Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Cerita Rakyat Sasak "Putri Mandalika" untuk Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter

Authors

Dinda Maulia Eka Putri , Moh. Irawan Zain , Aisa Nikmah Rahmatih

DOI:

10.29303/jcar.v6i1.7241

Published:

2024-02-26

Issue:

Vol. 6 No. 1 (2024): Februari

Keywords:

Media Pop-Up Book, Pendidikan Karakter, Putri Mandalika

Articles

Downloads

How to Cite

Putri, D. M. E., Zain, M. I. ., & Rahmatih, A. N. . (2024). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Cerita Rakyat Sasak "Putri Mandalika" untuk Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter. Journal of Classroom Action Research, 6(1), 187–197. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i1.7241

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan dalam menjelaskan prosedur pengembangan dan untuk mengetahui kepraktisan media pop-up book berbasis cerita rakyat Sasak “Putri Mandalika†untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze/Analisis, Design/Desain, Development/Pengembangan, Implementation/Implementasi, dan Evaluation/Evaluasi. Tempat dilakukan penelitian yaitu di SDN 2 Kekeri dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV A SDN 2 Kekeri sebanyak 22 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket validasi ahli materi dan media, angket respon guru dan peserta didik, serta tes pemahaman diri peserta didik. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media pop-up book berbasis cerita rakyat Sasak “putri Mandalika†mendapatkan presentase 88% dengan kriteria praktis dari ahli media, 90,66% dengan kriteria sangat praktis dari ahli materi, 90% dengan kriteria sangat praktis dari hasil respon guru, 89,86% dengan kriteria praktis untuk kelompok kecil, 91,92% dengan kriteria sangat praktis untuk kelompok besar, dan memperoleh rata-rata 88,86 dari hasil tes pemahaman diri peserta didik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media pop-up book yang dikembangkan praktis digunakan sebagai alat untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada tahap pengetahuan.

Kata Kunci: Pop-Up Book, Putri Mandalika, Pendidikan Karakter

References

Annisa, H. S., Istiningsih, S., Hidayati, V. R., & Rahmatih, A. N. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kontekstual pada Materi Bangun Datar untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3768-3781. ISSN 2477-2143.

Aryani, N. W., & Ambara, D. P. (2021). Video Pembelajaran Berbasis Multimedia nteraktif pada Aspek Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 252-260. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36043

Athifah, N., Zain, M. I., & Ermiana, I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Pantun. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 187-195. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i3.2063

Balimulia, S. O., & Fitriani, I. I. (2017). Pengembangan Media Buku 3 Dimensi (POP UP) Sebagai Alat Bantu Penanaman Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 18(2), 141-146.

Erica, S. (2021). Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran PKN Di SD. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 110-122. https://doi.org/10.51178/jesa.v2i4.321

Fadillah, R. N., & Lestari, I. (2016). Buku Pop-up untuk Pembelajaran Bercerita Siswa Sekolah Dasar. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 30(1), 21-26. https://doi.org/10.21009/PIP.301.3

Fahdini, A. M., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Urgensi Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Kalangan Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9390-9394. ISSN: 2614-6754.

Hanifah, T. U. (2014). Pemanfaatan Media Pop-Up Book Berbasis Tematik untuk Meningkatkan Kecerdasan Verbal-Linguistik Anak Usia 4-5 Tahun (Studi Eksperimen di TK Negeri Pembina Bulu Temanggung). BELIA: Early Childhood Education Papers, 46-54. https://doi.org/10.15294/belia.v3i2.3727

Haqqi, F. H., Sari, N. W., Widodo, S. T., & Purwoedi. (2023). Pembiasaan Perilaku Sila Pancasila melalui Media Pop-up Book dan Papan Pengalaman Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 3673-3682. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6380

Husain, J., Tahir, M., & Setiawan, H. (2021). Pengembangan Media Kotak Kata dalam Pembelajaran Materi Menulis Puisi Siswa Kelas IV SDN 3 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 750-756. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.345

Ibtiah, M., Tahir, M., & Rahmatih, A. N. (2023). Analisis Muatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Buku Tematik Kelas 4 Tema 4 Terbitan Tiga Serangkai. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1711-1718. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1562

Indiarti, W. (2017). Nilai-nilai Pembentuk Karakter dalam Cerita Rakyat Asal-usul Watu Dodol. Jentera: Jurnal Kajian Sastra, 6(1), 26-41. https://doi.org/10.26499/jentera.v6i1.334

Istiningsih, S., Darmiany, Astria, F. P., & Erfan, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli di Era New Normal. COLLASE: Journal of Elementary Education, 4(6), 911-920. https://doi.org/10.22460/collase.v4i6.9578

Kadir, A. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Bidang Studi Perekayasaan Sistem Radio dan Televisi dengan Kompetensi Dasar Prinsip Kerja Televisi Warna. Journal of Classroom Action Research, 2(1), 47–56. https://doi.org/10.29303/jcar.v2i1.405.

