Konsep dan Implementasi Inovasi Pendidikan Islam

Authors

Adi Surya Pranata , Yudhi Setiawan , Deddy Ramdhani

DOI:

10.29303/jcar.v6i1.7040

Published:

2024-01-29

Issue:

Vol. 6 No. 1 (2024): Februari

Keywords:

Aspek kognitif, Inovasi pendidikan, Pendidikan Agama Islam, Simbolistik.

Articles

Downloads

How to Cite

Pranata, A. S. ., Setiawan, Y. ., & Ramdhani, D. (2024). Konsep dan Implementasi Inovasi Pendidikan Islam . Journal of Classroom Action Research, 6(1), 119–124. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i1.7040

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Inovasi pendidikan merupakan suatu ide, metode, media atau hal-hal  lainnya yang diamati dan dirasakan sebagai sebuah kebaruan untuk pendidikan yang berupa hasil invensi atau discovery, yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan atau pemecahan masalah pendidikan. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisa konsep, tujuan, prinsip, dan model inovasi pendidikan serta implementasinya terhadap pendidikan Islam. Metode penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau library research. Data penelitian diperoleh dari berbagai sumber seperti buku, artikel, jurnal atau  dokumen yang relevan tentang inovasi-inovasi pendidikan Islam. Hasil analisis data menemukan bahwa inovasi pendidikan agama islam harus mempunyai konsep dasar yang kokoh untuk mewujutkan tujuan pendidikan yang ingin dicapai. Prinsip dan model inovasi pendidikan juga harus menjadi perhatian karena menjadi acuan untuk mengetahui berkualitas atau tidaknya suatu inovasi pendidikan. Implementasi inovasi pendidikan Islam mencakup 6 hal yaitu, inovasi strategi pembelajaran, metode, materi, sumber daya agama, media dan instrumen penunjangnya. Kegagalan inovasi Pendidikan Agama Islam (PAI) di Indonesia terjadi karena dua aspek yaitu terlalu simbolistik dan mengutamakan aspek kognitif. Inovasi pendidikan agama islam sangat penting untuk dilaksanakan agar pendidikan agama islam dapat memenuhi tuntutan dinamika masyarakat, perkembangan IPTEKs, dan pembengunan disemua aspek kehidupan berbangsa.

References

Ahmad, K., Harahap, H., Nasution, W. N., Program, M., & Islam, P. (2018). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI ) di Sekolah Dasar Negeri 097523 Perumnas Batu VI Kcamatan Siantar Kabupaten Simalungun. Edu Religia : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 2(2), 275–290.

Akhyak. (2004). Inovasi Pendidikan Islam. PT. Bina Ilmu.

Amaliyah, A., & Rahmat, A. (2021). Pengembangan Potensi Peserta Didik Melalui Proses Pendidikan. At-Tadib : Journal of Elementary Education, 5(1), 28–45.

Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2022). Studi Literatur : Peran Inovasi Pendidikan pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital. 8(2), 173–184.

Arza, A. (1998). Pendidikan Islam : Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru. Logos.

Az-Zuhaili, W. (2014). Tafsir Al-Munir (A. H. Al-Kattani, M. Subadi, & A. Ikhwani (trans.); 14th ed.). Gema Insani.

Dini, I. M., Fajriyah, Mahdiah, Y., Fahmadia, E., & Lukitasari, I. (2020). Pembangunan Manusia Berbasis Gender. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

Fathoni, K. (2005). Pendidikan Islam dan Pendidikan Nasional. Depag RI.

Hasbullah. (2009). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Raja Grafindo Persada.

Kusnandi. (2017). Model Inovasi Pendidikan dengan Strategi Implementasi Konsep Dare to Be Different. Jurnal Wahana Pendidikan, 4(1), 132–144.

Latifah, L. (2020). Makna Isi Kandungan Surah Al-a’Raf Ayat 179 Dalam Konsep Dan Karakteristik Pendidikan Islam. Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial, 2(1), 39–48. https://doi.org/10.31602/jt.v2i1.2929

Muhaimin. (2003). Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam. Nuansa.

Naif. (2016). Urgensi Inovasi Pendidikan Islam : Menyatukan Dikotomi Pendidikan. Kordinat, 15(1), 1–16.

Nata, A. (2003). Manajemen Pendidikan : Mengatasi Kelemahan Pendidikan Di Indonesia. Prenata Media.

Rusdiana. (2014). Konsep Inovasi Pendidikan (1st ed.). Pustaka Setia.

Sa’ud, U. S. (2018). Inovasi Pendidikan (Riduwan (ed.); 10th ed.). Alfabeta.

Sudiro, S., & Gultom, E. (2004). Media Pembelajaran Sebagai Pilihan dalam Strategi Pembelajaran. Prenata Media.

License

Copyright (c) 2024 Adi Surya Pranata, Yudhi Setiawan, Deddy Ramdhani

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).