Konsep dan Implementasi Inovasi Pendidikan Islam

Authors

  • Adi Surya Pranata
  • Yudhi Setiawan
  • Deddy Ramdhani

DOI:

https://doi.org/10.29303/jcar.v6i1.7040

Keywords:

Aspek kognitif, Inovasi pendidikan, Pendidikan Agama Islam, Simbolistik.

Abstract

Inovasi pendidikan merupakan suatu ide, metode, media atau hal-hal  lainnya yang diamati dan dirasakan sebagai sebuah kebaruan untuk pendidikan yang berupa hasil invensi atau discovery, yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan atau pemecahan masalah pendidikan. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisa konsep, tujuan, prinsip, dan model inovasi pendidikan serta implementasinya terhadap pendidikan Islam. Metode penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau library research. Data penelitian diperoleh dari berbagai sumber seperti buku, artikel, jurnal atau  dokumen yang relevan tentang inovasi-inovasi pendidikan Islam. Hasil analisis data menemukan bahwa inovasi pendidikan agama islam harus mempunyai konsep dasar yang kokoh untuk mewujutkan tujuan pendidikan yang ingin dicapai. Prinsip dan model inovasi pendidikan juga harus menjadi perhatian karena menjadi acuan untuk mengetahui berkualitas atau tidaknya suatu inovasi pendidikan. Implementasi inovasi pendidikan Islam mencakup 6 hal yaitu, inovasi strategi pembelajaran, metode, materi, sumber daya agama, media dan instrumen penunjangnya. Kegagalan inovasi Pendidikan Agama Islam (PAI) di Indonesia terjadi karena dua aspek yaitu terlalu simbolistik dan mengutamakan aspek kognitif. Inovasi pendidikan agama islam sangat penting untuk dilaksanakan agar pendidikan agama islam dapat memenuhi tuntutan dinamika masyarakat, perkembangan IPTEKs, dan pembengunan disemua aspek kehidupan berbangsa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, K., Harahap, H., Nasution, W. N., Program, M., & Islam, P. (2018). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI ) di Sekolah Dasar Negeri 097523 Perumnas Batu VI Kcamatan Siantar Kabupaten Simalungun. Edu Religia : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 2(2), 275–290.

Akhyak. (2004). Inovasi Pendidikan Islam. PT. Bina Ilmu.

Amaliyah, A., & Rahmat, A. (2021). Pengembangan Potensi Peserta Didik Melalui Proses Pendidikan. At-Tadib : Journal of Elementary Education, 5(1), 28–45.

Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2022). Studi Literatur : Peran Inovasi Pendidikan pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital. 8(2), 173–184.

Arza, A. (1998). Pendidikan Islam : Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru. Logos.

Az-Zuhaili, W. (2014). Tafsir Al-Munir (A. H. Al-Kattani, M. Subadi, & A. Ikhwani (trans.); 14th ed.). Gema Insani.

Dini, I. M., Fajriyah, Mahdiah, Y., Fahmadia, E., & Lukitasari, I. (2020). Pembangunan Manusia Berbasis Gender. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

Fathoni, K. (2005). Pendidikan Islam dan Pendidikan Nasional. Depag RI.

Hasbullah. (2009). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Raja Grafindo Persada.

Kusnandi. (2017). Model Inovasi Pendidikan dengan Strategi Implementasi Konsep Dare to Be Different. Jurnal Wahana Pendidikan, 4(1), 132–144.

Latifah, L. (2020). Makna Isi Kandungan Surah Al-a’Raf Ayat 179 Dalam Konsep Dan Karakteristik Pendidikan Islam. Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial, 2(1), 39–48. https://doi.org/10.31602/jt.v2i1.2929

Muhaimin. (2003). Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam. Nuansa.

Naif. (2016). Urgensi Inovasi Pendidikan Islam : Menyatukan Dikotomi Pendidikan. Kordinat, 15(1), 1–16.

Nata, A. (2003). Manajemen Pendidikan : Mengatasi Kelemahan Pendidikan Di Indonesia. Prenata Media.

Rusdiana. (2014). Konsep Inovasi Pendidikan (1st ed.). Pustaka Setia.

Sa’ud, U. S. (2018). Inovasi Pendidikan (Riduwan (ed.); 10th ed.). Alfabeta.

Sudiro, S., & Gultom, E. (2004). Media Pembelajaran Sebagai Pilihan dalam Strategi Pembelajaran. Prenata Media.

Downloads

Published

2024-01-29

How to Cite

Pranata, A. S. ., Setiawan, Y. ., & Ramdhani, D. (2024). Konsep dan Implementasi Inovasi Pendidikan Islam . Journal of Classroom Action Research, 6(1), 119–124. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i1.7040

Issue

Section

Articles