Analisis Miskonsepsi Materi Biologi Menggunakan Soal Pilihan Ganda Dua Tingkat

Authors

Kasulasil Anwari , Muhlis , Imam Bachtiar

DOI:

10.29303/jcar.v6i1.6972

Published:

2024-01-19

Issue:

Vol. 6 No. 1 (2024): Februari

Articles

Downloads

How to Cite

Anwari, K. ., Muhlis, & Bachtiar, I. . (2024). Analisis Miskonsepsi Materi Biologi Menggunakan Soal Pilihan Ganda Dua Tingkat . Journal of Classroom Action Research, 6(1), 86–92. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i1.6972

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Miskonsepsi sering terjadi pada siswa, penyebab terjadinya miskonsepsi yaitu cara mengajar, buku teks dan peserta didik itu sendiri, maka dapat digunakan tes pilihan ganda dua tingkat untuk mendeteksi adanya miskonsepsi pada peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitataif yang bertujuan untuk mendeskripsikan persentase miskonsepsi dan mengidentifikasi letak kesalahan konsep. Subjek penelitian yaitu 47 siswa kelas XI IPA dan XI IPS di SMAN 1 Praya Barat Daya. Instrumen penelitian ini adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model Analysis Miles and Huberman yang terdiri dari resuksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwan 30% peserta didik yang mengalami miskonsepsi pada pokok bahasan sistem pernapasan manusia dan hewan. Miskonsepsi siswa di kelas IPA sebesar 15% dan kelas IPS sebesar 41%. Letak kesalahan miskonsepsi siswa IPA dan IPS hampir sama yaitu pada konsep struktur dan fungsi sistem pernapasan manusia, proses pernapasan manusia, pertukaran gas O2 dan CO2, kelainan pada sistem pernapasan dan struktur dan fungsi sistem pernapasan hewan.

References

Abdurahman, D. (2008). Biologi Kelompok Pertanian. PT Grafindo Media Pratama.

Amalia, E, L., & Dhebys S., H. (2019). Augmented Reality Untuk Sistem Pernapasan Pada Manusia. SMARTICS Journal. 5(2), 55-59.

Arslan, H. O., C. Cigdemoglu, & Moseley, C. (2012). A Three-Tier Diagnostic Test to Assess Pre-Service Teachers’ Misconceptions about Global Warming, Greenhouse Effect, Ozone Layer Depletion, and Acid Rain. International Journal of Science Education. 34(11), 1667-1686.

Budi, I, S., Ardillah, Y., Sari, I, P., & Septiawati, D. (2018). Analisis Faktor Resiko Kejadian Penyakit Tuberculosis Bagi Masyarakat Daerah Kumuh Kota Palembang. Journal Kesehatan Lingkungan Indonesia. 17(2), 87-94.

Busyairi, A., Ahmad, H., Jannatin., Ardhuha., & Hikmawati. (2022). Analisi Profil Miskonsepsi Calon Guru Fisik Pada Konsep Gaya Gesek dan Hukum III Newton Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Ilmiah dan Profesi Pendidikan. 7(2), 949-956.

Dewi, N, P., Martini., & Aris, R, P. (2021). Analisis Miskonsepsi Peserta Didik Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Pensa E-Jurnal Pendidikan Sains. 9(3), 422-428.

Harianti, Y., Lalu, H, A., & Asri, F. (2022). Analisi Miskonsepsi Siswa pada Materi Nilai tempat Bilangan Dalam Pembelajaran Nurmerasi Dasar. Journal of Classroom Action Research. 4(2), 53-60.

Hasnah, N, N & Supeno, W. (2017). Kekuatan Retensi Siswa dalam Pembelajaran Fisika Pada Pokok Bahasan Momentum dan Implus Menggunakan LKS Berbasis Mind Mapping. Jurnal Pembelajaran Dan Pendidikan Sains. 2(1), 25-32.

Ibrahim, M. (2012). Konsep, Miskonsepsi dan Cara Pembelajarannya. Surabaya:Unesa University Press.

Irawan, R., Reviona., & Harsini. (2019). Korelasi Kadar Copeptin dan Skor PSI Waktu Terapi Sulih Antibiotik Intravena ke Oral dan Lama Rawat Pneumonia Komunitas. Jurnal Respirologi Indonesia. 39(1), 44-53.

Istikomah, I., Hendratto, S., Bambang, S., & Budiono, J. D. (2010). Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Menumbuhkan Sikap Ilmiah Peserta Didik. Jurnal Pendidikaan Fisika Indonesia. 6(2), 40-47.

Nining, D., Nur, L., & Lalu, J. (2019). Analisis Miskonsepsi Menggunakan Teknik Modifikasi Certainty of Response Index Dalam Pembelajaran Tentang Kingdom Plantae dan Animalia Pada Siswa di Kelas X IPA SMAN 1 Pringgabaya Lombok Timur Tahun 2016. Jurnal ilmiah Pendidikan Indonesia. 1(1), 49-56.

Pratama, S., Agil, A, I., Kusmiyati & Dadi, S. (2020). Analisis miskonsepsi pada materi sistem reproduksi siswa kelas XI MAN 1 Lombok Barat Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Sains. 1(3), 59-65.

Pujayanto., Budiharti, R., Rdiyono, Y., Nuraini, N.R.A., Putri, H.V., Saputro, D.E., & Adhitama, E. (2018). Pengembangan Tes Diagnostik Miskonsepsi 4 Tahap Materi Kinematika. Jurnal Il miah Pendidikan. 37(2), 238-249.

Putra, A., S., H. (2017). Analisis Sirkulasi Pada Sistem Pernapasan Manusia Menggunkan Metode Volume Hingga. Kadikma. 8(2), 96-104.

Salmi. (2022). Penggunaan Pemodelan Paru-Paru Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Tentang Mekanisme Pernapasan di Kelas VIII.8 MTSN 2 Kota Bima. Lambd Journal, Lembaga Bale Literasi. 2(2), 86-94.

Samiha, Y, T., Erie A., & Gestri, R. (2017). Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 4 Penukal Utara Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Pendopo. Bioilmi. 3(1), 38-46

Saminan. (2012). Pertukaran Udara O2 dan CO2 Dalam Pernapasan. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala. 12(2), 122-126.

Shidiq, A. S., Masykuri, M., & Van Hayus, E. S. (2014). Pengembangan Instrumen Penilaian Two-tier Multiple Choice Untuk Mengukur Ketrampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Untuk Siswa SMA/MA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Kimia. 3(4), 83-92.

Suetejo, B. (2012). Panduan Pengembangan IPA Terpadu untuk Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiah. Jakarta: Depdiknas.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Tekkaya, C. (2002). Misconceptions as barrier to understanding biology. Journal of Hacettepe University Education journal. 23, 259-266.

Wahyuningsih, T., Raharjo, T., & Masithoh, D.F. (2013). Pembuatan Instrumen Tes Diagnostik Fisika SMA Kelas XI. Jurnal Penidikan Fisika.1 (1), 111-121.

Zuhullaili, B, I, H., Dwi, L., & Jeckson, S. (2022). Identifikasi Miskonsepsi Dalam Menyelesaikan Soal Kimia Pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi. Chemistry Education Practice. 5(2), 245-250.

License

Copyright (c) 2024 Kasulasil Anwari, Muhlis, Imam Bachtiar

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).