An Article Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Etnopedagogi Suku Sasak pada Materi IPAS Bab 5 Kelas IV

Authors

Amelisa Sirtufillaily , Muhammad Tahir , Hasnawati

DOI:

10.29303/jcar.v6i1.6918

Published:

2024-02-12

Issue:

Vol. 6 No. 1 (2024): Februari

Keywords:

Etnopedagogi, IPAS, Modul Pembelajaran

Articles

Downloads

How to Cite

Sirtufillaily, A., Tahir, M. ., & Hasnawati. (2024). An Article Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Etnopedagogi Suku Sasak pada Materi IPAS Bab 5 Kelas IV. Journal of Classroom Action Research, 6(1), 140–146. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i1.6918

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Kurikulum merdeka menekankan pentingnya integrasi budaya lokal dalam materi pembelajaran di sekolah. Sementara itu, proses pembelajaran IPAS Bab 5 kelas IV di SDN 38 Cakranegara belum menunjukkan adanya integrasi budaya lokal dalam materi yang dipelajari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul pembelajaran berbasis etnopedagogi suku Sasak pada materi IPAS bab 5 untuk peserta didik kelas IV yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian Research & Development (R&D) dengan model 4D. Prosedur penelitian adalah sebagai berikut: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket validasi ahli media dan materi serta angket respon guru dan peserta didik. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Desain pengembangan modul pembelajaran berbasis etnopedagogi suku Sasak ini terdiri dari tiga bagian yakni pendahuluan, isi modul, dan penutup. Penelitian ini menunjukkan persentase hasil uji validasi ahli media sebesar 87,53% dengan kategori sangat valid, ahli materi sebesar 82,23% dengan kategori sangat valid, respon peserta didik sebesar 88,91% dengan kategori sangat praktis, dan respon guru sebesar 89,99% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil uji validasi ahli materi dan media yang diperkuat oleh hasil respon guru dan peserta didik dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran berbasis etnopedagogi suku Sasak pada materi IPAS bab 5 kelas IV dinyatakan sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

References

Aswasulasikin, A., Pujiani, S., & Hadi, Y. A. (2020). Penanaman Nilai Nasionalis Melalui Pembelajaran Budaya Lokal Sasak di Sekolah Dasar. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 63-76.

Cahyati, S. S., Cynantia, R., & Rizkiani, S. (2015). Analisis Kebutuhan Siswa dalam Materi Buku Teks Bahasa Inggris Tingkat SMK. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 2(2), 209-216.

Daulay, H. P., Dahlan, Z., & Siregar, A. (2021). Manusia dalam Pendidikan Islam Menurut Hasan Langgulung. Islamic Education, 1(1), 11-20.

Divan, S. (2018). Pengembangan bahan ajar tematik berbasis budaya lokal untuk peserta didik kelas IV sekolah dasar. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 3(1), 101-114.

Febrianti, R., Suarta, I. N., & Jaelani, A. K. (2023). Pengembangan Busy Book Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif pada Anak Kelompok B. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 194-200.

Firmansyah, H., Ramadhan, I., & Wiyono, H. (2021). Pembelajaran Berbasis Etnopedagogi. Penerbit Lakeisha.

Fitri A., et al. (2021). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Jakarta:Pusat Kurikulum dan Perbukuan

Herlina, H. (2019). Pengembangan Bahan Pembelajaran Berbasis Hypercontent pada Pembelajaran Tematik Daerah Tempat Tinggalku. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(3), 215-230.

Insani, F., Tahir, M., & Erfan, M. (2023). Pengembangan Media Kartu Qimono (QR Domino) Pada Pembelajaran IPA Materi Pernapasan Untuk Siswa Kelas V SDN 22 Ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1631-1638.

Isra, M., Tahir, M., Zain, M. I., & Istiningsih, S. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Tema: keunikan Daerah Tempat Tinggalku Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 188-192.

Khosi’urrohmah, I., Sridana, N., Hikmah, N., & Prayitno, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-learning Berbasis Blogspot untuk Pembelajaran Mandiri Siswa pada Materi Koordinat Kartesius Kelas VIII SMP Negeri 1 Pringgasela. Journal of Classroom Action Research, 4(4).

Martini, I. (2023). Profil Pelajar Pancasila: Dimensi Berkebhinekaan Global Pertahankan Budaya Luhur dan Menghargai Budaya Dunia. https://www.melintas.id/pendidikan/342951617/profil-pelajar-pancasila-dimensi-berkebhinekaan-global-pertahankan-budaya-luhur-dan-menghargai-budaya-dunia?page=2 diakses 15 Desember 2023.

Melawati, D., & Istianah, F. (2022). Pengembangan Modul Berbasis Etnosains pada Pembelajaran IPA Materi Ekosistem Kelas V Sekolah Dasar. JPGSD, 10(04), 709-722.

Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan model pembelajaran. Diakses dari http://staff. uny. ac. id/sites/default/files/pengabdian/dra-endang-mulyatiningsih-mpd/7cpengembangan-model-pembelajaran. pdf. pada September.

Nahak, H. M. (2019). Upaya melestarikan budaya indonesia di era globalisasi. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(1), 65-76.

Normina. (2017). Pendidikan dalam Kebudayaan. Itihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 15(28), 17-28.

Nurrahmi, R. (2018). Pengembangan Modul Berbasis Kearifan Lokal Daerah Istimewa Yogyakarta Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. BASIC EDUCATION, 7(17), 1-627.

Parhanuddin, L., Nurdin, E. S., Budimasyah, D., & Ruyadi, Y. (2023). Urgensi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Etnis Sasak di Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy, 10(3), 926-935.

Prasetya, P., Nurhasanah, N., & Oktaviyanti, I. Pengembangan LKPD berbasis komik muatas IPS tema 3 subtema 3 pada Kelas IV SDN 42 Cakranegara. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 6(2), 190-198.

Rahayu, G. D. S., Rahman, R., Karlina, D. A., Anggraini, G. F., & Ratumanan, S. D. (2021). Etnopedagogi: Persepsi dan Implementasinya di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 8(2), 136-141.

Rohayani, S., Masrum, M., & Masthuro, M. (2020, November). Upaya Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Materi Keberagaman Masyarat Indonesia melalui Metode Kooperatif Jigsaw. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 52-58).

Rohmah, N. N. S., Markhamah, Narimo, S., dan Widyasari, C. (2023) Strategi Penguatan Profil pelajar Pancasila Dimensi Berkebhinekaan Global di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1254-1269

Salma, T. P., Wiguna, F. A., & Imron, I. F. (2023, August). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Budaya Lokal Pada Materi Keragaman Budaya Kelas IV Sekolah Dasar. In Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran) (Vol. 6, pp. 1575-1580).

Sari, F. L. & Najicha, F. U. (2022). Nilai-nilai sila persatuan Indonesia dalam keberagaman kebudayaan Indonesia. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 11(1), 79-85.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (1st ed.). Bandung:Alfabeta

Author Biography

Amelisa Sirtufillaily, PGSD Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Amelisa Sirtufillaily, Muhammad Tahir, Hasnawati

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).