Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Literasi Matematika Siswa

Authors

Putri Lusiana Mursida , Muhammad Turmuzi , Iva Nurmawanti

DOI:

10.29303/jcar.v6i1.7016

Published:

2024-02-23

Issue:

Vol. 6 No. 1 (2024): Februari

Keywords:

Realistic Mathematic Education (RME) learning model, Mathematical literacy, Quasi experimental design.

Articles

Downloads

How to Cite

Mursida, P. L., Turmuzi, M. ., & Nurmawanti, I. . (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Literasi Matematika Siswa . Journal of Classroom Action Research, 6(1), 171–178. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i1.7016

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap literasi matematika siswa kelas IV di SDN 1 Dasan Baru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi eksperiment design, dengan desain penelitian tipe non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN 1 Dasan Baru tahun ajaran 2023/2024.. Pupulasi dalam penelitian ini adalah 46 siswa yang terdiri dari dua kelas, yang terdiri dari kelas IV A (kelas eksperimen) dan kelas IV B (kelas kontrol). Metode yang digunakan dalam pengambalilan data adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas), uji hipotesis (uji Independent sampel t-Test), dan uji N-Gain. Hasil uji Independent sampel t-Test diperoleh nilai sig. 2-tailed sebesar 0,017 kurang dari 0,05 (sig. 2-tailed ≤ 0,05) artinya Ha diterima dan Ho ditolak, maka terdapat pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap literasi matematika siswa kelas IV di SDN 1 Dasan Baru.

References

Anwar, N. T. (2018). Peran Kemampuan Literasi Matematis pada Pembelajaran Matematika Abad-21. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 364–370. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Astuti, A. (2018). Penerapan Realistic Mathematic Education (Rme) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vi Sd. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 49-61.

Fahmy, A. F. R., Wardono, & Masrukan. (2018). Kemampuan Literasi Matematika dan Kemandirian Belajar Siswa pada Model Pembelajaran RME Berbantuan Geogebra. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(22),559–567.

Fahmy, A. F. R., Wardono, W., & Masrukan, M. (2018, February). Kemampuan literasi matematika dan kemandirian belajar siswa pada model pembelajaran RME berbantuan Geogebra. In Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 559-567).

Fauzan, A., Plomp, T., & Gravemeijer, K. (2013). The development of an rme-based geometry course for Indonesian primary schools. In T. Plomp, & N. Nieveen (Eds.), Educational design research – Part B: Illustrative cases (pp. 159-178). Enschede, the Netherlands: SLO.

Insani, S. P., Darmiany, D., Nurmawanti, I., & Witono, A. H. (2023). Kreativitas guru di abad 21 dalam mengatasi kejenuhan belajar matematika siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 66-72.

Laurens, T., Batlolona, F. A., Batlolona, J. R., & Leasa, M. (2017). How does realistic mathematics education (RME) improve students’ mathematics cognitive achievement? Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 569–578.

Madyaratri, D. Y. (2019). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Pada Pembelajaran Pbl Dengan Tinjauan Gaya Belajar. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 34–39.

Martini, E. (2018). Membangun karakter generasi muda melalui model pembelajaran berbasis kecakapan abad 21. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 3(2), 21-27.

Mubarokah, N. L., & Khuzaini, N. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 3(1), 82-86.

Nurfadilah, I., Hepsi, Fatah, A. (2021). Using realistic mathematics education in mathematical problem-solving ability based on students’ mathematical initial ability. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 35-46. https://doi.org/10.31000/prima.v5i1.3166.

OECD. (2019). PISA (2018) Assessment and Analytical Framework. Paris: OECD Publishing.

Prastiyo, H. (2020). Kemampuan matematika siswa Indonesia berdasarkan TIMSS. Jounal Pedagogik, 3 (2),111-117.

Rekalasdiana, T. A., Nugroho, W., & Setiawan, A. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RME TERHADAP ASPEK KOGNITIF MATEMATIKA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 9(1), 44-52.

Sari, A., & Yuniati, S. (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 71–80. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V2i2.49

Sari, A., & Yuniati, S. (2018). Penerapan pendekatan realistic mathematics education (RME) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 71-80.

Setyani, Y. L., & Amidi, A. (2022, February). Telaah Model PBL-RME Bernuansa Etnomatematika pada Outdoor Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 5, pp. 520-536).

Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Tedy, T., Stevani, R., Tamara, R., & Yuliani, Y. (2023). Teknik Pembacaan Media Puzzle Huruf di Sekolah Dasar Kalimantan Tengah. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(2), 187-196.

Trimahesri, I., & Hardini, A. T. A. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Model Realistic Mathematics. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(2), 111-120.

Umbara, U., & Nuraeni, Z. (2019). Analisis Interaksi antara Pembelajaran RME Berbantuan Adobe Flash CS6 dengan Kemampuan Awal Matematika dalam Meningkatkan Literasi Matematis. Jurnal Elemen, 5(2), 140-154.

Witha, T. S., Karjiyati, V., & Tarmizi, P. (2021). Pengaruh Model RME Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas IV SD Gugus 17 Kota Bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(2), 136–143. https://doi.org/10.33369/juridikdas.3.2.136-143

Yuanita, P. (2018). The effectiveness of Realistic Mathematics Education approach: The role of mathematical representation as mediator between mathematical belief and problem solving. PLoS ONE, 13(9). https://doi.org/10.1371/journal.pon e.0204847

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Author Biography

Putri Lusiana Mursida, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Putri Lusiana Mursida, Muhammad Turmuzi, Iva Nurmawanti

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).