Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Materi Puisi Kelas IV SD
DOI:
10.29303/jcar.v6i1.6904Published:
2024-02-12Issue:
Vol. 6 No. 1 (2024): FebruariKeywords:
Multimedia, Pengembangan Video Pembelajaran, PuisiArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan video pembelajaran berbasis multimedia materi puisi kelas IV SD dengan kelayakan yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan (R&D) dengan model ADDIE yaitu Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Deveploment), Implementasi (Implementation) dan Evaluasi (Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 3 Gumantar yang berjumlah 25 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kevalidan media diukur berdasarkan hasil penilaian yang didapatkan dari angket validasi media dan validasi materi. Sedangkan kepraktisan media diukur berdasakan penilaian yang didapatkan dari hasil angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan kevalidan media mendapatkan persentase 91% dengan kategori sangat valid dan kevalidan materi mendapatkan persentase 95% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil respon peserta didik kelompok kecil mendapatkan persentase 84% dengan kategori sangat praktis dan respon kelompok besar 85% dengan kategori sangat praktis. Dari hasil analisis data yang didapatkan tersebut menunjukkan bahwa video pembelajaran berbasis multimedia materi puisi kelas IV SD memenuhi kelayakan yaitu sangat valid dan sangat praktis.
References
Agustin, D. L. L., Sutansi, S., & Muzaki, F. I. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Audio-Visual Berbasis Powtoon Materi Mengenal Macam-Macam Pantun Kelas V SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 2(8), 782–789. https://doi.org/10.17977/um065v2i82022p782-789
Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. Pernik: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839
Amaliah, F., & Madeamin, R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Membaca pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD No. 198 Inpres Bontorita Kabupaten Takalar. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 2(2), 95-117.
Annisa, A. R., Putra, A. P., & Dharmono. (2020). Kepraktisan Media Pembelajaran Daya Antibakteri Ekstrak Buah Sawo Berbasis Macromedia Flash Practicality of Learning Media for Antibacterial Power of Sapodilla Fruit Extract Based Macromedia Flash. Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 76.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rikena Cipta.
Aryaningrum, K., & Pratama, R. E. (2017). Penggunaan Internet Multimedia Interaktif Untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 2(2), 10-27.
Eliyantika, E., Witono, A. H., & Jiwandono, I. S. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Guru Kelas IV SDN Kemiri Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1315–1326. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.749
Ernawati, I. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204–210. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17315
Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.
Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar. Prosiding TEP & PDs, 1(15), 96-102.
Hasan, M., et al. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.
Hidayat, A. (2021). Peran Seorang Guru Terhadap Inovasi Pendidikan Di Era Modern. Seri Publikasi Pembelajaran, 1(2), 1-6. https://doi.org/10.31219/osf.io/4j87n
Indriamukti, F. (2018). Membaca Puisi Anak Melalui Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 29(7), 2.896.
Indriani, N. M. P. S., Dewi, N. K., & Erfan, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Interaktif Materi Bangun Datar Siswa Kelas III SD Negeri 1 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 516–520. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.548
Juannita, E., & Mahyuddin, N. (2022). Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3300–3313. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2246
Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Jawa Timur: Bintang Surabaya.
Layaliya, F. N., Haryadi, H., & Setyaningsih, N. H. (2021). Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra (Studi Pustaka). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 6(2), 81–84. https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i2.12392
Magdalena, I., Ulfi, N., & Awaliah, S. (2021). Analisis Pentingnya Keterampilan Berbahasa Pada Siswa Kelas Iv Di Sdn Gondrong 2. Edisi: Jurnal Edukasi dan Sains, 3(2), 243-252. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Melani, W. W., Tahir, M., & Khair, B. N. (2022). Model Video Pembelajaran Ipa Pada Kelas IV. Journal of Clasroom Action Research, 4(2), 115-118. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1609.
Mutia. (2021). Characteristics Of Children Age Of Basic Education. Fitrah: International Islamic Education Journal, 3(1), 114–131. https://doi.org/10.22373/fitrah.v3i1.1330
Muna, N., K., & Wardhana, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi dengan Model ADDIE pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Perkenalan Diri dan Keluarga untuk Kelas 1 SD. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 175–183. https://doi.org/10.26740/eds.v5n2.p175-183
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Panje, M., Sihkabuden, & Toenlioe, A. J. E. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Bahasa Indonesia Teknik Membaca Puisi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(8), 1473–1478.
Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Yustiqvar, M. (2023, April). Increasing student science literacy: Learning studies using Android-based media during the Covid-19 pandemic. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2619, No. 1). AIP Publishing.
Savitri, K. P. B., & Manuaba, I. B. S. (2022). Pengembangan Video Animasi Berbasis Model PBL sebagai Media Pembelajaran Muatan Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas V. JPDK: Research & Learning in Primary Education, 4(2), 344-354.
Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surjono, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif. Yogyakarta: UNY Press.
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Yulinda, N., Witono, A. H., & Fauzi, A. (2023). Pengembangan Media Miniatur Tiga Dimensi Berbahan Dasar Kertas untuk Pemahaman Diri Siswa Tentang Mitigasi Bencana di Kelas 6 Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 159-167.
Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.
Author Biography
Panjar Wengi Muji Astiti, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2024 Panjar Wengi Muji Astiti, Ahmad Hari Witono, Johan Mahyudi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).