Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
DOI:
10.29303/jcar.v6i2.7170Published:
2024-05-30Issue:
Vol. 6 No. 2 (2024): Mei 2024Keywords:
Hasil Belajar, Hukum Lavoisier, PBL.Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeksripsikan efektivitas pembelajaran berbasis PBL pada kelas X dengan materi Kimia Hukum Lavoisier. Permasalahan penelitian berupa rendahnya pemahaman kognsi dibuktikan melalui data asesmen awal pembelajaran (48%), keterampilan proses (44%), dan pemahaman Profil Pelajar Pancasila (P3) (39%) siswa belum menunjukkan progress kognitif selama pembelajaran. Metode penelitian menggunakan paradigma quasi eksperimental dengan pendekatan purposif dalam menentukan sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi dengan teknik terlibat langsung pada sumber data. Penganalisisan data menggunakan teknik penyajian, kategorisasi, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBL dapat memberikan dampak efektif dalam pembelajaran. Progres peningkatan kompetensi kognitif berdasarkan asesmen dan evaluasi hasil belajar mencapai rata-rata 89.44 dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yakni 80. Kemudian untuk nilai rata-rata keterampilan dan sikap pada saat proses pembelajaran berlangsung berturut-turut sebesar 87.95 dan 88.03. Penelitian ini dapat memberikan kontribusi mengenai efektivitas PBL dalam pembelajaran, khususnya pembelajaran kimia Hukum Lavoisier.
References
Almujab, S., Marten Yogaswara, S., Maula Novendra, A., Maryani, L., & Artikel, I. (2018). Penerapan lesson study melalui metode project based learning untuk meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam proses pembelajaran di FKIP UNPAS. Jurnal.Umk.Ac.Id. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/article/view/2352
Antara, I. P. P. A. (2022). Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pada Pokok Bahasan Termokimia. Journal of Education Action Reseacrh, 6(1), 15–21. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44292
Cresswel, J. W. (2022). Research design:Qualitative, quantitative and mixed method. In Sage Publications Inc. Sage Publications Inc.
Hastuti, I. D., Setiawan, I., & Mariyati, Y. (2021). Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar Melalui Buku Cerita Bergambar. INTAN CENDEKIA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 55–59. https://doi.org/https://doi.org/10.47165/intancendekia.v2i1.53
Hidayah, I. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah pada model problem based learning disertai remedial teaching. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 8(1), 85–97. https://doi.org/10.24235/eduma.v8i1.3355
Jannah, S. R., Firmansyah, R., & Nurfitri, A. (2024). Penerapan Model Project Based Learning dalam Menginisiasi Kegiatan Kolaboratif Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Biologi, 1(3), 1–10. https://doi.org/10.47134/biology.v1i3.1972
Mahanal, S. (2019). Asesmen keterampilan berpikir tingkat tinggi. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 51–73. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.128
Mislaini, M., & Martin, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas XI TKR SMKN I Narmada. Justek: Jurnal Sains Dan Teknologi, 5(2), 314–323. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/justek.v5i2.11754
Paridi, K., Sudika, I. N., Ashriany, R. Y., & Setiawan, I. (2023). Literature Text of Sasak Folk’s Poetry: Study of Materials Preparation for Sasak Language as Local Subject. The International Journal of Language and Cultural (TIJOLAC), 5(1), 73–81. https://doi.org/10.5281/zenodo.8056467
Setiawan, I., & Martin, N. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Augmented Reality pada Guru SDN 2 Pancor. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 898–905. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14909
Setiawan, Irma, Khosiah, Raden Sudarwo, S. M. (2021). Pengembangan Profesi Berkelanjutan Pada Guru. 4(4), 1030–1042. https://doi.org/10.31764/jces.v4i4.6508
Setiawan, Irma, Wika Ariani, Nurul Inayah, Muhammad Khaerul Razip, Gio Alanggi, Mahrizal Hakim, N. (2023). Aktualisasi Project Profil Pelajar Pancasila pada Sekolah Penggerak. Pendekar: JUrnal Pendidikan Berkarakter, 6(4), 286–291. https://doi.org/10.31764/pendekar.v6i4.19233
Wiriatmadja, R. (2022). Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kerja Guru dan Dosen. PT Remaja Rosda Karya.
License
Copyright (c) 2024 Nurhidayat Martin, Muntari, Eris Nurhayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).