Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Materi Puisi Kelas IV SD

Authors

  • Panjar Wengi Muji Astiti Universitas Mataram
  • Ahmad Hari Witono
  • Johan Mahyudi

DOI:

https://doi.org/10.29303/jcar.v6i1.6904

Keywords:

Multimedia, Pengembangan Video Pembelajaran, Puisi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan video pembelajaran berbasis multimedia materi puisi kelas IV SD dengan kelayakan yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan (R&D) dengan model ADDIE yaitu Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Deveploment), Implementasi (Implementation) dan Evaluasi (Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 3 Gumantar yang berjumlah 25 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kevalidan media diukur berdasarkan hasil penilaian yang didapatkan dari angket validasi media dan validasi materi. Sedangkan kepraktisan media diukur berdasakan penilaian yang didapatkan dari hasil angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan kevalidan media mendapatkan persentase 91% dengan kategori sangat valid dan kevalidan materi mendapatkan persentase 95% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil respon peserta didik kelompok kecil mendapatkan persentase 84% dengan kategori sangat praktis dan respon kelompok besar 85% dengan kategori sangat praktis. Dari hasil analisis data yang didapatkan tersebut menunjukkan bahwa video pembelajaran berbasis multimedia materi puisi kelas IV SD memenuhi kelayakan yaitu sangat valid dan sangat praktis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, D. L. L., Sutansi, S., & Muzaki, F. I. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Audio-Visual Berbasis Powtoon Materi Mengenal Macam-Macam Pantun Kelas V SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 2(8), 782–789. https://doi.org/10.17977/um065v2i82022p782-789

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. Pernik: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839

Amaliah, F., & Madeamin, R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Membaca pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD No. 198 Inpres Bontorita Kabupaten Takalar. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 2(2), 95-117.

Annisa, A. R., Putra, A. P., & Dharmono. (2020). Kepraktisan Media Pembelajaran Daya Antibakteri Ekstrak Buah Sawo Berbasis Macromedia Flash Practicality of Learning Media for Antibacterial Power of Sapodilla Fruit Extract Based Macromedia Flash. Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 76.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rikena Cipta.

Aryaningrum, K., & Pratama, R. E. (2017). Penggunaan Internet Multimedia Interaktif Untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 2(2), 10-27.

Eliyantika, E., Witono, A. H., & Jiwandono, I. S. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Guru Kelas IV SDN Kemiri Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1315–1326. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.749

Ernawati, I. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204–210. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17315

Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.

Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar. Prosiding TEP & PDs, 1(15), 96-102.

Hasan, M., et al. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.

Hidayat, A. (2021). Peran Seorang Guru Terhadap Inovasi Pendidikan Di Era Modern. Seri Publikasi Pembelajaran, 1(2), 1-6. https://doi.org/10.31219/osf.io/4j87n

Indriamukti, F. (2018). Membaca Puisi Anak Melalui Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 29(7), 2.896.

Indriani, N. M. P. S., Dewi, N. K., & Erfan, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Interaktif Materi Bangun Datar Siswa Kelas III SD Negeri 1 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 516–520. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.548

Juannita, E., & Mahyuddin, N. (2022). Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3300–3313. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2246

Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Jawa Timur: Bintang Surabaya.

Layaliya, F. N., Haryadi, H., & Setyaningsih, N. H. (2021). Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra (Studi Pustaka). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 6(2), 81–84. https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i2.12392

Magdalena, I., Ulfi, N., & Awaliah, S. (2021). Analisis Pentingnya Keterampilan Berbahasa Pada Siswa Kelas Iv Di Sdn Gondrong 2. Edisi: Jurnal Edukasi dan Sains, 3(2), 243-252. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Melani, W. W., Tahir, M., & Khair, B. N. (2022). Model Video Pembelajaran Ipa Pada Kelas IV. Journal of Clasroom Action Research, 4(2), 115-118. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1609.

Mutia. (2021). Characteristics Of Children Age Of Basic Education. Fitrah: International Islamic Education Journal, 3(1), 114–131. https://doi.org/10.22373/fitrah.v3i1.1330

Muna, N., K., & Wardhana, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi dengan Model ADDIE pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Perkenalan Diri dan Keluarga untuk Kelas 1 SD. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 175–183. https://doi.org/10.26740/eds.v5n2.p175-183

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Panje, M., Sihkabuden, & Toenlioe, A. J. E. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Bahasa Indonesia Teknik Membaca Puisi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(8), 1473–1478.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Yustiqvar, M. (2023, April). Increasing student science literacy: Learning studies using Android-based media during the Covid-19 pandemic. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2619, No. 1). AIP Publishing.

Savitri, K. P. B., & Manuaba, I. B. S. (2022). Pengembangan Video Animasi Berbasis Model PBL sebagai Media Pembelajaran Muatan Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas V. JPDK: Research & Learning in Primary Education, 4(2), 344-354.

Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surjono, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif. Yogyakarta: UNY Press.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Yulinda, N., Witono, A. H., & Fauzi, A. (2023). Pengembangan Media Miniatur Tiga Dimensi Berbahan Dasar Kertas untuk Pemahaman Diri Siswa Tentang Mitigasi Bencana di Kelas 6 Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 159-167.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Downloads

Published

2024-02-12

How to Cite

Astiti, P. W. M., Witono, A. H., & Mahyudi, J. (2024). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Materi Puisi Kelas IV SD. Journal of Classroom Action Research, 6(1), 147–161. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i1.6904

Issue

Section

Articles