Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas II di SDN 01 Talang Anau Menggunakan Model Pembelajaran Based Learning (PBL)

Authors

Rita Lefrida , Radhiatul Husna

DOI:

10.29303/jcar.v7iSpecialIssue.6812

Published:

2025-04-23

Issue:

Vol. 7 No. SpecialIssue (2025): Maret 2025

Keywords:

Motivasi belajar, Problem Based Learning, Hasil Belajar

Articles

Downloads

How to Cite

Lefrida, R., & Husna, R. (2025). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas II di SDN 01 Talang Anau Menggunakan Model Pembelajaran Based Learning (PBL) . Journal of Classroom Action Research, 7(SpecialIssue), 492–498. https://doi.org/10.29303/jcar.v7iSpecialIssue.6812

Downloads

Metrics

PDF views
15
Apr 25 '25Apr 28 '25May 01 '25May 04 '25May 07 '25May 10 '25May 13 '25May 16 '25May 19 '25May 22 '254.0
|

Abstract

Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya motivasi siswa Kelas II UPTD SDN 01 Talang Anau pada pembelajaran Tematik. Rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Tematik dipengaruhi oleh media dan model pembelajaran guru yang kurang menarik, sehingga siswa merasa bosan pada saat pembelajaran. Hal ini terlihat dari siswa malas mengerjakan tugas yang diberikan, malu mengungkapkan pertanyaan dan ingin pembelajaran cepat berakhir. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Subjek dalam penelitian siswa kelas II UPTD SDN 01. Prosedur tindakan kelas ini ditempuh dalam 2 siklus. Adapun langkah-langkah siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Cara pengambilan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi aktivitas peserta didik saat KBM. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh bahwa model Problem Based Learning dapat memotivasi siswa karena. Hal ini dapat dilihat (1) Siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran, (2) Siwa mau terlibat dalam memecahkan masalah sehingga dapat mengembangkan cara berfikir siswa, (3) Siswa mau bertanya ketika mengalami kesulitan sehingga dapat terbantu untuk menemukan pengetahuan baru, (4) Berusaha mencari informasi yang dapat diperlukan untuk pemecahan. Implikasi penelitian ini dapat membantu guru dalam memilih penerapan model pembelajaran yang tepat untuk memotivasi belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat peningkatan motivasi siswa dari 33,71% menjadi 78,66% dengan model PBL.

References

Ali, R. H., Roza, Y., & Maimunah. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa ditinjau dari Self Confidence Siswa MTs. Jurnal Pendidikan Matematika APOTEMA, 6(1), 34–43.

Arends, R.I. 2012. Learning to Teach. New York: McGraw-Hill Companies, Inc

Arends, R. I. and Kilcher, A. (2010). Teaching for student learning: Becoming an accomplished teacher. Oxon : Routledge

Arifin, M., & Abduh, M. (2021). Peningkatan motivasi belajar model pembelajaran blended learning. Jurnal Basicedu, 5(4), 2339-2347. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1201

Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353-361.

Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Pustaka Pelajar.

Fadilah, F., Arjudin, Triutami, T. W., & Sripatmi. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(4). https://doi.org/10.29303/jcar.v6i4.9385

Febianti, D., Yantoro, Y., & Pamela, I. S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan, 16(2), 237-254.

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(2), 5-11.

Kalsum, Ummi, Ika Chastanti, and Dahrul Aman Harahap. (2022) "Analisis Keterampilan Bertanya Siswa pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar." Jurnal Basicedu 6, no. 1 (2022): 433-441.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (Eds.). (1988b). The action research reader (3rd edn.). Geelong: Deakin University Press.

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Rosda Karya.

Miyarso, Estu (2019). Perancangan Pembelajaran Inovatif. Modul 4

Muhtadi, Ali. (2019) Pembelajaran Inovatif. Modul 3.

Sanjaya, Wina. (2010). Kurikulum dan pembelajaran, Teori dan praktek Pengembangan Kurikulum KTSP. Jakarta: Kencana.

Supriatna, I. (2019). Analisis Kemampuan Bertanya Siswa pada Mata Pelajaran Tematik di SDN 60 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 38–47.

Surtikawati, E., Desstya, A., & Fathoni, A. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tematik diKkelas VI SD N 2 Girimarto. Else (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 76-91.

Triana, M., & Zubainur, C. M. (2019). Students' Mathematical Communication Ability through the Brain-Based Learning Approach Using Autograph. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 4(1), 1-10.

Walle, V.D, & Jhon, A. (2008). Matematika Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Bumi Erlangga.

Wahyi, H., Turmuzi, M., Tyaningsih, R. Y., & Azmi, S. (2023). Pengaruh pendekatan problem posing terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 315-325.

Wardhana, I. R., dan Lutfianto, M. 2018. “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa”. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 6(2), pp: 173–184.

Author Biographies

Rita Lefrida, Pendidikan Matematika

Radhiatul Husna, UPTD SDN 01 Talang

License

Copyright (c) 2025 Rita Lefrida, Radhiatul Husna

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).