Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV
DOI:
10.29303/jcar.v6i1.7248Published:
2024-02-28Issue:
Vol. 6 No. 1 (2024): FebruariKeywords:
Hasil Belajar IPAS, Kearifan Lokal, Media Permainan Ular TanggaArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar masih kurang optimal dimanfaatkan oleh guru. Penggunaan media dalam proses pembelajaran dapat menarik minat siswa dalam belajar yang nantinya akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Salah satu media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran adalah media permainan ular tangga berbasis kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media permainan ular tangga berbasis kearifan lokal yang layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV di SDN 42 Cakranegara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri atas 5 tahapan yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 42 Cakranegara sebanyak 21 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket) dan tes. Hasil penelitian dan pengembangan media permainan ular tangga berbasis kearifan lokal berdasarkan aspek valid, praktis, dan efektif: a) Penilaian dari ahli media mendapat persentase sebesar 88% dengan kriteria sangat valid dan penilaian dari ahli materi mendapat persentase 82,8% dengan kriteria sangat valid. b) Hasil respon siswa pada uji coba kelompok kecil sebesar 93,6% dengan kriteria sangat praktis, respon siswa pada uji coba kelompok besar sebesar 95,2% dengan kriteria sangat praktis, dan respon guru sebesar 94% dengan kriteria sangat praktis. c) Hasil tes siswa memperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 100% yang menunjukkan bahwa media dikategorikan sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV di SDN 42 Cakranegara. Berdasarkan hasil penelitian, dapat simpulkan bahwa media permainan ular tangga berbasis kearifan lokal sudah layak dari aspek valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV sekolah dasar.
References
Anggraini, I., Hidayati, V. R., Istiningsih, S. (2023). Pengembangan Media GUTOP (Game Ular Tangga Operasi Hitung Pecahan) Materi Pecahan pada Mata Pelajaran Matematika untuk Kelas V SD. Journal of Classroom Action Research, 5(Speciallssue), 168-173. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpeciallssue.3923
Aprilianto, A. D., & Mariana, W. (2018). Permainan Edukasi (Game) sebagai Strategi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 139-158. https://doi.org/10.31538/nzh.v1i1.47
Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586-595.
Fitriansyah, F. (2017). Menumbuhkan Minat Siswa SD Terhadap Penemuan Ilmu Melalui Pembelajaran Aktif, Kritis, Kreatif dan Reflektif. Jurnal Cakrawala, 17(1), 31-39. https://doi.org/10.31294/jc.v17i1.1402
Gumilar, G., Nugraha, M. F., & Hendrawan, B. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Ujang Entis untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Kalor Kelas V Sekolah Dasar. Joyful Learning Journal, 11(3), 100-107.
Hadi, H., & Agustina, S. (2016). Pengembangan Buku Ajar Geografi Desa Kota Menggunakan Model ADDIE. Jurnal Education, 11(1), 90-105.
Karisma, E. T., Setiawan, D., & Oktavianti, I. (2022). Analisis Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Kelas IV SDN Jleper 01. Jurnal Prasasti Ilmu, 2(3), 121-126.
Kholipah, S., Maryatun, M., & Printandhari, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Metro Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 1(1).
Kosilah, Kosilah., & Septiani, Septiani. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Assure dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(6), 1139-1148.
Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan di Indonesia dan Solusinya. Academy of Education Journal, 13(1), 1-13.
Kustandi, C., Zianadezdha, A., & Fitri, A.K. (2021). Pemanfaatan Media Visual dalam Tercapainya Tujuan Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2), 291-299.
Lestari., L. D. (2020). Pentingnya Mendidik Problem Solving pada Anak melalui Bermain. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 100-108.
Lukman, L., Shasliani, S., & Maharani, M. (2023). Penggunaan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas IV UPTD SDN 57 Parepare. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 130-141.
Magdalena, I., Shodikoh, A. F., & Pebrianti, A. R. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. Jurnal Edukasi dan Sains, 3(1), 312-325.
Mahardika, C., & Siswoyo, A. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Komponen Ekosistem (KOKOSIS) untuk Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), 39-50. https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i1.184
Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran. Diakses dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/dra-endang-mulyatiningsih-mpd/7cpengembangan-model-pembelajaran.pdf
Norhaliza, E., Istiningsih, S., & Khair, B. N. (2023). Pengembangan Media Bukber (Buku Bergambar) Berbasis Kearifan Lokal Daerah Setempat untuk Kelas IV. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 356-362. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1155
Saputra, D., Makki, M., & Zain, M. I. (2022). Pengembangan Media Berbasis Dongeng Monyet dan Kura-Kura Mata Pelajaran PPKN. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 75-80. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1692
Shufa, N. K. F. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. Jurnal Inopendas, 1(1), 48-53. https://doi.org/10.24176/jino.v1i1.2316
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yulinda, N., Witono, A. H., & Fauzi, A. (2023). Pengembangan Media Miniatur Tiga Dimensi Berbahan Dasar Kertas untuk Pemahaman Diri Siswa Tentang Mitigasi Bencana di Kelas 6 Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research, 5(Speciallssue), 159-167. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpeciallssue.3981
Author Biography
Melinda Septiani, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2024 Melinda Septiani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).