Karhi, B. N., Musaddat, S., Safruddin. (2021). Analisis Nilai-nilai Pendidikan Karakter pada Cerita Rakyat Suku Sasak "Putri Mandalika" Sebagai Bahan Ajar. PELITA: Jurnal Pembelajaran, Linguistik dan Sastra, 1(2), 15-25. Retrieved from https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/PELITA/article/view/57

Karo-Karo, I. R., & Rohani. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(1), 91-96. http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778

Kemdikbud. (2017). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Jakarta. Retrieved from https://repositori.kemdikbud.go.id/10075/1/Konsep_dan_Pedoman_PPK.pdf.

Kurniawati, E. (2018). Penerapan Media Pop Up Raksasa untuk Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B TK Dharmawanita Betet Kediri. SELING: Jurnal Progran Studi PGRA, 4(1), 13-21. https://doi.org/10.29062/seling.v4i1.152

Lickona, T. (2019). Pendidikan karakter: Panduan lengkap mendidik siswa menjadi pintar & baik. Nusamedia. ISBN: 978-979-1305-72-3.

Lisnasari, S. F., Siregar, H. T., Tarigan, R. M., & Suciawati, H. (2023). Analisis Pelaksanaan Guru dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Ilmiah Muqoddimah: Jurnal Ilmu Sosial, Politik dan Humaniora, 7(1), 240-244. https://dx.doi.org/10.31604/jim.v7i1.2023.240-244

Mulyatiningsih, E. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan & Teknik. Yogyakarta: UNY Press. ISBN: 978-602-8418-59-4.

Norhaliza, E., Istiningsih, S., & Khair, B. N. (2023). Pengembangan Media Bukber (Buku Bergambar) Berbasis Kearifan Lokal Daerah Setempat untuk Kelas IV. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 356-362. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1155

Purwanti, M. (2018). Representasi Maskulinitas dalam Cerita Rakyat Jambi Bukit Perak. Journal of Language and Literature, 6(1), 18-28. https://doi.org/10.35760/jll.2018.v6i1.2480

Rahmatih, A. N., Maulyda, M. A., & Syazali, M. (2020). Refleksi Nilai Kearifan Lokal (Local Wisdom) dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar: Literature Review. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 151-156. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1663

Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori dan Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute. ISBN 978-623-93491-2-7.

Ristianah, N. (2020). Konsep dan Urgensi Pendidikan Karakter. AT-TAHDZIB: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 5(1), 1-28. ISSN: 2503-3034.

Rohendi, E. (2016). Pendidikan Karakter di Sekolah. EduHumaniora Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 3(1). https://doi.org/10.17509/eh.v3i1.2795

Rustandi, A., & Rismayanti. (2021). Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(2), 57-60. https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546

Sapira, M. M., Widiada, I. K., & Zain, M. I. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Muatan IPS Kelas IV SDN 1 Kawo Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 89-94. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.414

Sari, I. A. (2020). Storynomics: Memanfaatkan Kekuatan Branding Cerita Rakyat. Prosiding ISBI Bandung, 1(1), 10-16. http://dx.doi.org/10.26742/pib.v1i1.1297

Sari, N. K., & Puspita, L. D. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Dikdas Bantara, 2(1), 57-72. https://doi.org/10.32585/jdb.v2i1.182

Sholeh, M. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JGPD: Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 138-150. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6979

Sinta, & Syofyan, H. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book pada Pembelajaran IPA di SD. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 248-265. https://doi.org/10.21009/JPD.011.25

Surahman, E., & Surjono, H. D. (2017). Pengembangan Adaptive Mobile Learning pada Mata Pelajaran Biologi SMA Sebagai Upaya Mendukung Proses Blended Learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 26-37. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.9723

Suryaman, & Karyono, H. (2018). Revitalisasi Pendidikan Karakter Sejak Usia Dini di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 27(1), 10-18. https://doi.org/10.17977/um009v27i12018p010

Wahyuni, A. (2021). Pendidikan Karakter "Membentuk Pribadi Positif dan Unggul di Sekolah". Sidoarjo: UMSIDA Press. ISBN: 978-623-6292-78-5. https://doi.org/10.21070/2021/978-623-6292-78-5

Yati, R. (2021). Permasalahan Krisis Pendidikan Karakter pada Siswa dalam Perspektif Psikologi Pendidikan. OSF Preprints. https://doi.org/10.31219/osf.oi/a3c6e

Yulinda, N., Witono, A. H., & Fauzi, A. (2023). Pengembangan Media Miniatur Tiga Dimensi Berbahan Dasar Kertas untuk Pemahaman Diri Siswa Tentang Mitigasi Bencana di Kelas 6 Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 159-167. https://10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.3981.

Author Biography

Dinda Maulia Eka Putri, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Dinda Maulia Eka Putri, Moh. Irawan Zain, Aisa Nikmah Rahmatih

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).