Pengaruh Metode Sosiodrama Terhadap Kepedulian Sosial Siswa Dalam Pembelajaran PKn Siswa
DOI:
10.29303/jcar.v6i1.6841Published:
2024-01-22Issue:
Vol. 6 No. 1 (2024): FebruariKeywords:
Peduli, sosial, sosiodrama.Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Fenomena lunturnya kesadaran bahwa manusia adalah makhluk sosial dapat dilihat di lingkungan sekitar. Sekolah Dasar merupakan tempat pendidikan formal yang mempunyai tugas untuk membentuk dan menanamkan nilai-nilai karakter yang baik ke siswa sejak usia dini. Salah satu nya nilai yang harus ditanamkan kepada siswa yaitu sikap peduli sosial. Oleh karena itu perlu perlakuan pembelajaran yang tidak hanya berfokus pada guru, maka dari itu pembelajaran terkait kepedulian sosial perlu untuk didramatisasikan agar siswa bisa ikut andil dan langsung mempraktikkan apa yang telah dipelajari terkhusus dalam hal ini yaitu kepedulian sosial, untuk mewujudkan hal tersebut diterpakan metode pembelajaran sosidorama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode sosiodrama terhadap kepedulian sosial siswa dalam pembelajaran PKn siswa kelas V SDN 20 Ampenan tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen design dengan bentuk posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 20 Ampenan Tahun Ajaran 2023/2024 yang berjumlah 62 orang. Sampel dari penelitian ini yaitu siswa kelas V A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran resolusi konflik dan kelas V B sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional, dalam menentukan sampel teknik yang digunakan adalah sampel jenuh atau total sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui melakukan observasi dan pemberian posttest. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi dan angket kepedulian sosial siswa (posttest). Analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis (uji t), sebelum dilakukan uji hipotesis dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil analisis data nilai posttest menggunakan uji t dimana didapatkan nilai thitung = 2,505 > ttabel = 2,000 dengan taraf signifikan 5%, sehingga H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode pembelajaran sosiodrama berpengaruh terhadap kepedulian sosial siswa kelas V SDN 20 Ampenan Tahun Ajaran 2023/2024.
References
Abdulah. (2019) Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Menggunakan Metode Sosiodrama Untuk Menanamkan Kepedulian Sosial Siswa Kelas IV SD Swasta Seberang Jaya Tahun Pelajaran 2017/2018. JURNAL TUNAS PENDIDIKAN, 1 (2): 11-20.
Anggraeni, R., & Nisa, K. (2023). Pengaruh Kemampuan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 254-259.
Anwar, M. (2015). Pemebelajaran PPKN. Semarang: Wisma Putra.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Djamarah, S. B. & Zain, Z. (2016). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Mahendra, Y., Ermiana, I., & Jaelani, A. K. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berbicara Peserta Didik Gugus II Brang Rea Tahun Pelajaran 2022/2023. Journal of Classroom Action Research, 5(4).
Marmuniati, N. A., Tahir, M., & Indraswati, D. (2023). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Club Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 384-389.
Nurhayati (2022). Meningkatkan Kepedulian Sosial Siswa Melalui Pembiasaan Berinfak. Pendais: Jurnal Pendidikan dan Wawasan Keislaman. 4 (1) : 107-118.
Ponidi. (2019). “Penerapan Model Stad Guna Meningkatkanhasil Belajar Siswa Kelas IISDN Pada Mata Pelajaran Pknâ€. Jurnal Terampil: Pendidikan Dan Pembelajaran, 6 (1).
Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Rozhana, K. M., & Sari, N. K. (2018). Efektivitas sosiodrama dalam meningkatkan kepedulian sosial di sekolah dasar. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 23-30.
Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Sudijono, A. (2015). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Tabi’in, A. (2017). Menumbuhkan Sikap Peduli Pada Anak Melalui Interaksi Kegiatan Sosial. Jurnal IJTIMAIYA, 1 (1): 41-59.
Wuri, W & Fatuhrrohman. (2018). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Author Biography
wanda Ayu Lestari, universitas mataram
License
Copyright (c) 2024 wanda Ayu Lestari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).