Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran CINQASE Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Konsep Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Fluida Statis
DOI:
10.29303/jcar.v6i1.7370Published:
2024-02-29Issue:
Vol. 6 No. 1 (2024): FebruariKeywords:
Fluida Statis, Kemampuan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran CINQASE, Penguasaan Konsep.Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Hasil obervasi awal yang telah dilakukan peneliti di SMAN 2 Mataram menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep pada materi fluida statis masih tergolong rendah. Hal tersebut dikarenakan pada materi kompleks siswa kurang tertarik untuk belajar suatu yang abstrak dengan metode ceramah atau metode konvensional lainnya. Model pembelajaran CINQASE merupakan model pembelajaran yang dirancang khusus guna meningkatkan kemampuan berpikir peserta didik. Sehingga Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CINQASE terhadap kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep peserta didik pada pokok bahasan fluida statis di SMAN 2 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik Fase F Kelas XI SMAN 2 Mataram. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh peserta didik kelas SAINS 4 sebagai kelas kontrol dan peserta didik kelas SAINS 5 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian dalam mengukur kemampuan berpikir kritis diuji menggunakan tes uraian sedangkan untuk mengukur penguasaan konsep digunakan tes pilihan ganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal, dan daya beda. Hasil tes akhir (post-test) yang diperoleh dari kelas eksperimen dan kelas kontrol dianalisis dengan uji normalitas dan homogenitas terlebih dahulu untuk kemudian diuji hipotesis (Uji MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi 0,00 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran CINQASE terhadap kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep peserta didik pada pokok bahasan fluida statis.
References
Ardiansyah, B., Ramdani, A., Hakim, A., Makhrus, M., Rokhmat, J., & Sukarso, A. A. (2023). Praktikum IPA Mini Project Alamiah Sebagai Alternatif Meningkatkan Sikap Ilmiah Dalam perspektif Filsafat. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 131-138.
Arisanti W. O. L., Supandi W., & Widodo A. (2016). Analisis Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SD Melalui Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1).Asfiati. (2020). Visualisasi dan Virtualisasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kencana.
Doyan, A., Susilawati, S., Zuhdi, M., Verawati, N. N. S. P., Gunawan, G., Hikmawati, H., ... & Hartati, F. Y. (2023). Classroom Action Research Training and Assistance for Science Teachers at Attohiriyah High School, Bodak, Central Lombok. Unram Journal of Community Service, 4(4), 108-111.
Fitriani, N., Gunawan., & Sutrio. (2017). Berpikir Kreatif Fisika Dengan Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Berbantuan LKPD. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, Volume iii no 1.
Hunaidah, M., Susantini, E., & Wasis. (2018). Validitas Model Pembelajaran CINQASE untuk Meningkatkan Keterampilan Individual Critical Thinking (INCT) dan Collaborative Critical Thinking (CCT). Seminar Nasional Fisika 2018 Program Pascasarjana Universitas Makasar, (Vol.1, No.1).
Hunaidah, M., Susantini, E., Wasis, & Mahdiannur, M. A. (2022). Model Pembelajaran CINQASE (Collaboration in Questioning, Analyzing, Synthesizing, and Evaluating). Surabaya: CV Global Aksara Pers.
Hunaidah, Sahara, L. Husein, & Mongkito V. H. R. (2022). Pengembangan E-Modul Pembelajaran CINQASE Berbasis Flip PDF Professional untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Jurnal Dedikasi Pendidikan, Vol. 6, No. 1 : 137-150.
Hutabarat, H., Elindra, R., & Harahap, M. S. (2022). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajardi SMA Negeri Sekota Padangsidimpuan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), Vol 5 (3).
Insani, S. P., Darmiany, D., Nurmawanti, I., & Witono, A. H. (2023). Kreativitas guru di abad 21 dalam mengatasi kejenuhan belajar matematika siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 66-72.
Natalia, D., Herpratiwi, H., Nurwahidin, M., & Riswandi, R. (2023). Pengembangan Modul IPAS Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Peserta Didik. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(2), 327-338.
Novianto, N. K., Masykuri, M., & Sukarmin, S. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek (Project Based Learning) Pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas X SMA/MA. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 7(1), 81-92.
Rahmayanti, B. F., & Andayani, Y. (2023). Validasi E-Modul IPA Berbasis Socio-Scientific Issue (SSI) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Literasi Sains Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 293-299.
Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of students' critical thinking skills in terms of gender using science teaching materials based on the 5E learning cycle integrated with local wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.
Semaranatha, I. M., Mardana, I. B. P., & Rapi, N. K. (2016). Tindak Guru Fisika Dalam Penerapan Pembelajaran Berpusat Pada Siswa Di SMA Negeri 1 Sawan. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 10(1), 49-59.
Sugiyono, P. J. A. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wulandari, R., & Anita, A. (2019). Model Pembelajaran Collaborative Learning Untuk Mendorong Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Di Abad 21. Yogyakarta: UNY Press.
Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.
Author Biography
Johana Aulina Rahmatin, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2024 Johana Aulina Rahmatin, Wahyudi, Aris Doyan, Hikmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).