Pengaruh Kemandirian dan Kemampuan Komunikasi Matematis Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Relasi Dan Fungsi
DOI:
10.29303/jcar.v6i1.6965Published:
2024-02-19Issue:
Vol. 6 No. 1 (2024): FebruariKeywords:
Hasil Belajar Siswa, Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemandirian.Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Kemandirian dan kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika merupakan dua komponen kompetensi yang sangat penting yang harus dikuasai siswa serta sangat memengaruhi hasil belajar siswa. Namun, siswa di SMPN 4 Mataram memiliki kemandirian dan kemampuan komunikasi matematis yang tergolong rendah. Akibatnya hasil belajar siswa yang diperoleh lebih dari 50% secara klasikal berada di bawah KKM. Oleh karena itu, penelitian ini difokuskan pada dua variabel yang memengaruhi hasil belajar yaitu kemandirian dan kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasinya berjumlah 125 siswa kelas VIII dengan menggunakan Simple Random Sampling diperoleh sampel sebanyak 32 siswa. Data siswa kelas VIII SMPN 4 Mataram Tahun Ajaran 2023/2024 dikumpulkan menggunakan angket dan tes. Dengan menggunakan analisis regresi diperoleh hasil 1) Ada pengaruh kemandirian terhadap hasil belajar siswa pada materi relasi dan fungsi sebesar 25,4%; 2) Ada pengaruh kemampuan komunikasi matematis terhadap hasil belajar siswa pada materi relasi dan fungsi sebesar 43,8% 3) Ada pengaruh kemandirian dan kemampuan komunikasi matematis secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada materi relasi dan fungsi sebesar 72,4%.
References
Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematik Siswa Kelas Xi Sma Putra Juang Dalam Materi Peluang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144-153. doi: https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.62.
Arviana, A., Syahrilfuddin, S., & Antosa, Z. (2020). Analisis Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Ivb Sd Negeri 147 Pekanbaru Analisis Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Ivb Sd Negeri 147 Pekanbaru. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 28-34. Retrieved from https://psn.prosiding.unri.ac.id/index.php/PSN/article/view/7881/0
Baidowi, B., Sarjana, K., Novitasari, D., & Kurniawan, E. (2021). Peningkatan Kemandirian Dan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika Dengan Lesson Study Melalui Blended Learning. Jurnal Pijar Mipa, 16(3), 366-373. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i3.2267.
Damayanti, R. R., Zulkarnain, I., & Sari, A. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Quick On The Draw. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 54 – 61. Retrieved from https://repodosen.ulm.ac.id/handle/123456789/24886.
Hodiyanto, H. (2017). Kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. AdMathEdu, 7(1), 9-18. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/hodiyanto_hodiyanto/publication/330086310_kemampuan_komunikasi_matematis_dalam_pembelajaran_matematika/links/63e637bee2e1515b6b8718c6/kemampuan-komunikasi-matematis-dalam-pembelajaran-matematika.pdf.
Indah, R. P., & Farida, A. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 41-47. Retrieved from http://journal.upy.ac.id/index.php/derivat/article/view/1641.
Kurniawan, E. (2022). Peran Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Era New Normal. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 327–334. doi:https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.196
Rahmalia, R., Hajidin, H., & Ansari, B. I. (2020). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Disposisi Matematis Siswa SMP Melalui Model Problem Based Learning. Numeracy, 7(1), 137-149. doi:https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i1.1038
Riyanti, Y., Wahyudi, W., & Suhartono, S. (2021). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1309-1317. Retrieved from https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/554.
Sarjana, K., Turmuzi, M., Tyaningsih, R. Y., Lu'luilmaknun, U., & Kurniawan, E. (2022). Faktor-Faktor Penentu Keberhasilan Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika di Era New Normal. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 309–316. doi:https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.303.
Sobri, M. (2020). Kontribusi Kemandirian Dan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar. Bandung: Guepedia.
Soviawati, E. (2011). Pendekatan Matematika Realistik (Pmr) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa Di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Edisi Khusus, 2(2), 79-85. Retrieved from https://www.academia.edu/download/31506577/9-EviSoviawati-edit.pdf.
Sripatmi, S., Baidowi, B., & Fitriani, F. (2019). Pengaruh Motivasi dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMAN 1 Jonggat. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 1(2), 104-112. Retrieved from http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/MANDALIKA/article/view/1428.
Turmuzi, M., Wahidaturrahmi, Kurniawan, E. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa pada Materi Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1-12. Retrieved from http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2975962&val=26640&title=Analisis%20Kemampuan%20Komunikasi%20Matematis%20Mahasiswa%20pada%20Materi%20Geometri.
Yulianingsih, L. T., & Sobandi, A. (2017). Kinerja mengajar guru sebagai faktor determinan prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 49. Retrieved from https://pdfs.semanticscholar.org/c152/67941f9055e08adf64d204fc80caa393cb19.pdf.
Zahara, Z. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Komunikasi Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematisa Siswa Kelas XI IPA Di SMA Negeri 1 Kerinci. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 11(2), 226-244. Retrieved from http://dikdaya.unbari.ac.id/index.php/dikdaya/article/view/218/0.
Author Biography
Anis Suliyani, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2024 Anis Suliyani, Amrullah, Eka Kurniawan, Nani Kurniati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).