. L., & Glinow, M. A. Von. (2015). Organization behavior: Emerging knowledge, global reality (7th ed.). McGraw Hill Education: New York.

Putri, A. A., & Isnaningrum, I. (2021). Analisis kemampuan penalaran matematis pada materi SPLDV di SMK Hutama kota Bekasi. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 7(1), 201–210. proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/5523

Rajaeipoor, S., Siadat, A., Mohammadi, N., Keshavarz, A., Salimi, M. H., Abbasian, M. R., & Shamsi, A. (2015). The Relationship between EQ & Constructive and Non-Constructive Problem Solving Styles among Payame Noor University’s students of Abadan in the year 2014. Journal of Education and Practice, 6(7), 125–131. www.iiste.org/Journal/index.php/JEP/article/view/20681

Rohmah, F. F., & Soebagyo, J. (2022). Investigasi kemampuan penalaran siswa dalam menyelesaikan soal matematika SMP. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 149–158. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.1854

Sukatin, Astuti, A., Zulqarnain, Nasution, F., Nur’aini, & Zilawati. (2021). Psikologi manajemen. Yogyakarta: Deepublish.

Turmuzi, M. (2022). Strategi pembelajaran matematika. Jogjakarta: KBM INDONESIA.

Umrati, & Wijaya, H. (2020). Analisis data kualitatif: Teori konsep dalam penelitian pendidikan. Sulawesi Selatan: Sekolah Tinggi Thelogian Jaffray.

Wuwung, O. C. (2020). Strategi pembelajaran & kecerdasan emosional. Surabaya: Scopindo.

Yuliany, N., Halimah, A., Manzila, F., & Ichiana, N. N. (2021). Analisis kemampuan penalaran matematis pada mata kuliah aljabar linear elementer mahasiswa pendidikan matematika fakultas tarbiyah dan keguruan UIN Alauddin Makassar. Al Asma: Journal of Islamic Education, 3(2), 275–286. https://doi.org/10.24252/asma.v3i2.23766

Downloads

Published

2024-01-18

How to Cite

Sya’diyah, H., Sridana, N. ., Lu’luilmaknun, U. ., & Sudi Prayitno. (2024). Kemampuan Penalaran dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel ditinjau dari Kecerdasan Emosional. Journal of Classroom Action Research, 6(1), 69–78. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i1.6805

Issue

Section

Articles